Kantor HKI, Satu-Satunya Lokasi Perlindungan Aset Aman

Kantor HKI

JASAMEREK.COM – Untuk bisa melindungi berbagai macam kekayaan intelektual untuk bisnis, kamu hanya bisa memprosesnya melalui kantor HKI. Tapi bagaimana kalau kamu menggunakan bantuan jasa? Berikut adalah penjelasan agar kamu bisa mengamankan aset secara tepat. 

Penjelasan Tentang Kantor HKI

Seperti kantor pada umumnya, tempat ini adalah untuk memproses dan mengelola perlindungan seluruh jenis kekayaan intelektual yang kamu miliki. Dalam dunia bisnis, kekayaan intelektual atau KI merupakan sebuah aset yang justru bisa mendukung keberhasilan bisnis. 

Secara spesifik, di masing-masing terdapat sebuah perwakilan. Misalnya, kalau kamu pernah menemukan kantor kantor HKI Jakarta, maka di lokasi yang berbeda seperti kantor HKI Bandung kamu juga bisa menemukan tempat yang sama. Secara lebih detail, berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang instansi ini. 

1. Proses Pengajuan

Fungsi utama dari adanya instansi ini adalah untuk memproses dan juga mengelola seluruh jenis kekayaan intelektual. Mengenai proses pengajuan yang masuk ke DJKI, terdapat tahapan panjang yang harus pemeriksa lakukan. 

Mulai dari memastikan prosedur dan juga dokumen persyaratan dari masing-masing pemohon harus sesuai dengan ketentuannya. Pada proses inilah DJKI biasanya mengirimkan berbagai surat tentang kekurangan persyaratan pada pengajuan perlindungan kekayaan intelektual. 

2. Proses Pengelolaan 

Tidak hanya berhenti pada proses pengajuan saja, tapi instansi ini juga bertanggung jawab mengenai pengelolaan kekayaan intelektual yang permohonannya sudah masuk. Mulai dari menerima pengajuan perpanjangan perlindungan hingga menerima laporan-laporan yang berkaitan tentang pemberian hak perlindungan. 

Karenanya, setelah berhasil mendapatkan bukti perlindungan hak, sebagai pemilik dari kekayaan intelektual itu kamu masih akan berhubungan dengan DJKI sebagai kantor HKI. 

Skema Pengajuan Hak Perlindungan melalui Agen

Kalau misalnya, kantor HKI Semarang menjadi satu-satunya instansi yang bertanggung jawab atas seluruh pengajuan perlindungan kekayaan intelektual di Semarang, lalu bagaimana dengan para pengusaha yang sudah terlanjur mengajukan permohonan dengan bantuan agen? 

Agar kamu tidak salah langkah, berikut ini adalah penjelasan mengenai skema yang akan kamu lalui ketika memproses pengajuan hak perlindungan melalui bantuan jasa. 

1. Proses Konsultasi

Pertama kamu akan melalui proses konsultasi lebih dulu agar konsultan profesional tersebut bisa mengetahui tujuan berikut kebutuhan kamu. Pada proses konsultasi ini kamu perlu menjelaskan selengkap-lengkapnya mengenai kekayaan intelektual yang kamu miliki. 

Contohnya, ketika kamu memulai sebuah bisnis, dan baru saja mendapatkan sebuah nama yang cocok. Agar tidak ada pengusaha lain yang menggunakan nama tersebut, kamu bisa membicarakan strategi perlindungan yang sesuai dengan konsultanmu. 

2. Pengumpulan Persyaratan

Setelah berhasil menentukan tujuan dan juga kebutuhanmu, maka berikutnya adalah proses mengumpulkan dokumen persyaratan. Konsultan atau jasa profesional pilihanmu akan membantu menyusun beberapa dokumen yang harus kamu lengkapi. 

Dengan begitu, proses melengkapi persyaratan ke kantor HKI tidak akan menghambat proses pengajuan perlindungan. 

3. Pengiriman Pengajuan

Kalau dokumen sudah lengkap, berikutnya konsultan akan mengirimkan permohonanmu secara langsung ke DJKI. Jadi, meskipun kamu memproses pengajuannya melalui bantuan jasa, kekayaan intelektual milikmu tetap akan masuk ke dalam database DJKI. 

Jadi, ketika suatu hari kamu mendapatkan laporan tentang kekayaan intelektual yang sudah kamu daftarkan, maka laporan tersebut benar-benar resmi dari kantor DJKI. 

4. Proses Pelaporan

Karena kamu memprosesnya dengan bantuan pihak ketiga, maka kamu perlu benar-benar memastikan bukti pengajuan secara resmi dari DJKI. Contohnya, seperti JasaMerek.com yang berani memberikan jaminan pengiriman bukti pengajuan pendaftaran merek hanya dalam 1 hari sejak permohonan masuk. 

Karena berkantor di Surabaya, bukti pengajuan yang kamu dapatkan nantinya adalah dokumen resmi dari DJKI atau kantor HKI Surabaya. 

Jasa dengan Jaminan Pendaftaran Merek Aman

Kalau kamu masih ragu pengajuan merek tidak langsung masuk ke kantor HKI resmi, maka kamu bisa memilih Jasa Paten Merek terpercaya yang berani memberikan jaminan mengenai keamanan pengajuan merek untuk bisnismu!

FAQ

Dimana bisa menemukan kantor perlindungan HKI secara resmi?

DJKI adalah satu-satunya lokasi yang bisa kamu tuju untuk memproses perlindungan berbagai kekayaan intelektual. Namun pada dasarnya di tiap-tiap kota sekarang ini sudah ada kantor perwakilan yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapat informasi tentang perlindungan kekayaan intelektual. 

Meskipun DJKI sudah memiliki kantor perwakilan di masing-masing kota, kamu bisa langsung menemui DJKI secara langsung melalui portal yang tersedia. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengakses berbagai layanannya dimanapun kamu berada. 

Apa saja layanan yang tersedia di kantor perlindungan KI?

Pertama, kamu bisa menemukan berbagai informasi mengenai jenis-jenis KI. Selanjutnya, dari portal utama ini kamu akan menemukan beberapa menu khusus untuk mengirimkan permohonan masing-masing jenisnya.

Nantinya, di dalam masing-masing menu ini juga terdapat beberapa menu tambahan sesuai dengan kebutuhanmu seperti layanan perpanjangan, pengiriman keberatan, dan juga pengiriman tanggapan atas adanya keberatan. 

Bagaimana cara mendapatkan bantuan profesional secara resmi?

Untuk bisa mendapatkan bantuan profesional yang terpercaya, kamu perlu melakukan beberapa riset lebih dulu misalnya melalui website atau sosial media masing-masing pilihan jasa tersebut. 

Selanjutnya, pastikan juga mengenai output yang akan kamu dapatkan apabila benar-benar menggunakan bantuan jasa profesional pilihanmu.

Artikel Terkait
Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek