Cara Membuat Nama Merek yang Menarik, Catat Rahasianya!

Cara Membuat Nama Merek yang Menarik

JASAMEREK.COM – Baru mau memulai bisnis dan sudah mencari cara membuat nama merek yang menarik? Artinya, kamu sudah memulai bisnis dengan langkah yang tepat!

Faktanya, salah satu mengamankan perjalanan bisnis di masa depan, kamu harus lebih dulu memastikan keamanan merek. Karenanya, ikuti beberapa tahapan di bawah ini untuk menjadi pengusaha sukses. 

Tahapan Membuat Nama Merek yang Menarik

Menentukan nama produk memang harus menjadi langkah paling awal, tapi untuk melakukannya kamu perlu mengikuti panduan di bawah ini. 

1. Tentukan Tema

Kondisi saat ini adalah ketika kamu masih berencana untuk menjalankan bisnis. Tentunya, akan ada beberapa ide yang masuk menjadi pertimbanganmu. Tapi untuk bisa menentukan sebuah merek yang pas, coba tentukan satu tema besar bisnis yang akan kamu jalankan. 

Misalnya, kamu memutuskan untuk menjual beberapa produk makanan, maka bisnis yang akan kamu jalankan nantinya adalah di bidang kuliner. 

2. Pilih Kata yang Berkaitan dengan Tema

Sudah yakin dengan pilihan jalur bisnismu? Langkah berikutnya adalah dengan mencari beberapa kata yang berkaitan dengan ide bisnis tersebut. Ada dua cara pada tahap ini, pertama adalah dengan memilih kata yang berkaitan dan yang kedua adalah dengan memilih kata yang sama sekali tidak berkaitan. 

Pisahkan hasil pilihan kata yang kamu dapatkan, karena keduanya akan sangat bermanfaat untuk penentuan merek nantinya. 

Baca juga konten ini
Cara Menanggapi Surat Tanggapan Usulan Penolakan Merek

3. Masukkan Rumus Khusus Merek

Setelah mendapatkan dua kelompok besar antara kata-kata yang berkaitan dengan kata-kata yang tidak berkaitan, maka berikutnya kamu perlu memasukkan rumus sukses merek yang berhasil. 

Tidak cukup hanya dengan merek yang menarik, kamu pun perlu memasukkan rumus keberhasilan merek dalam cara membuat nama merek yang menarik untuk bisnismu. 

Dari dua kelompok pilihan nama sebelumnya, maka kamu perlu menerapkan dua rumus yang berbeda juga. Untuk kelompok nama yang berkaitan dengan bisnis, maka rumus keberhasilannya adalah dengan memasukkan unsur tambahan sehingga bisa meningkatkan keunikan merek. 

Tujuannya adalah untuk menghindari kemiripan merek dengan kemiripan produk. Alhasil, pemeriksa juga bisa menilai kekuatan mereknya. 

Untuk kelompok yang kedua, perlu rumus yang sebaliknya. Karena kamu sudah menentukan kata-kata yang tidak berkaitan dengan produk, maka cara membuat nama merek yang menarik untuk kelompok ini adalah dengan mengolah kata tersebut dengan unsur yang ada pada bisnismu. 

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan sebuah nama produk yang kuat dan mudah dikenal oleh para pelanggan. 

4. Cari Kompetitor

Selesai dengan proses penentuan nama untuk produkmu, maka jangan lupakan tentang keberadaan kompetitor. Ternyata, adanya kompetitor juga akan memberikan pengaruh baik untuk proses pemilihan nama produk. 

Selain bisa meningkatkan daya saing pada bisnismu, nama dari bisnis kompetitor juga akan bermanfaat untuk membantu memilih nama yang menarik pada bisnismu. 

Karenanya, cara membuat nama merek yang menarik juga tidak bisa lepas dari kondisi pilihan nama-nama milik kompetitor. Lagi-lagi ada dua cara untuk memanfaat tahap ini, pertama adalah melirik dan sedikit menggunakan unsur yang ada pada merek kompetitor. 

Atau yang kedua adalah dengan menghindari sama sekali pilihan nama dari kompetitor. Penerapan kedua cara ini akan memberikanmu konsekuensi yang berbeda. 

Baca juga konten ini
Cek Biaya Pendaftaran Merek Paling Update di 2024!

Ketika kamu memilih cara yang pertama, maka pastikan kamu sudah memiliki unsur tambahan yang kuat sehingga pelanggan bisa mengenal produkmu sendiri. Terlebih, cara ini juga akan menghindari kamu dari ancaman kegagalan pemberian hak perlindungan. 

Kalau cara yang kedua, secara otomatis kamu sudah membentuk pembedamu sendiri. Tapi agar bisa menjamin kesuksesan bisnismu, maka kamu perlu memaksimalkan kegiatan pemasaran agar pelanggan bisa semakin mengenal produkmu. 

Selain itu, jangan lupa untuk segera mengamankan pilihan nama merek agar selanjutnya kamu bisa melanjutkan proses pemasaran secara aman. 

Mengamankan Merek Unikmu

Kegagalan menerapkan cara membuat nama merek yang menarik, akan mengakibatkan pengusaha harus memproses Perubahan Merek. Meski bukan sebuah proses yang sederhana, namun kamu selalu bisa mendapatkan bantuan dari ahli yang terpercaya. 

FAQ

Apakah Sebuah Merek harus Menarik?

Jawabannya adalah iya. Hal ini karena fungsi dan tujuan utama dari adanya merek adalah sebagai tanda pengenal. Maka, agar pelanggan dan juga pesaing dari bisnis bisa mengenali produkmu, maka kamu perlu membuat sebuah nama yang kuat. 

Tidak hanya dari segi bisnis, menurut ketentuannya juga mengharuskan pengusaha untuk menciptakan sebuah nama yang benar-benar berbeda (unik) dari nama-nama yang sudah tersebar. 

Apa Akibatnya Kalau Merek tidak Menarik?

Ada dua konsekuensi yang bisa kamu dapatkan. Pertama, adalah kegagalan dalam mencetak keuntungan dari pembelian pelanggan. Tentunya hal ini sangat mungkin terjadi ketika kamu tidak berhasil meyakinkan pelanggan dari pilihan namamu. 

Kedua adalah adanya potensi penolakan merek karena DJKI menganggap nama pilihanmu terlalu umum. Bahkan mengenai hal ini juga ada ketentuan dalam pasal tersendiri yang menjadikannya kewajiban bagi seluruh pengusaha.

Merek yang Menarik atau Merek yang Aman, Mana yang Lebih Penting?

Keduanya sama-sama penting. Apalagi kalau kamu berhasil mendapatkan sebuah inspirasi mengenai sebuah merek yang menarik, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan bukti perlindungan merek secara resmi. 

Baca juga konten ini
Cara Menindak Pelanggaran Merek Secara Perdata Ini Triknya!

Karenanya, sembari menyiapkan sebuah nama yang menarik, jangan lupa untuk memperhatikan juga ketentuan-ketentuan tentang merek

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan