Cara Cek Merek Dagang yang Sudah Terdaftar Secara Tepat!

Cara Cek Merek Dagang yang Sudah Terdaftar Secara Tepat!

JASAMEREK.COM – Setiap kali akan melakukan pendaftaran merek, kamu akan disarankan untuk melakukan pengecekan lebih dulu. Untuk itu, memahami cara cek merek dagang yang sudah terdaftar menjadi skill wajib seluruh calon pemilik merek. 

Berikutnya, agar kamu bisa melakukan pengecekan secara tepat, simak penjelasannya pada artikel ini. 

Merek Adalah 

Langkah pertama yang harus kamu pahami sebelum melakukan pengecekan merek adalah dengan memperhatikan apa arti dari merek itu sendiri. Terdapat beberapa rujukan yang bisa kamu gunakan untuk mendefinisikannya, tapi yang paling utama adalah penjelasan dari undang-undang. 

Menurut peraturannya, merek itu terdiri dari berbagai macam unsur. Bahkan unsur-unsur ini bisa menjadi satu kesatuan atau berdiri sendiri. Mulai dari unsur tulisan yang biasanya menjadikan merek kata, bisa juga unsur warna atau gambar yang menjadikan logo terhadap suatu merek. 

jasa merek

Atau, mungkin kamu juga bisa menemukan sebuah merek yang hanya terdiri dari simbol-simbol unik saja. Bahkan ada juga pengusaha yang menggunakan sebuah lagu atau partitur khusus sebagai penanda produknya. 

Karena berdasarkan Undang-Undang Merek, khususnya yang terdapat dalam Pasal 1, seluruh bentuk unsur di atas baik yang berdiri sendiri maupun kombinasi dari beberapa unsurnya merupakan merek. 

Cara mudah untuk memisahkannya dengan jenis kekayaan intelektual lainnya adalah pada batasan penggunaannya. Sepanjang kamu menggunakan unsur-unsur di atas sebagai penanda, pengenal, atau pembeda terhadap satu produk dengan yang lain maka hal itu akan selalu masuk menjadi merek. 

Jadi, agar kamu bisa melakukan pengecekan dengan tepat sasaran, kamu perlu mengetahui dasar penggunaannya. Selanjutnya, barulah kamu bisa menerapkan cara cek merek dagang yang sudah terdaftar. 

Langkah Pengecekan Merek

Karena ternyata merek itu banyak sekali jenisnya, maka kamu juga perlu menyesuaikannya pada cara pengecekannya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu tiru untuk mendapatkan hasil pengecekan yang akurat. 

1. Gunakan Mesin Pencarian Khusus Merek

Tugas pertama adalah menemukan mesin pencarian khusus untuk merek. Sekarang ini, kamu bisa menemukan beberapa rekomendasi mesin pencarian untuk merek. Mulai dari milik DJKI, mesin pencarian otomatis Google, atau bisa juga menggunakan fitur cek merek dari Mebiso. 

2. Masukkan Kata Kunci

Berikutnya, meskipun terdapat berbagai jenis dari merek, kesemuanya selalu memiliki judul atau nama. Untuk itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memasukkan kata kunci pada mesin pencarian tersebut. 

Untuk bisa mendapatkan hasil yang akurat, kamu bisa mulai melakukan beberapa kreasi terhadap nama tersebut. Mulai dari penulisan secara sederhana dan umum, kemudian setelah mendapatkan hasil pencarian, masukkan juga kreasi penulisan dengan pengucapan yang sama atau mirip. 

Contohnya pengucapan huruf U dengan OO. Atau pengucapan huruf I dengan E. Lalu, jangan lupa untuk menuliskan hasil pencarian yang kamu dapatkan. 

Setelah selesai dengan kombinasi penulisan menggunakan huruf, masukkan juga dalam opsi pencarianmu kombinasi penulisan dengan menggunakan angka. Contohnya, penulisan huruf I menggunakan angka 1. 

3. Rekap Hasil Pencarian 

Langkah selanjutnya adalah yang akan menentukan keberhasilan dari cara cek merek dagang yang sudah terdaftar. Kamu wajib menuliskan seluruh hasil pencarian yang kamu dapatkan dengan memasukkan beberapa kata kunci di atas. 

Rekap dari hasil pencarian ini yang nantinya menjadi dasar pertimbangan apakah merekmu akan aman atau tidak. 

4. Cek Gambar

Tidak cukup hanya dengan memasukkan kata, kamu juga perlu melakukan pengecekan terhadap gambar. Hanya saja, kamu tidak perlu memasukkan gambar spesifik ke dalam mesin pencariannya. 

Kamu hanya perlu menilai kemiripan gambar, warna, atau coretan terhadap hasil pencarian merek yang sudah kamu dapatkan sebelumnya. Kalau ternyata ada hasil yang mirip, maka berikan tanda khusus pada hasil pencariannya. 

5. Cek Kelas

Maksud dari kelas disini adalah pengelompokan merek yang tidak kalah penting dalam cara cek merek dagang yang sudah terdaftar. Setelah hasil pencarian nama dan juga gambar masih menunjukkan merek yang terlalu banyak, kamu bisa mengerucutkannya lagi dengan melihat dari kemiripan kelasnya. 

Ketika suatu merek memiliki kemiripan nama, gambar, bahkan sampai kelasnya juga, maka hal ini yang akan menjadi alasan besar terjadinya penolakan. 

Manfaat Pengecekan Merek

Apakah seluruh calon pemilik merek harus melewati proses pengecekan lebih dulu? Jawabannya iya. Karena dengan begitu, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut. 

1. Sumber Inspirasi

Manfaat dari penerapan cara cek merek dagang yang sudah terdaftar adalah kamu bisa mendapatkan inspirasi mengenai pembuatan nama merek yang unik sebelum daftar merek.

Apalagi biasanya para pengusaha yang baru merintis akan menggunakan nama umum atau nama-nama yang berkaitan dengan produk. Agar hal ini tidak terjadi, maka kamu bisa melakukan pengecekan lebih dulu. 

2. Menghindari Penolakan

Susah-susah mendapatkan nama, malah harus berakhir dengan penolakan. Satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan melakukan pengecekan lebih dulu. 

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan pertimbangan yang matang mengenai pilihan namamu. 

Tahap Setelah Pengecekan 

Sudah yakin dengan cara cek merek dagang yang sudah terdaftar? Kalau kamu mendapatkan hasil yang baik, maka hari ini juga adalah saat yang paling tepat untuk mengamankannya. Amankan pilihanmu hanya melalui Jasa Daftar Merek yang terpercaya!