Biaya HAKI ini Harus Kamu Siapkan Sampai Pengurusan Beres!

Biaya HAKI

JASAMEREK.COM – Melindungi merek hanya cukup dengan menyiapkan biaya HAKI untuk pendaftaran? Tunggu dulu, karena melindungi merek adalah sebuah proses panjang. 

Mulai dari tahap persiapan sampai selesai pendaftaran, kamu akan mengeluarkan biaya sesuai dengan pengurusannya. Agar kamu bisa menyiapkan dari jauh-jauh hari besaran biaya pengurusan HKI, cek penjelasannya pada artikel berikut. 

Rincian Biaya Pengurusan HAKI

Faktanya, pengusaha perlu persiapan yang sangat matang khususnya mengenai biaya HAKI. Agar kamu mendapatkan pandangan tentang biaya apa saja yang harus kamu siapkan, berikut adalah rinciannya. 

1. Biaya Persiapan

Kamu akan mulai mengeluarkan biaya HKI bahkan ketika kamu masih merencanakan bisnis. Dalam proses perencanaan ini kamu pasti akan merencanakan juga mengenai pemilihan nama. 

Terkadang, untuk menentukan sebuah nama yang pas, pengusaha memerlukan berbagai pertimbangan termasuk dari para ahli. Sudah bukan lagi rahasia umum kalau pertimbangan dari ahli juga termasuk pengeluaran dari biaya HAKI. 

Besarannya pun bervariasi, mulai dari 500 ribu rupiah untuk satu kali pengecekan berikut konsultasinya hingga 3 juta rupiah. Besaran biaya persiapan ini akan menyesuaikan paket layanan yang kamu gunakan nantinya. 

Contohnya, kalau kamu memilih paket pengecekan saja, tentu biayanya akan lebih murah daripada paket lengkap beserta pertimbangan dari ahli. 

2. Biaya Pendaftaran HKI

Kamu baru bisa melanjutkan proses pendaftaran ketika sudah yakin dengan hasil pengecekan pada proses persiapan sebelumnya. Kalau untuk biaya daftar HKI merek, kamu sudah bisa mengetahuinya secara resmi yaitu sebesar 1,8 juta per pengajuan di satu kelas yang sama.

Baca juga konten ini
Jasa HAKI Paling Lengkap ini Bisa Selamatkan Bisnismu!

Hanya saja biaya ini sangat mungkin meningkat kalau kamu memutuskan untuk menggunakan bantuan dari profesional. Untuk biaya HAKI khusus untuk jasa sendiri berkisar 500 ribu hingga 5 juta rupiah. 

3. Biaya Manajemen HAKI

Tidak cukup hanya dengan biaya daftar HKI, karena setelah berhasil mengirimkan permohonan pun kamu masih harus bekerja keras untuk menjamin keamanan merek dari internal. 

Untuk biaya pengelolaan hak yang sudah terbit, kamu perlu menyiapkan biaya minimal 5 juta rupiah. 

Biaya Urus HAKI Terjangkau dengan Ahli Profesional

Jangan terburu-buru untuk mengeluarkan biaya besar sebelum kamu benar-benar melakukan perbandingan antara masing-masing pilihan jasa yang ada. Salah satunya adalah jasa di bawah ini. 

1. Biaya Persiapan

Untuk satu kali pengecekan agar persiapan pendaftaran semakin matang, kamu harus mengeluarkan biaya minimal sebesar 500 ribu rupiah. Tapi, melalui Mebiso.com kamu bisa melakukan beberapa kali pengecekan dengan biaya yang sama. 

Nilai lebihnya, kamu bisa mendapatkan pertimbangan akurat berdasarkan hasil pengecekan dengan menggunakan AI hanya dengan biaya sebesar 50 ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan paket lengkap persiapan merek setara dengan ahlinya. 

2. Biaya Pendaftaran

Lebih canggihnya lagi, kamu juga bisa langsung mengeksekusi hasil pengecekan dengan menyiapkan biaya sebesar 2,8 juta sebagai biaya pendaftaran HAKI milikmu.

Tentunya, biaya HAKI ini sudah termasuk pembayaran ke negara dan juga konsultasi bersama ahli. Artinya, kamu sudah menghemat ratusan ribu dengan memanfaatkan satu portal yang sama. 

3. Biaya Pengelolaan

Tidak berhenti sampai pendaftaran saja, kamu juga bisa merasakan kelebihan lain dari Mebiso.com yang menyediakan layanan monitoring hingga proteksi merek. Masing-masing layanan ini memberikan manfaat yang berbeda. 

Monitoring adalah untuk memantau perkembangan sejauh mana pemeriksa mengerjakan permohonan merekmu. Ada perbedaan tahap mengenai pemeriksaan ini dan nantinya juga akan berbeda pula aksi yang perlu kamu lakukan. 

Baca juga konten ini
Cara Perusahaan Mengendalikan Pasar Melalui Merek

Kamu hanya perlu menyiapkan biaya sebesar 100 ribu rupiah untuk satu merek agar tidak ketinggalan momen penting pada saat proses pemeriksaan berjalan. 

Berbeda lagi dengan layanan proteksi merek. Dengan biaya berlangganan mulai dari 50 ribu per tahun kamu bisa mencegah kemunculan merek baru yang akan mengancam eksistensi merekmu. 

Maksimalkan Keuntungan dari Biaya Daftar HAKI

Faktanya, kamu bisa menghemat biaya HAKI sekaligus memaksimalkan keuntungan yang kamu dapatkan. Mulailah dengan mendapatkan Jasa Perlindungan Merek serba bisa untuk fasilitas maksimal. 

FAQ

Apakah Biaya Mendaftar HAKI itu Harus Tinggi?

Tidak harus tinggi, tapi besaran biaya pengurusan HAKI itu harus sesuai dengan kebutuhan beserta proyeksi bisnismu kedepannya. Misalnya, kalau kamu saat ini memerlukan bukti perlindungan merek untuk kepentingan mengurus legalitas lainnya, maka hanya menyiapkan biaya pendaftaran saja sudah sangat cukup. 

Tapi, kalau kamu ingin bisnismu bisa semakin besar dan juga aman, maka sebaiknya mulailah merencanakan biaya-biaya tambahan agar perlindungan merekmu semakin maksimal. 

Apakah Wajib Menggunakan Jasa Profesional untuk Perlindungan HAKI?

Pemilihan bantuan jasa untuk memproses perlindungan HAKI memang tidak wajib. Tapi, memanfaatkan bantuan profesional akan sangat menguntungkan pengusaha. Pasalnya, dengan bantuan profesional, kamu bisa terus fokus menjalankan bisnis tanpa khawatir adanya gangguan di tengah jalan. 

Kapan Pengusaha bisa Memanfaatkan Fitur Proteksi?

Pada dasarnya, kewajiban memproteksi merek oleh pengusaha muncul sejak kamu mulai berencana untuk menggunakan sebuah nama tertentu berlanjut hingga selesai mendapatkan bukti perlindungan. 

Meski begitu, pengusaha tetap harus menerapkan upaya untuk perlindungan merek. Khusus untuk perlindungan setelah terbit bukti pendaftaran, kamu bisa menggunakan fitur Proteksi sehingga memantau aksi kompetitor akan semakin mudah.

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan