Cara Daftar Merek di Shopee untuk Amankan Toko Onlinemu!

cara daftar merek di shopee

JASAMEREK.COM – Baru membuka toko online di Shopee? Jangan lupa siapkan cara daftar merek di Shopee! Apalagi, kalau kamu mau menjadi penjual prioritas yang bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan. Ini dia jawaban untuk kamu yang ingin menguasai pasar toko online Shopee. 

Cara Menambahkan Merek di Shopee

Kalau sekarang kamu sudah punya nama tersendiri khusus untuk produk yang kamu pasarkan, maka kamu hanya perlu menempelkannya pada aplikasi berwarna oranye ini. Berikut adalah langkah yang bisa kamu lakukan. 

1. Ubah Produk 

Pertama, adalah dengan cara tambah produk atau ubah produk. Ketika pertama kali melakukan pendaftaran khusus penjual pada aplikasi ini maka kamu perlu menambahkan keterangan mengenai produk. 

Dalam spesifikasi produk tersebut, salah satunya adalah mengenai nama merek. Shopee akan menyediakan beberapa opsi merek yang tersedia, dan apabila kamu tidak menemukan nama merek milikmu maka kamu masih bisa menambahkannya secara manual. 

Langkahnya, dengan menemukan menu “klik disini untuk menambahkan merek”. Ketika memilih menu ini, maka aplikasi akan mengarahkanmu untuk mengisi beberapa isian pada formulir khusus. 

Ketika selesai mengisi seluruh bagian pada formulir, kamu perlu menunggu beberapa waktu sampai proses verifikasi selesai. Selanjutnya, kamu akan menemukan nama merekmu pada pilihan nama yang tersedia. 

Baca juga konten ini
Alasan Pendaftaran Merek Ditolak, Ini Dia Contekannya!

2. Halaman Manajemen Merek

Cara daftar merek di Shopee berikutnya adalah dengan melalui halaman manajemen merek. Pada cara ini kamu perlu menuju menu Produk Saya untuk kemudian menuju fitur produk. 

Langkah berikutnya kamu akan menemukan menu manajemen merek untuk kemudian memproses penambahan merek baru. Akan ada isian formulir yang perlu kamu isi nantinya, dan lengkapilah sesuai dengan keadaan sebenarnya tentang merekmu. 

Pada cara ini, ketika kamu menemukan notifikasi bertuliskan “nama merek sudah digunakan”, maka akan ada kemungkinan kamu perlu mengganti nama mereknya. Inilah fungsi dari adanya proses verifikasi pada Shopee, agar masing-masing penjual memiliki nama merek uniknya sendiri. 

Dokumen Pendaftaran Merek pada Shopee

Setelah mengetahui dua langkah di atas, berikutnya kamu juga perlu memahami mengenai kelengkapan dokumen. Pada umumnya, kamu hanya perlu mengisi formulir yang ada pada aplikasi lalu sistem akan melakukan verifikasi. 

Tapi, karena hasil dari proses verifikasi ini tidak selalu baik, maka kamu perlu menyiapkan langkah tambahan yaitu dengan menguasai bukti pendaftaran merek. Dokumen ini yang nantinya akan mendukung proses verifikasi sistem sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Untuk itu, masukkan bukti perlindungan merek sebagai salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk daftar merek di Shopee. 

Cara Membuat Merek Sendiri di Shopee

Kalau kamu ingin toko online milikmu sukses menguasai pasar khususnya pada aplikasi oranye ini, maka kamu perlu mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini. 

1. Dapatkan Bukti Pendaftaran Merek

Mulai cara daftar merek di Shopee dengan mendapatkan bukti pendaftaran merek lebih dulu. Satu-satunya tempat yang bisa kamu tuju untuk mendapatkan dokumen ini adalah dengan mengajukan permohonan ke aplikasi DJKI. 

Baca juga konten ini
Kelas Merek 3: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Ikuti seluruh panduan dalam aplikasi tersebut, dan jangan lupa untuk melengkapi persyaratan berikut pembayaran biaya PNBPnya. Selanjutnya, di hari yang sama kamu akan mendapatkan dokumen bukti pendaftaran untuk melancarkan proses berbisnismu di Shopee.

2. Buat Akun Penjual

Cara daftar merek di Shopee berikutnya adalah dengan membuat akun penjual. Aplikasi ini bisa menjadi media antara penjual dengan pembeli. Bahkan kamu juga bertindak sebagai pembeli nantinya. 

Untuk itu, ketika melakukan pendaftaran akun, jangan lupa memasukkan informasi mengenai penjual berikut produk yang akan kamu pasarkan. Sampaikan spesifikasi produk, cara pengiriman, dan juga ketentuan pembelian. 

3. Lengkapi Data Produk

Selesai dengan akun yang baru saja kamu buat, cara daftar merek di Shopee berikutnya adalah dengan melengkapi data produk. Masukkan nama produk yang kamu jual, dan jangan lupa untuk mengajukan permohonan verifikasi agar nama tersebut bisa muncul pertama kali. 

Manfaat Daftar Merek di Shopee

Masih ragu untuk menampilkan nama produk pada aplikasi oranye ini? Berikut adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menampilkan nama merek. 

1. Berpotensi Menjadi Shopee Mall

Pernah memperhatikan siapa-siapa saja yang muncul pada halaman pertama Shopee? Pasalnya, ketika bertindak sebagai penjual kamu akan menemukan nama-nama tertentu dengan tanda “Mall”.

Ini adalah keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan ketika berhasil melewati proses verifikasi nama merek. 

2. Menjual Lebih Banyak Produk

Cara daftar merek di Shopee ini juga akan membantumu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Tentunya, hal tersebut akan meningkatkan pula penjualan pada toko online milikmu. 

Pelanggan yang bisa melihat nama merek dan juga produkmu di halaman pertama tentu akan lebih mudah menjatuhkan pilihannya. Dengan begitu, kamu sudah selangkah lebih maju daripada para penjual lainnya yang belum berhasil melewati proses verifikasi. 

Baca juga konten ini
Cara Cek Merek Terdaftar dengan Hasil yang Maksimal!

3. Menjadi Satu-Satunya

Selain itu, kamu juga bisa menjadi satu-satunya penjual dengan nama unik pilihanmu. Proses verifikasi dari Shopee ini membatasi penjual lain yang akan menggunakan nama mirip. 

Dengan begitu, kamu bisa menjadi satu-satunya dan memudahkan pelanggan untuk memilih produkmu. 

Daftar Merek Lebih Mudah di JasaMerek.com

Sudah siap menerapkan cara daftar merek di Shopee? Segera dapatkan dokumen bukti pendaftaran merek milikmu melalui bantuan Jasa Pendaftaran Merek terpercaya!

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan