Konsultan Merek Ini yang Kamu Butuhkan untuk Bisnis!

Konsultan Merek

JASAMEREK.COM – Semakin banyak pilihan, jangan sampai kamu salah menentukan konsultan merek yang paling tepat untuk bisnismu! Karenanya, gunakan beberapa tips di bawah ini sebagai pedoman untuk memilih bantuan profesional. 

Penjelasan tentang Konsultan Merek Dagang

Siapa saja yang sebenarnya bisa menjadi konsultan lalu menyediakan bantuan jasanya kepada para pengusaha? Pada praktiknya, terdapat dua jenis ahli yang bisa kamu gunakan sesuai penjelasan di bawah ini. 

1. Ahli Bersertifikat DJKI

Pertama adalah seorang ahli yang sudah mendapatkan sertifikat resmi dari DJKI. Biasanya, untuk ahli yang masuk dalam kategori ini telah mendapatkan pelatihan khusus mengenai kekayaan intelektual. 

Alhasil, bukan hanya tentang urusan merek, kamu juga bisa memproses berbagai jenis kekayaan intelektual lainnya melalui bantuan jasa satu ini. Penyebutannya juga bukan konsultan merek melainkan konsultan KI. 

Selain itu, karena mendapatkan sertifikasi secara resmi dari DJKI, maka keberadaan para ahli ini juga terdaftar dalam sistem DJKI. Masing-masing kota memiliki daftar konsultannya. Jadi, kamu bisa langsung menemukan konsultan merek Jakarta misalnya, kalau kamu saat ini berada di Jakarta.

2. Ahli Tanpa Sertifikat DJKI

Bukan lagi konsultan KI, kali ini kamu bisa menemukan ahli yang tidak memiliki sertifikat resmi dari DJKI. Tapi meskipun tidak mendapatkan sertifikat resmi dari DJKI kamu tidak perlu meragukan kemampuan dari ahli satu ini. 

Karena, sekarang sudah banyak instansi yang juga memberikan pelatihan khusus mengenai masing-masing kekayaan intelektual secara spesifik. Selain dari pelatihan dan juga kursus intensif, biasanya konsultan merek ini juga telah memiliki pengalaman panjang di bidangnya. 

Untuk jenis kedua ini, kamu bisa menemukannya dimanapun dan menyesuaikan dengan domisili saat ini. Contohnya, untuk wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, kamu bisa menggunakan konsultan merek Yogyakarta atau konsultan merek Semarang untuk urusan nama bisnismu. 

Alternatif Konsultan Merek Surabaya

Tapi, kalau saat ini kamu berdomisili di Jawa Timur, maka kamu bisa mempertimbangkan ahli merek yang bisa menjawab segala permasalahan merekmu. Berikut ini adalah penjelasan beberapa layanan sebagai tambahan referensimu. 

1. Sebelum Pendaftaran Merek

Seorang pengusaha harus mulai merencanakan keberhasilan merek bisnisnya jauh sebelum mengirimkan pendaftaran. Kalau sekarang kamu berencana untuk mendapatkan sebuah merek yang sukses tapi belum tahu bagaimana cara memulainya, kamu bisa langsung mengunjungi Mebiso.com. 

Dari sini, kamu akan mendapatkan bantuan ahli bersertifikat mulai dari sebelum pengajuan pendaftaran seperti penjelasan berikut. 

Proses untuk menilai apakah nama dan konsep yang kamu pilih sebagai tanda pengenal bisnis bisa lolos pemeriksaan secara aman adalah dari pengecekan. 

Banyak pertimbangan yang bisa kamu dapatkan dari proses pengecekan ini, salah satunya adalah mengenai seberapa banyak pebisnis yang menggunakan konsep serupa dengan merekmu. 

Bukan hanya sekedar mendapatkan bocoran tentang seberapa banyak pengguna merek yang sama, melalui Mebiso kamu bahkan bisa mendapatkan prediksi keberhasilan merek menggunakan nilai persentase. 

Kemudian, memilih kelompok merek dalam kelas-kelas yang tersedia juga bisa menentukan keberhasilan pemeriksaan nantinya. Apalagi di dalam kelas ini nanti, ada lebih banyak penjelasan tentang detail kelompok tersebut. 

Dengan menggunakan sistem Mebiso, kamu bisa mendapatkan rekomendasi kelompok paling sesuai hanya dengan memasukkan beberapa kata kunci tentang bisnismu. 

2. Proses Pengajuan Pendaftaran

Terkadang, pengusaha tidak punya banyak waktu untuk proses administrasi pengajuan pendaftaran merek. Belum lagi kekhawatiran mengenai kesalahan pada saat pengajuannya. Hal ini yang kemudian menjadikan pengusaha perlu bantuan konsultan merek. 

Karena proses pengajuannya 100% melalui sistem, kamu bisa memanfaatkan bantuan konsultan merek Sidoarjo melalui layanan pendaftaran merek Mebiso. 

3. Pasca Bukti Permohonan Terbit

Mendapatkan bukti pengajuan permohonan bukan berarti kamu bisa lengah. Karena, setelahnya kamu masih harus lolos proses pemeriksaan dan menghadapi ancaman penolakan!

Untuk itu, Mebiso juga menyediakan fitur berikut yang dapat membantumu menghadapi proses pasca bukti permohonan terbit. 

Fitur satu ini berfungsi untuk memantau sejauh mana proses pemeriksaan terhadap merek yang sudah kamu ajukan. Bukan hanya itu, kamu juga akan mendapatkan notifikasi mengenai aksi yang harus kamu lakukan setiap perubahan tahapannya. 

Untuk mencegah para kompetitor menggunakan merek yang sama, kamu pun bisa mendapatkan notifikasi berikut saran aksi dari konsultan merek Mebiso ini. Kelebihan lainnya dari sistem ini adalah jangkauan proteksinya mencakup seluruh Indonesia. 

Jadi, ketika ada pebisnis di Kota Malang yang menggunakan merekmu, kamu tidak perlu jauh-jauh menemui konsultan merek Malang dan cukup dengan Mebiso.  

Amankan Proses Pendaftaran bersama Ahlinya

Kalau sekarang kamu mencari konsultan merek khusus untuk kebutuhan pendaftaran merek, kamu bisa mencoba Jasa Daftar Merek yang juga menawarkan ahli merek berpengalaman. 

FAQ

Apa kriteria utama untuk menentukan konsultan?

Kamu bisa menentukan pilihan konsultan berdasarkan pengalaman dan juga penilaian dari beberapa klien. Pastikan juga layanan dari konsultan itu sudah sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. 

Berapa biaya jasa konsultan merek?

Mengenai besaran biaya yang perlu kamu bayarkan, kamu bisa mendiskusikannya dengan masing-masing konsultan. Atau, kamu bisa melakukan riset melalui penjelasan dalam website atau sosial media masing-masing konsultan. 

Kapan waktu terbaik untuk menggunakan jasa konsultan?

Ketika kamu mulai berencana untuk mengamankan bisnis melalui merek. Sejak proses persiapan hingga terbit sertifikat kamu bisa mendapatkan saran terbaik untuk mengelola merek bisnis

Artikel Terkait
Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek