Daftar HAKI Logo, untuk Patenkan Identitas Bisnismu!

Daftar HAKI Logo

JASAMEREK.COM – Hanya menggunakan nama sebagai identitas bisnis? Sekarang mungkin kamu harus mempertimbangkan daftar HAKI logo agar pelanggan semakin mudah mengenali produk yang kamu pasarkan. 

Mau tahu bagaimana kelebihan berikut cara-cara yang harus kamu lalui? Ini dia penjelasan lengkapnya. 

Sudah punya pilihan nama yang unik apakah masih perlu menambah logo? Jawabannya perlu. Sekarang ini bukan hanya logo atau gambar saja, tapi pengusaha juga sudah mulai menggunakan musik atau nada-nada khusus untuk membedakan produknya. 

Beragam jenis merek ini menyesuaikan dengan kebutuhan dari pengusaha itu sendiri. Tapi, kalau kamu ingin menggunakan logo juga, kamu bisa mempertimbangkan dari beberapa alasan di bawah ini. 

1. Menjelaskan Produk secara Mudah

Penggunaan logo juga bisa sebagai alat bantu untuk menjelaskan produk secara mudah. Kamu bisa menuangkan filosofi, bahan dasar dari produk, komposisi penting dalam sebuah gambar atau warna sederhana. 

Penggunaan gambar-gambar sederhana dan kombinasi warna akan memudahkan pelanggan untuk mengenali produkmu lebih baik lagi. 

2. Memudahkan Pelanggan Mengingat Produk

Banyak pengusaha yang kemudian memainkan kombinasi warna sesuai dengan karakter dari produknya. Misalnya seperti merek makanan fast food yang identik dengan warna merah dan kuning.

Selain menonjolkan nama yang unik, para pengusaha juga mematenkan daftar HAKI logo miliknya sehingga pelanggan akan mengenali produk tidak hanya dari namanya, tapi juga dari kombinasi warna. 

Hal ini akan memberikan kesan yang lebih melekat untuk para pelanggan sehingga kapanpun pelanggan warna-warna tertentu, mereka akan langsung mengingat produk tersebut. 

Proses Mendaftarkan Logo ke HAKI

Setelah memutuskan untuk juga menggunakan gambar-gambar dan warna-warna yang bisa mendukung identitas bisnis, pengusaha masih memiliki kewajiban untuk segera mendaftarkan logo ke HAKI. 

Pengajuan ini menjadi wajib ketika kamu ingin menjadikan identitas itu satu-satunya milikmu. Berikut adalah beberapa tahapan yang harus kamu lalui untuk menjadikan identitas tersebut satu-satunya. 

1. Menyiapkan Data Logo Digital

Pertama adalah memastikan kamu sudah memiliki data logo secara digital. Tentunya syarat pertama ini bukan hal yang rumit, karena meskipun kamu menggunakan bantuan jasa untuk membuat logo baru, bantuan jasa tersebut akan memberikanmu data digital dari logo. 

Selain dokumen logo, kamu juga harus menyiapkan beberapa data digital seperti identitas dan penjelasan tentang logo. Hal ini karena nantinya kamu hanya akan memasukkannya ke dalam sebuah sistem. 

2. Mengajukan Pendaftaran Akun

Sama seperti ketika kamu akan melakukan belanja online, kamu perlu melakukan pendaftaran lebih dulu. Kamu akan memulai proses daftar HAKI logo dengan membuat sebuah akun milikmu sendiri. 

Caranya sederhana, karena kamu hanya perlu memasukkan informasi dasar mengenai identitas pemilik akun dan dapatkan akses untuk masuk ke dalam aplikasinya. 

3. Mengirimkan Permohonan Pendaftaran 

Setelah berhasil memasukkan informasi mengenai data pribadi, kamu bisa memasukkan ke dalam aplikasi khusus merek dan ikuti rangkaian panduan dari masing-masing tahapannya. 

Ada sekitar 7 tahapan yang perlu kamu lalui, dan pastikan kamu sudah mengisi seluruh formulirnya secara tepat dan lengkap. Ketika kamu sudah berhasil mengisi seluruh data, maka tahap terakhir adalah kamu akan mendapatkan bukti pengajuan permohonan yang bisa kamu unduh pada langkah terakhir. 

Daftar HAKI Logo dengan Mudah

Perlu segera melindungi logo secara cepat dan tepat? Kamu bisa langsung memanfaatkan bantuan ahli yang sudah terbiasa dengan sistem merek ini. Berikut adalah solusinya. 

1. Temukan JasaMerek.com

Bantuan jasa ini adalah penyedia layanan serba bisa yang akan membantumu menyelesaikan permasalahan merek sampai tuntas. 

Tidak hanya membantumu memasukkan data permohonan perlindungan, tapi kamu juga akan mendapatkan ekstra layanan mulai dari tahap persiapan hingga kamu sudah mendapatkan sertifikat nantinya. 

2. Pilih Layanan Daftar Merek Sekarang

Daftar HAKI Logo pada dasarnya adalah sebuah proses untuk menjadikan gambar sebagai identitas bisnis untuk menjadi milikmu satu-satunya. Lebih lanjut, karena kamu akan menggunakannya sebagai identitas bisnis, maka proses perlindungan yang paling cocok adalah merek. 

3. Sampaikan pada Ahlinya

Kelebihan lainnya dari sebuah JasaMerek.com adalah kamu bisa langsung berdiskusi dengan konsultan merek. Di tahap ini kamu hanya perlu menyampaikan data-data informasi pribadi dan dokumen logo. 

Lalu, di hari berikutnya kamu akan mendapatkan sebuah bukti pengajuan permohonan resmi dari DJKI. 

Perlindungan Logo Langsung dari Ahlinya

Harus segera daftar HAKI logo untuk bisnismu? Karena sudah ada bantuan ahli serba bisa, sekarang adalah saat yang tepat untuk segera menghubungi Jasa Daftar Merek untuk mematenkan identitas bisnismu!

FAQ

Apa beda logo dan merek?

Logo adalah salah satu jenis dari merek. Artinya, logo dan merek adalah satu kesatuan sehingga proses pengajuan perlindungannya juga harus melalui sistem yang sama. 

Pemerintah melalui DJKI tidak memberikan kewajiban mengenai pembuatan logo terhadap seluruh produk milik pengusaha. Tetapi, semakin berkembangnya zaman, pengusaha bisa memaksimalkan kreatifitasnya agar pelanggan bisa lebih mudah mengenali produk. 

Kalau saat ini kamu baru menemukan nama panggilan untuk produkmu, maka segeralah lakukan pendaftaran merek khusus untuk jenis kata. Selanjutnya ketika kamu sudah berhasil menentukan sebuah gambar untuk logo, maka kamu bisa mengajukan pendaftaran terpisah dengan segera.

Artikel Terkait
Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek