Cara Bikin Merek Sendiri dengan Langkah Mudah Berikut!

Cara Bikin Merek Sendiri

JASAMEREK.COM – Bagaimana cara bikin merek sendiri yang paling mudah untuk pengusaha? Selain mudah, kamu juga perlu panduan untuk menyelesaikannya secara tepat. 

Artikel ini akan menjadi panduan tepat untuk kamu yang sedang memproses perlindungan merek. 

Panduan Membuat Merek Sendiri

Penting untuk pengusaha memahami tahapan membuat merek sendiri. Pasalnya, dengan memilih merek sendiri kamu sudah separuh jalan menuju keberhasilan dalam proses pemeriksaannya. Karena itu, ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Mencari Ide dari Produk

Ada dua cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan merek terbaik melalui produk. Pertama adalah dengan menggunakan nama yang berkaitan dengan produk dan yang kedua dengan tidak menggunakan nama yang berkaitan dengan produk. 

Faktanya, banyak pengusaha yang sudah berhasil menggunakan kedua cara ini. Hanya saja, kamu perlu trik tersendiri ketika ingin sukses melalui cara yang sama. 

Pertama, ketika kamu memutuskan membuat nama yang berkaitan dengan produk, usahakan untuk memodifikasi nama tersebut sehingga kamu tidak menempelkannya begitu saja. 

Hal ini berkaitan dengan satu aturan tentang penggunaan nama merek yang melarang adanya penggunaan nama produk sebagai merek tanpa ada pembeda sama sekali. 

Artinya, sah-sah saja kalau kamu menggunakan nama produk sebagai merek juga, hanya saja pastikan kamu sudah memberikan tambahan lain yang menjadikannya berbeda dari nama produk. 

Baca juga konten ini
Kelas Merek 8: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kedua, kamu boleh mengabaikan nama produk dan benar-benar membuat sebuah panggilan baru. Ketika memutuskan untuk menggunakan cara bikin merek sendiri dengan tips kedua, maka cara paling aman adalah dengan memilih sebuah panggilan unik yang benar-benar baru. 

2. Riset Kompetitor

Kalau dengan menggunakan nama produk pun kamu masih belum menemukan ide yang menarik, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukan riset kompetitor. Tanyakan pada dirimu, “kira-kira nama apa yang populer di kalangan pebisnis dengan produk serupa?”

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut satu-satunya langkah paling tepat adalah dengan melakukan pengecekan lebih dulu. Kamu bisa memasukkan kode klasifikasi berdasarkan produk lalu temukan nama-nama yang populer itu. 

Setelahnya, jangan gunakan nama yang sama! Proses pengecekan ini gunanya agar kamu tidak menggunakan nama yang sama. Boleh menjadikan hasil pengecekan sebagai inspirasi tapi tetap usahakan untuk menambah pembeda. 

3. Kuasai Kelas Merek

Ketika DJKI memulai proses pemeriksaan, ada satu hal yang sangat berpengaruh menentukan keberhasilan merek. Hal ini adalah kelas merek. Isi dari kelas merek merupakan pengelompokan jenis-jenis produk berdasarkan kriteria tertentu. 

Di dalam 1 kelas yang sama, DJKI mengelompokkan produk berdasarkan bahan dasar, proses pembuatan, manfaat, dan juga proses pemasarannya. Kesalahan dalam memahami konsep kelas ini juga akan berpengaruh pada keberhasilan merekmu. 

Ingat, pada tips pertama cara bikin merek sendiri di atas kamu perlu menghindari nama yang berkaitan dengan produk tanpa adanya pembeda. Maksud dari pemerintah dengan adanya aturan tersebut ternyata tidak hanya terbatas pada nama produk saja. 

Tapi bisa juga nama dari bahan dasar, nama proses pembuatan, berikut juga nama dari proses pemasarannya. Jadi, dengan menguasai pengelompokan kelas merek ini kamu akan lebih mudah mendapatkan ide merek. 

Baca juga konten ini
Cara Mengatasi Risiko Turunnya Nilai Merek, Ini Tipsnya!

Panduan Melindungi Merek 

Sebuah nama yang sudah berhasil kamu dapatkan, akan sia-sia tanpa adanya perlindungan. Nyatanya, perlindungan ini hanya bisa kamu dapatkan melalui 1 portal dan 1 cara saja. 

Ini dia penjelasan mengenai cara melindungi merek setelah kamu berhasil dengan cara bikin merek sendiri. 

1. Dapatkan Laman Resmi DJKI

Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mengajukan perlindungan, namun tempat paling paten untuk mengajukannya hanya melalui DJKI. Meski begitu, karena sekarang proses pengajuan perlindungan hanya melalui online, maka tugas kamu adalah mendapatkan link yang tepat. 

Pastikan link yang kamu dapatkan adalah link resmi yang menuju pada halaman DJKI sehingga permohonanmu nantinya akan langsung masuk proses pemeriksaan. 

2. Daftar Akun dan Daftar Perlindungan 

Setelah mendapatkan jalan masuk yang tepat, kamu akan melalui dua kali proses pendaftaran. Pertama adalah daftar untuk mendapatkan akun pada aplikasi dan yang kedua adalah daftar untuk benar-benar mengajukan perlindungan merek. 

Semua proses pendaftaran ini akan memasukkan data-data pada aplikasi. Jadi, tips paling pasnya adalah dengan mempersiapkan seluruh dokumen data diri berikut dokumen merek sehingga tidak ada kesalahan yang bisa kamu lakukan nantinya. 

Untuk mendaftar akun dan mendaftar perlindungan, kamu hanya perlu mengikuti panduan yang ada pada sistem secara berurutan. Sepanjang seluruh data sudah lengkap, maka kamu tidak akan menemukan masalah pada proses ini. 

3. Pantau Perkembangannya

Jangan buru-buru menghapus akses pada akun merekmu setelah berhasil mengirimkan permohonan! Karena setelah menekan tombol “kirim” justru kamu harus terus memantau perkembangan permohonanmu agar cara bikin merek sendiri tadi tidak menjadi sia-sia. 

Hal ini karena DJKI perlu beberapa waktu untuk melakukan pemeriksaan. Jadi, setelah permohonan terkirim, masih akan ada kemungkinan merekmu tertolak. Karenanya, tips penting kali ini adalah dengan rutin melihat perkembangan status merek pada akun yang sudah kamu buat sebelumnya. 

Baca juga konten ini
Tempat Pendaftaran Merek Dagang Paling Cocok untuk Bisnismu!

Eksekusi Perlindungan Sekarang Juga!

Sudah yakin dengan hasil dari cara bikin merek sendiri milikmu? Kalau begitu, sekarang adalah saat yang tepat untuk menuju Jasa Pendaftaran Merek profesional agar merekmu segera legal!

FAQ

Kapan waktu yang tepat untuk pendaftaran merek?

Ketika kamu sudah mendapatkan nama yang paling pas dan siap untuk segera memasarkan produk. Jangan sampai melewati batas waktu 5 tahun tanpa adanya proses penjualan setelah berhasil mendapatkan perlindungan merek. 

Apa saja yang bisa menjadi merek?

Nama panggilan, nada atau potongan lagu, gambar atau animasi yang menjelaskan produk. Lebih lanjut, unsur-unsur yang bisa mendukung pelanggan mengenali produkmu dengan mudah. 

Apakah bisnis harus besar dulu untuk bisa daftar merek?

Tidak. Justru merek bisa mendukung bisnismu agar lebih sukses. Sepanjang kamu sudah menemukan nama unik untuk produkmu maka segeralah mengajukan perlindungan merek.

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan