Cara Membuat Perubahan Merek Secara Instan

Cara Membuat Perubahan Merek Secara Instan

JASAMEREK.COM – Dalam kondisi-kondisi tertentu, mungkin kamu akan memerlukan cara membuat perubahan merek yang sudah kamu daftarkan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai proses dan ketentuan dalam merubah merek. 

Perubahan Nama Merek

Dalam sistem perlindungan merek, memang menyediakan fasilitas agar pengusaha dapat memproses perubahan. Pertanyaannya, apa saja perubahan yang bisa kamu proses dalam sistem ini?

Sebagai sebuah media untuk melindungi merek, sayangnya DJKI hanya menyediakan perubahan ini hanya pada kepentingan perubahan data pendaftaran merek. 

Artinya, kamu bisa menggunakan cara membuat perubahan merek ini terbatas pada perubahan nama, alamat, atau detail pendukung lainnya. Lalu, apakah kamu bisa mengubah nama merek dengan menggunakan surat perubahan nama merek? Sayangnya tidak bisa. 

jasa merek

Perubahan nama merek, atau unsur yang menjadi satu kesatuan sebagai merek tidak bisa kamu proses perubahannya. Karena untuk dapat merubah hal tersebut kamu hanya bisa melakukan pendaftaran ulang. 

Untuk itu, pastikan lebih dulu perubahan apa yang sebenarnya akan kamu proses kali ini. Apabila ternyata perubahan itu merupakan perubahan data merek, maka bahasan selanjutnya akan sangat cocok untukmu. 

Jasa Perubahan Merek

Sama halnya dengan proses pendaftaran, kamu selalu bisa menemukan bantuan berupa jasa pengurusan perubahan merek. Dengan begitu, kamu bisa melewati proses rumit merubah data merek dengan sangat mudah. 

Berikut ini adalah tahapan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bantuan secara instan:

1. Masuk ke JasaMerek.com

Jasa Perubahan Merek

Mulai dapatkan kemudahanmu dengan masuk ke halaman utama JasaMerek.com. Dari sini kamu akan menemukan berbagai bantuan perlindungan atas merek. Selanjutnya, arahkan kursor ke menu “Services” dan kamu akan menemukan lebih banyak pilihan bantuannya. 

2. Menu Perubahan Merek

Menu Perubahan Merek

Setelah menemukan menu Perubahan Merek, kamu akan mendapatkan tampilan seperti ini. Sekarang, kamu bisa menekan tombol “Lebih Lanjut” untuk segera memproses perubahan yang kamu butuhkan. 

3. Biaya Perubahan Merek

Biaya Perubahan Merek

Setuju dengan biaya jasa yang perlu kamu bayarkan? Sebelum melanjutkan prosesnya, kamu perlu mengetahui besaran biaya yang perlu kamu bayarkan. Dan setelahnya, kamu akan diarahkan untuk langsung berdiskusi dengan ahlinya. 

4. Konsultasikan dengan Ahlinya

Konsultasikan dengan Ahlinya

Kalau kamu sudah cukup jelas dengan keterangan pada langkah sebelumnya, inilah saatnya untuk berdiskusi langsung bersama ahli. Kamu akan mendapatkan petunjuk tentang apa saja yang perlu kamu siapkan. 

Tidak lupa juga tentang proses perubahan dari merekmu. Kamu pun kemungkinan akan diminta melengkapi dokumen sesuai perubahan yang akan kamu proses. Secara umum, inilah saat yang tepat untuk mendapatkan penjelasan atas kebutuhanmu. 

Sebagai pengusaha kamu bisa memproses perubahan ini karena alasan berikut. 

Alasan Perubahan Merek

Tidak hanya karena adanya kesalahan penulisan atau ejaan pada data, tetapi perubahan ini bisa juga kamu proses karena alasan-alasan tertentu. Contohnya adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Nama Pemilik

Perubahan nama pemilik bukan berarti perubahan pemilik. Hal ini terjadi ketika misalnya kamu sebagai pemilik merek, kemudian mengganti nama atau sekedar menambahkan nama pada nama aslimu. 

Perubahan untuk penggantian nama ini bisa terjadi karena pada saat pendaftaran ada kesalahan penulisan nama. Kamu bisa menyesuaikannya kembali pada proses perubahan dengan melampirkan bukti dokumen identitas. 

Ketika hal itu terjadi, kamu bisa segera mencari cara membuat perubahan merek. Khusus untuk perubahan jenis ini, kamu bisa melampirkan dokumen pendukung seperti KTP baru atau penetapan perubahan nama dari pengadilan. 

Tapi ketika yang akan kamu proses adalah perubahan nama pemilik karena adanya perubahan kepemilikan, kamu hanya bisa memproses pengalihan merek. 

2. Perubahan Alamat Pemilik

Perubahan selanjutnya adalah pada bagian alamat. Untuk perubahan pada alamat, bisa terjadi karena dua kondisi. Pertama adalah karena adanya kesalahan penulisan atau yang kedua adalah ketika kamu dengan sengaja merubah domisili.

Penyesuaian terhadap alamat ini sangat penting, karena nama dan juga alamat menjadi satu kesatuan untuk menentukan siapa pemilik dari merek tersebut. 

Ketika terjadi kesalahan penulisan nama, cara membuat perubahan merek cukup dengan menuliskan alamat yang ada pada formulir lalu menuliskan alamat yang sebenarnya. 

Tetapi apabila penulisan pada formulir sudah tepat, dan kamu memang sengaja merubah domisili, maka kamu perlu menunjukkan adanya bukti perubahan domisili tersebut. 

Selanjutnya, mengapa proses perubahan merek itu menjadi penting? Berikut adalah penjelasannya. 

Pentingnya Proses Perubahan Merek

Ketika terjadi kesalahan atau perubahan dengan sengaja, pengusaha memang harus segera mendapatkan cara membuat perubahan merek. Ternyata, hal ini bukannya tanpa alasan. Karena ketepatan data pada formulir pendaftaran merek adalah karena hal berikut:

1. Memastikan Penerimaan Permohonan

Dalam proses perlindungan merek, tidak bisa hanya satu hari selesai. Setelah berhasil mengirimkan permohonan dalam satu hari, masih ada proses panjang yang tidak menutup kemungkinan adanya komunikasi dengan pemeriksa. 

Penulisan permohonan yang salah bisa menimbulkan penerimaan permohonan yang keliru juga. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya apabila berkaitan dengan merek. 

2. Mengantisipasi Risiko Miskomunikasi

Masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, bayangkan kalau ketika pemeriksa menghubungi orang yang salah karena adanya kesalahan penulisan nama dan alamat pada pendaftaran merekmu.

3. Menjaga Keabsahan Dokumen

Tidak kalah penting adalah juga untuk menjamin adanya keabsahan dokumen. Salah satunya adalah melalui kebenaran data yang disampaikan melalui pendaftaran merek. 

Percayakan Perubahan Merek pada JasaMerek.com

Khawatir melakukan kesalahan kembali pada cara membuat perubahan merek milikmu? Kamu selalu bisa mempercayakan proses perubahan merek pada ahlinya jasa pengurusan perubahan merek di JasaMerek.com.