Kelas Merek 5: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 5

Sebagai pelaku usaha, tahukah kamu apa itu kelas merek 5? Bergerak di bidang perdagangan profesional, barang atau jasa yang kamu tawarkan sebaiknya perlu diklasifikasikan ke dalam kelompok barang atau jasa sesuai aturan. 

Nantinya, produk yang kamu miliki punya kesempatan lebih besar diterima dalam permohonan atau pengajuan merk. Ini jelas penting agar kamu memperoleh legalitas lebih dulu atas merk dari perusahaan atau bisnismu. 

Ini berguna agar terhindar dari plagiasi. Maka, kamu perlu membangun branding dengan mendaftarkan merek secara profesional. Selain meningkatkan kredibilitas, hal ini juga meminimalisir terjadinya plagiasi merek di masa mendatang.

Pengertian Kelas Merek 5

Sebelum membahas lebih lanjut, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kelas merek? Kelas merek ini merupakan sistem klasifikasi merek yang dilakukan untuk membedakan sebuah jasa atau barang pada tiap permohonan merek.

Penggolongan ini nantinya akan menjadi parameter berdasarkan Nice Classification yang dikeluarkan oleh WIPO (World Intellectual Property Organization).

Untuk kelas merek 5 fokusnya terdapat pada produk yang berkaitan dengan pengetahuan medis dan unsur kimia. Sehingga pendaftarannya harus dilakukan dengan teliti karena memiliki tingkat risiko tinggi mengingat bahan pembuatnya.

Namun, jika kamu masih bingung dengan penggolongan kelas pada tiap produknya. Maka, bisa coba cek kelas merek lebih lengkap. Di sana, kamu bisa menemukan panduan penggolongan secara tepat dan akurat.

Baca juga konten ini
Surat Kuasa Pendaftaran Merek, Perlukah? Ini Jawabannya!

Kode Kelas Merek 5

Apa itu kode merek? Kode merek merupakan sebuah ciri khas atau gaya unik yang kamu miliki dari produk atau jasa yang sedang kamu bangun. Keberadaan dari kode ini untuk memudahkan konsumen mengenali produk kamu.

Contoh pada produk Dettol. Perusahaan menekankan kode merek kelas ini dengan penambahan tanda plus sebagai penegasan bahwa produknya merupakan sabun anti bakteri daan masuk ke dalam golongan merek 5.

Selain itu, Dettol juga memberikan penekanan di bagian warnanya yang cenderung hijau dan putih. Berbeda dengan produk sejenis meskipun menawarkan fungsi yang sama.

Kode kelas ini seperti menjadi ciri khas yang membuat konsumen langsung klik dengan branding perusahaan.

Klasifikasi Merek 5

Kamu masih bingung kelas merek 5 itu diklasifikasikan ke mana saja? Berada di deretan produk atau jasa yang mengandung unsur kimia, klasifikasi produknya berkaitan dengan sediaan obat-obatan.

Selain itu, pada klasifikasi ini juga terdapat jasa atau produk yang berkaitan dengan ilmu kebersihan untuk kepentingan medis, makanan bayi, suplemen untuk manusia dan hewan, zat makanan yang menjadi pantangan secara medis.

Ada juga beberapa produk yang berhubungan dengan keseharian manusia tetapi memiliki konsentrasi bahan kimia cukup tinggi. Contohnya seperti bahan pembalut, bahan basmi jamur, obat rumput liar, plester, hingga bahan penambal gigi.

Berdasarkan klasifikasi yang cukup banyak, kamu harus lebih aware terhadap produk atau layanan yang ingin didaftarkan. Jangan asal memilih kelas produk karena berisiko merkmu dapat penolakan permohonan. 

Jika kamu sudah berniat untuk mendaftarkan produk secara profesional tetapi belum paham panduan lengkapnya. Maka, bisa pakai jasa daftar merek di Jasa Merek.

Di sini, kamu akan mendapatkan bantuan pendaftaran dengan lebih mudah. Apalagi saat terjadi plagiasi, Jasa Merek sendiri akan memberikan saran penamaan untuk menghindari plagiasi. Cukup mudah, bukan?

Baca juga konten ini
Cara Cek Merek Terdaftar dengan Hasil yang Maksimal!

Contoh Produk Kelas Merek 5

Belum tahu contoh jenis barang kelas merek 5 ada apa saja? Kamu bisa cek pembahasan selengkapnya di bawah ini:

1. Peralatan dan Produk untuk Kebutuhan Medis

Pertama, mengingat kelas 5 erat hubungannya dengan medis, maka contohnya juga tidak jauh-jauh dari kebutuhan di bidang kesehatan. Contohnya seperti plester, bahan pembuatan gigi buatan, bahan untuk tambal gigi, hingga perban dan kasa.

2. Obat-obatan

Berikutnya ada obat-obatan. Jenis obat di sini bisa berasal dari obat dengan kandungan bahan kimia sepenuhnya ataupun yang berunsur herbal. Contohnya seperti jamu tradisional, obat tradisional.

Sedangkan untuk obat-obatan modern melalui farmasi seperti vitamin, suplemen diet, dan obat untuk mencegah atau mengobati penyakit tertentu.

3. Makanan Khusus dengan Analisa Medis

Jenis makanan khusus yang melalui analisa medis juga termasuk ke dalam kelas 5. Contohnya seperti makanan bayi kemasan.

4. Produk Pembasmi

Terakhir ada produk yang khusus untuk membasmi beberapa jenis serangga ataupun rumput liar. Memiliki kandungan bahan kimia yang lekat membuat produk ini masuk ke dalam golongan kelas 5.

Lindungi Merek Dagang Kamu Bersama Jasa Merek

Setelah mengetahui beberapa informasi menarik seputar kelas merek 5, kamu pastinya tahu kalau perkembangan bisnis sangat pesat sekali. Persaingan semakin ketat dan masing-masing perusahaan berusaha menciptakan merek dagang terbaik.

Sebelum dijiplak oleh rival, sebaiknya lakukan perlindungan merek dagang sekarang juga bersama Jasa Merek. Kamu akan mendapat jaminan perlindungan 24/7 dengan mengaktifkan fitur proteksi langsung setelah pendaftaran.

Yuk, pakai Jasa Merek sekarang juga dan biarkan bisnis beroperasi dengan aman tanpa takut dijiplak oleh perusahaan pesaing.

FAQ

Jelaskan apa yang dimaksud dengan merek?

Merek merupakan sebuah simbol yang tampilannya dapat berupa nama, logo, gambar, susunan warna, huruf, angka, ataupun angka dalam bentuk dua atau tiga dimensi.

Baca juga konten ini
Contoh Surat Perjanjian Lisensi Merek, Agar Bisnis Lancar

Jenis merek ada berapa?

Jenis merek sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu merek jasa, merek dagang, dan merek kolektif.

Kenapa pendaftaran merek dalam bisnis itu penting?

Tujuannya untuk memberikan jaminan secara hukum bagi pemilik merek dan mencegah terjadinya tindak kecurangan seperti plagiasi.

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan