Cara Patenkan Brand Mudah dan Aman Bantu Bisnis Pengusaha

Cara Patenkan Brand

JASAMEREK.COM – Sudah pasti memilih satu nama bisnis, tapi belum tahu proses mematenkannya? Ini adalah saat yang tepat untukmu segera menerapkan cara patenkan brand. 

Tapi, untuk mendapatkan panduan yang akurat, simak dulu penjelasan lengkapnya melalui artikel berikut. 

Pentingnya Mematenkan Nama Brand

Apa untungnya bagi pengusaha memproses perlindungan mereknya lebih dulu? Pertanyaan serupa kerap muncul dari pengusaha-pengusaha yang baru memulai bisnisnya. 

Wajar, karena ketika pertama kali membangun bisnis, maka fokus utamanya adalah mengenai mencetak keuntungan hari demi hari. Ini dia beberapa jawaban dari pertanyaan di atas. 

1. Mendukung Proses Bisnis

Pertama, dari cara patenkan brand, kamu bisa mulai membangun dukungan untuk bisnismu sendiri. Faktanya, banyak pengusaha yang justru lebih mudah mengembangkan bisnis karena berhasil mengamankan mereknya lebih dulu. 

Dengan merek yang berhasil terlindungi, pengusaha bisa lebih tenang dalam membangun bisnisnya karena tidak lagi khawatir akan gangguan masalah merek di kemudian hari. 

Ketika berhasil mendapatkan bukti pendaftaran merek, saat itu juga kamu bisa melakukan ekspansi besar-besaran bahkan sampai ke seluruh negara. 

2. Mengamankan Bisnis Jangka Panjang

Merek berlaku sepanjang bisnis berjalan! Artinya, meskipun dalam peraturannya kamu hanya mendapatkan jangka 10 tahun, namun masa perlindungan ini bisa selalu kamu proses perpanjangannya.

Baca juga konten ini
Cara Daftar Merek di Shopee untuk Amankan Toko Onlinemu!

Sepanjang kamu masih memenuhi syarat sebagai pemilik merek, maka nama tersebut bisa kamu gunakan secara terus menerus. Artinya, dalam kegiatan bisnis, cara patenkan brand ini adalah langkah awal mengamankan bisnis jangka panjang. 

Sekarang pilihannya ada di tanganmu, apakah berencana untuk menggunakan satu nama selamanya atau justru bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk perubahan merek berkali-kali. 

3. Memudahkan Pelanggan Mengenal Produk

Setelah berhasil menemukan sebuah inovasi terhadap produk bukankah kamu ingin pelanggan bisa segera mengenalinya? Tanpa sebuah nama, hal ini akan sulit kamu dapatkan. 

Karena faktanya, nama adalah sebuah alat pertama yang membuat pelanggan mengingat produk sekaligus beberapa fitur khususnya. 

Cara Mematenkan Nama Brand

Lalu, bagaimana langkah yang tepat dan aman untuk segera mengamankan sebuah brand? Jawabannya ada pada poin-poin di bawah ini. 

1. Temukan Partner yang Tepat

Cara patenkan brand itu bukan hanya sekedar memasukkan permohonan lalu tiba-tiba DJKI mengirimkan bukti perlindungan. Ada tahapan khusus sejak sebelum pendaftaran hingga bukti perlindungan terbit. 

Mudahnya, pada langkah pertama kamu bisa langsung menemukan sebuah partner yang tepat. Contohnya seperti Mebiso sebagai paket lengkap perlindungan KI. Mulai dari cek hak paten merek untuk bekal pendaftaran merekmu di kemudian hari. 

Hal ini karena mematenkan nama brand adalah mengenai siapa yang lebih dulu berhasil mengirimkan pengajuannya. Dengan begitu, nama-nama mirip yang baru mengirimkan permohonan belakangan berpotensi menerima surat penolakan. 

2. Selesaikan Pengecekan

Setelah mendapatkan hasil pengecekan merek dari Mebiso, langkah berikutnya adalah eksekusi perlindungannya. Masih melalui portal Mebiso, kamu juga akan menemukan layanan cara patenkan brand secara tepat dan akurat. 

Tidak sembarangan, karena proses pendaftaran yang kamu ajukan sudah berdasarkan hasil pengecekan maka minim kemungkinan adanya penolakan merek. 

Baca juga konten ini
Cara Mematenkan Merek Berikut Adalah yang Paling Paten!

3. Daftar Merek Sekarang

Berikutnya, adalah proses mematenkan merek yang sesungguhnya. Untuk layanan super cepat kamu bisa langsung menuju menu Daftar Merek Sekarang. Pada menit berikutnya sistem akan memberikanmu petunjuk untuk bisa berhubungan dengan ahli merek. 

4. Siapkan Persyaratan

Ketika berhasil terhubung dengan ahli merek, kamu hanya perlu menyiapkan dua dokumen persyaratan dasar yaitu kartu identitas dan juga dokumen logo. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu update mengenai perkembangan merekmu. 

Jangan lupa, melalui Mebiso kamu akan mendapatkan bukti perlindungan resmi dari DJKI.

Patenkan Merek Lebih Praktis Bersama Ahlinya

Sudah paham dengan detail cara patenkan brand? Selanjutnya, manfaatkan tips di atas untuk mendapatkan bantuan ahli Perlindungan Merek agar proses paten merek milikmu tepat sasaran. 

FAQ

Paten Merek atau Merek Paten?

Berdasarkan ketentuannya, penyebutan paten merek ini kurang tepat. Hal ini karena keduanya adalah jenis yang berbeda dari kelompok perlindungan kekayaan intelektual. Karenanya, untuk mencegah kekeliruan pada saat proses pendaftaran, maka kamu perlu menyebutkan istilahnya secara tepat yaitu pendaftaran merek. 

Apa yang Harus Dilakukan Agar Merek Bisa Paten?

Satu-satunya cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan cap resmi sehingga merek bisa lebih paten adalah dengan mengajukan perlindungan ke DJKI. Tanpa adanya bukti resmi dari DJKI, maka merek milikmu masih bebas bisa menjadi milik siapa saja. 

Bahkan di kemudian hari, ketika ada pengusaha lain yang membawa bukti perlindungan sah untuk nama merek milikmu, kamu akan kesulitan melawannya meskipun telah memiliki saksi kuat bukti pembukaan bisnis lebih dulu. 

Kapan Saat yang Tepat untuk Mematenkan Merek?

Ketika kamu sudah berhasil mendapatkan nama kuat dan sudah yakin akan menjalankan bisnis dengan nama tersebut. Kedua hal di atas adalah syarat utama untuk mendapatkan perlindungan merek. 

Baca juga konten ini
Kelas Merek 5: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Sekaligus, menjadi panduan paling pas bagi pengusaha yang akan mendaftarkan merek. Apalagi, memproses pendaftaran nama saja tanpa adanya bisnis nyata bisa mengakibatkanmu kehilangan hak ketika melewati batas waktu tertentu.

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan