Kelas Merek 3: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 3

Menjadi pelaku usaha, pastikan kamu sudah mengenal apa itu kelas merek 3 untuk melakukan pengklasifikasian secara tepat. Utamanya bagi pelaku bisnis yang ingin mendaftarkan mereknya ke ranah Internasional.

Secara umum kelas ini lebih mengarah ke bidang kecantikan. Cocok sekali dengan era skincare yang sekarang ini sedang berkembang. Sehingga peluang bisnisnya sudah pasti mengarah ke remaja sampai dewasa muda.

Namun, mempelajari merek 3 tidak sesederhana yang terlihat. Kamu masih perlu memahami sistem klasifikasi merek secara detail beserta kodenya. Agar tidak kebingungan, kamu bisa cek informasi selengkapnya di bawah ini.

Kode Kelas Merek

Memiliki sebuah bisnis dengan produk tertentu, kamu perlu mendaftarkannya agar tidak terjadi duplikasi nama nantinya. Seperti contoh ketika kamu membangun bisnis di bidang kecantikan dan mengeluarkan produk masker.

Maka, masker yang kamu buat tentu memiliki nama sebagai branding bisnis. Untuk mencegah pencurian nama produk sebaiknya lakukan pendaftaran sekarang juga. Kamu bisa pakai jasa daftar merek di Jasa Merek.

Dengan begitu merk masker kamu akan terlindungi dan terhindar dari deteksi plagiasi. Reputasi bisnis yang sedang kamu bangun pun dapat terlindungi dari dugaan jiplak dan plagiasi.

Apalagi bisnis kecantikan sekarang ini sudah mulai berkembang sangat pesat. Katakanlah kamu membuat nama merek ‘Glow Beauty Mask’. Jika bisnis sudah kamu bangun tetapi pendaftaran mereknya belum kamu lakukan.

Baca juga konten ini
Cara Mematenkan Nama Usaha dari Tempat yang Paling Resmi!

Maka, bisa jadi nama tersebut digunakan oleh orang lain. Saat bisnis kamu berkembang bisa jadi seseorang yang sudah mendaftarkannya terlebih dahulu mengklaim kamu sebagai penjiplak.

Oleh karena itu, pastikan kamu mengenal setiap kode produk dari kelas merek 3. Tujuannya untuk mencegah plagiasi dan melindungi branding produk yang sudah kamu lakukan.

Jika kamu masih bingung dan takut mendaftarkan merek produk, sebaiknya cek kelas merek lebih lengkap di Daftar Kelas Merek terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan kamu dalam menentukan kelas dan jenis merek.

Sebab, jika kamu salah menentukannya atau asal memasukkan hal tersebut akan berakibat pada hangusnya perlindungan hukum pada merek yang sudah kamu daftarkan. Oleh karena itu, pastikan cek dengan teliti, ya.

Jenis Barang Kelas Merek 3

Penggolongan produk di kelas merek 3 ini cukup beragam, kamu bisa mengeceknya dengan klasifikasi berikut:

  • Kosmetik meliputi produk make up, skincare, hingga body care
  • Perawatan Rambut seperti pewarna dan hair care
  • Produk peralatan mandi seperti sabun mandi dan sabun cuci muka
  • Produk perawatan gigi
  • Produk untuk perawatan kuku
  • Produk wewangian

Contoh Produk Kelas Merek 3

Penasaran apa saja produk dari kelas kecantikan ini? Kamu perlu cek referensi berikut ini agar tidak salah mendaftarkan produk pada kelas dan jenis mereknya. Berikut beberapa rincian detailnya, antara lain:

1. Kosmetik

Pertama, merek 3 merupakan sebuah klasifikasi produk yang mengarah di bidang kecantikan. Jadi, kosmetik merupakan poin utama dari kelas ini.

Beberapa jenis peralatan kosmetik yang harus kamu daftarkan di merek 3 ini seperti bedak, eyeshadow, maskara, lipstik, lip cream, lip gloss, krim wajah, serum, toner, pelembab, eye cream, foundation, dan beberapa peralatan make up lainnya.

Baca juga konten ini
Permohonan Merek: Prosedur, Dokumen, dan Juga Ketentuannya

2. Hair Care

Selain kosmetik, hair care juga termasuk ke dalam produk kecantikan kelas merek 3.

Produk yang wajib kamu daftarkan apabila masuk ke dalam kelas ini seperti pewarna rambut, sampo, kondisioner, hair spray, gel rambut, toner, dan produk lainnya.

3. Produk Mandi

Selanjutnya adalah produk mandi. Beberapa peralatan mandi di sini meliputi sabun mandi, sabun cuci muka, body lotion, body scrub, lulur, hingga blanching sekalipun.

4. Produk Wewangian

Parfum juga termasuk ke dalam merek kelas 3. Di mana, semua produk kecantikan yang berhubungan dengan wewangian masuk ke dalam kategori ini. Mulai dari parfum, cologne, pengharum ruangan, hingga deodorant.

5. Produk Perawatan Kuku

Masuk ke dalam produk kecantikan, perawatan kuku di kelas 3 ini meliputi kuteks, pembersih kutek, hingga pelembab kuku.

6. Produk untuk Perawatan Gigi

Terakhir, contoh produk untuk perawatan gigi seperti obat kumur, pasta gigi, benang gigi, dan beberapa jenis produk lainnya.

Daftarkan Merek Dagang untuk Produk Kecantikan Kamu, di Jasa Merek Sekarang!

Ingin bangun branding produk kecantikan kelas merek 3 tapi takut terdeteksi plagiasi? Daftar pakai Jasa Merek saja! Selain praktis, proses pendaftarannya pun bebas antrian. Jadi, nggak perlu menunggu terlalu lama.

Selain itu, pendaftaran merek juga berjalan secara online. Proses mudah dengan dua cara, cukup isi nama merek dan identitas dengan benar, merek dagang kamu 1 hari jadi dan langsung terlindungi. Yuk, pakai Jasa Merek sekarang! 

FAQ

Apa itu sistem klasifikasi merek?

Klasifikasi merek merupakan sebuah pengelompokan yang ditujukan untuk mengklasifikasikan jenis jasa atau barang dalam hubungan jual beli dengan mengajukan pendaftaran merek.

Apa yang dapat dikategorikan sebagai merek?

Merek bisa berbentuk tanda seperti gambar, logo, huruf, angka, nama, kata, ataupun susunan warna dalam bentuk dua atau tiga dimensi, hingga hologram.

Baca juga konten ini
Cara Perpanjangan Merek Paling Aman dan Cepat

Kenapa parfum masuk ke dalam kelas 3?

Karena parfum termasuk kategori Dangerous Goods (barang berbahaya) atau biasa disebut sebagai Flammable Liquids di mana itu merupakan sebuaha cairan yang mengeluarkan uap dan mudah terbakar.

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan