Cara Cek Merek Terdaftar dengan Hasil yang Maksimal!

Cara Cek Merek Terdaftar

JASAMEREK.COM – Perlukah seorang pengusaha menguasai cara cek merek terdaftar? Ternyata, semua pengusaha harus bisa menilai keamanan merek melalui proses pengecekan ini. 

Meski begitu, ada beragam langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut penjelasan mengenai langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. 

Langkah Mengecek Merek

Karena saat ini sudah banyak portal yang bisa membantumu untuk melakukan pengecekan khusus merek terdaftar, maka kamu perlu sebuah cara yang baru yang bisa menjamin keakuratan hasil pengecekan seperti yang ada di bawah ini. 

1. Gunakan Media Online

Bisa saja pengusaha melihat beberapa nama yang sudah tersebar di pasaran, sebagai metode untuk memantau nama-nama merek. Tapi, belum tentu nama-nama yang ada di pasaran itu sudah terdaftar, lho!

Apalagi, DJKI juga sudah menyediakan portal berikut media online agar pengusaha bisa mengajukan sekaligus melihat seluruh perkembangannya melalui sebuah sistem.

Bahkan tidak hanya untuk merek milik pemohon saja, tapi seluruh data merek yang sudah masuk ke DJKI juga bisa kamu dapatkan. 

Karenanya, memanfaatkan media online untuk proses pengecekan merek menjadi sebuah langkah yang ideal saat ini. 

2. Dapatkan Pilihan Nama Lebih Dulu 

Sebelum melakukan pengecekan, kamu harus lebih dulu mengetahui nama apa yang akan kamu gunakan sebagai bisnis. Menentukan nama merek lebih dulu harus menjadi langkah paralel dalam cara cek merek terdaftar. 

Baca juga konten ini
Jangka Waktu Perlindungan Merek yang Sesungguhnya!

Karena kalau kamu melakukan pengecekan tanpa tahu pilihan nama untuk bisnismu, maka kamu akan melakukan pengecekan secara sia-sia tanpa tahu hasilnya secara maksimal. 

Dengan mendapatkan pilihan nama, kamu bisa fokus menilai kekuatan nama tersebut berdasarkan merek-merek lain yang sudah ada sebelumnya. 

3. Ketahui Jenis dan Kelompok Produk

Sama seperti keharusan memilih nama lebih dulu sebelum melakukan pengecekan, kamu juga harus lebih dulu mengetahui jenis berikut kelompok dari produk milikmu. Karena selain nama, hasil pengecekan juga tergantung dari ketentuan mengenai jenis produk. 

Pengecekan Tepat Sasaran dengan Tools Canggih

Banyak cara cek merek terdaftar yang bisa kamu lakukan, tapi belum tentu dari beberapa cara itu bisa memberikanmu prediksi keberhasilan yang akurat. Karenanya, kamu perlu sebuah alat canggih khusus untuk pengecekan yang lebih akurat seperti pada penjelasan di bawah ini.

1. Mebiso.com 

Cara pertama adalah dengan mengunjungi laman utama pada Mebiso.com. Disini, kamu akan mendapatkan beberapa rekomendasi layanan khusus untuk merek yang sangat kamu perlukan. 

Salah satunya adalah untuk proses memastikan keamanan pilihan nama dari beberapa merek terdaftar. 

2. Pilih Cek Merek

Fitur yang bisa memastikan keberhasilan sekaligus keamanan merek bisnismu ada pada menu Cek Merek. Sebuah kelebihan dari fitur Cek Merek ini adalah kemampuannya untuk memprediksi persentase keberhasilan merek yang akan kamu ajukan. 

Menu ini menjadi pembuka pada proses cara cek merek terdaftar khusus untuk nama bisnis pilihan. Ketika pertama kali memilih menu cek merek ini, sistem akan menyediakan kolom khusus sebagai tempat untuk memasukkan nama merek. 

3. Cek Hasil 

Selesai dengan pilihan namanya, kamu bisa proses untuk mendapatkan hasil pengecekan. Sistem akan menampilkan beberapa hasil terkuat dari data merek terdaftar yang ada pada DJKI. 

Baca juga konten ini
Cara Daftar Merek di Shopee untuk Amankan Toko Onlinemu!

Untuk hasil yang lebih akurat, sistem memberikanmu kesempatan untuk memproses pengecekan menggunakan AI. 

4. Cek Merek Menggunakan AI

Salah satu kelebihan yang ada pada Mebiso adalah sistem baru pengecekan merek yang menggunakan AI. Dengan sistem baru ini kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat dan tepat sasaran. 

Bahkan bukan sekedar menunjukkan nama-nama yang sudah terdaftar, tapi kamu juga akan mendapatkan sebuah dokumen berisi penjelasan lengkap tentang kemungkinan keberhasilan nama bisnismu ketika proses perlindungan nantinya. 

Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengisi beberapa informasi pribadi dan melanjutkannya dengan pembayaran. Beberapa menit kemudian, kamu akan semakin yakin untuk melanjutkan proses pendaftarannya. 

Keuntungan Lain dari Cek Merek Terdaftar 

Selain akan mendukung proses pengajuan perlindungan merek, menguasai cara cek merek terdaftar juga bisa membantumu untuk mengantisipasi adanya Usulan Penolakan Merek. Bahkan, ketika hal ini terjadi, kamu hanya perlu menemukan seorang ahli khusus untuk proses pengajuannya. 

FAQ

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Ketika Pengecekan Merek?

Ada beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan ketika melakukan pengecekan. Pertama adalah susunan kata yang membentuk tulisan. Selain itu masukkan juga ke dalam pertimbangan mengenai arti pilihan nama milikmu berdasarkan beberapa bahasa. 

Kapan Pengusaha Perlu Melakukan Pengecekan Merek?

Ketika telah berhasil menentukan nama untuk bisnisnya. Proses mendapatkan hak merek ini mengandalkan kecepatan. Jadi, ketika sudah pas dengan pilihan nama untuk bisnismu, langsung proses pengecekannya dengan segera. 

Jangan lupa juga untuk segera memproses pendaftarannya setelah mendapatkan hasil baik pada pengecekan merekmu. 

Bagaimana Jika Mendapatkan Hasil Pengecekan yang Kurang Baik?

Ketika memproses pengecekan dengan teknologi AI, kemungkinan kamu akan mendapatkan hasil atau nilai persentase yang kurang baik. Namun karena kamu memproses pengecekan sebelum pendaftarannya, maka kamu masih ada kesempatan untuk menambahkan pembeda atau memodifikasi nama pilihanmu.

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan