Cara Cek Merek Dagang Online Paling Mudah

Cara Cek Merek Dagang Online Paling Mudah

JASAMEREK.COM – Melakukan cek merek sebelum mengirimkan permohonan pendaftaran ternyata menjadi tahapan yang sangat penting! Sebagai pengusaha yang mau mereknya aman, langkah paling wajib adalah melakukan penelusuran merek lebih dulu. 

Lalu, bagaimana cara penelusuran yang baik agar bisa membantu pendaftaran merek? Cek penjelasannya pada artikel berikut. 

Cek Merek Dagang Secara Mandiri

Cek merek memang wajib dan harus kamu lakukan bahkan sebelum memproses pendaftaran merek. Ada berbagai cara untuk kamu melakukan cek merek HKI sendiri sebagai berikut:

1. Cek merek HAKIĀ  dari sosial media

Pertama, kamu bisa memanfaatkan sosial media yang kamu miliki untuk melihat nama-nama populer untuk bisnis di bidang yang kamu jalankan. Kamu pun bisa mendapatkan nama-nama populer untuk bisnis melalui cara tersebut.  

jasa merek

Langkah pertama ini masih memberikanmu hasil yang terbatas, dan tentunya belum pasti akan menjadi kompetitormu. Oleh karena itu, lanjutkan pencariannya melalui mesin pencarian online. 

2. Cek merek online dari mesin pencarianĀ 

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kecanggihan dari sebuah mesin pencarian otomatis untuk mencari nama-nama yang mungkin sudah ada. Dengan menggunakan mesin pencarian, kamu akan mendapatkan hasil yang lebih luas. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan hasil nama merek luar negeri juga. Meski begitu, hasil pencarian ini pun masih memiliki kekurangan. Karena hasil yang kamu dapatkan ini masih sangat umum, dan belum bisa memutuskan apakah merekmu akan aman atau tidak. 

Maka selanjutnya, lakukan cara cek merek berikut. 

3. Cek paten merek dari database merek

Tahap pengecekan selanjutnya, berfungsi untuk memastikan hasil pengecekan pada dua tahap sebelumnya. Sekarang adalah saatnya kamu menemukan merek yang sudah masuk ke dalam sistem yang kemudian bisa menjadi penghalang pendaftaran merekmu selanjutnya. 

Setelah melakukan cek merek dengan ketiga cara ini pun masih ada yang harus kamu lakukan. Yaitu dengan memastikan potensi keberhasilannya. 

Hasil yang kamu dapatkan dengan cara di atas, hanya bisa menjadi bahan pertimbangan pendaftaran merekmu. Bisa saja, ketika kamu sudah yakin hasil cek hak merek aman, tapi pada saat pendaftaran kamu justru mendapatkan usulan penolakan. 

Hal ini karena dalam memutuskan suatu penilaian merek, pemeriksa menggunakan berbagai pertimbangan. Artinya, data yang tampil itu hanya menjadi salah satu alasan saja. 

Lalu, bagaimana cara cek merek dengan hasil yang akurat? Berikut adalah penjelasannya. 

Cek Merek Melalui Mebiso

Sudah ada sebuah tools cek merek terdaftar canggih yang bisa menghasilkan penelusuran dengan akurat dari Mebiso. Kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk memanfaatkannya:

1. Masuk ke Mebiso.com

Masuk ke Mebiso.com

Pada tampilan pertama, kamu bisa menemukan beberapa menu. Karena kamu ingin mendapatkan hasil penilaian atas merekmu, maka pilih menu Cek Merek. 

2. Cek Nama Merek Mebiso

Cek Nama Merek Mebiso

Ketika kamu sudah mendapatkan tampilan seperti gambar di atas, sekarang waktunya untuk memasukkan nama merek pilihanmu. Ketikkan nama yang kamu pilih pada bagian kolom cek merek. 

3. Dapatkan Hasil

Dapatkan Hasil cek merek

Kamu hanya perlu menunggu beberapa menit saja untuk bisa mendapatkan hasilnya. Ketika layar sudah menampilkan gambar seperti di atas, artinya kamu sudah mendapatkan hasil pencarian. 

Sistem akan menampilkan semua hasil merek yang paling mendekati dengan merekmu. Hasil ini yang nantinya akan membantumu untuk memutuskan apakah  merek yang kamu ajukan aman atau tidak. 

Ada satu hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah cek status merek berdasarkan hasil pencarian. Untuk merek-merek yang kadaluarsa bisa abaikan dan kamu bisa mempertimbangkan merek-merek aktif. 

Seluruh proses ini memang memerlukan banyak waktu. Dan kalau membutuhkan hasil yang instan, Mebiso bisa membantumu. 

Dari ketiga langkah di atas, kamu bisa melanjutkan prosesnya sebagai berikut. 

4. Cek Hasil Detail

Ketika kamu perlu hasil yang lebih pasti, kamu bisa memproses langkah selanjutnya. Di tampilan paling bawah hasil pencarianmu pada langkah nomor 3 di atas, kamu akan menemukan pilihan untuk bisa mendapatkan hasil detail dari pengecekan merek. 

Kamu bisa menekan tombol ā€œLihat Detailā€ untuk tahap selanjutnya. 

5. Pengecekan Detail Merek

Pengecekan Detail Merek

Ketika kamu sudah mendapatkan tampilan seperti ini, lanjutkan prosesnya dengan menekan menu ā€œCek Keberhasilan Merekā€ dan beberapa saat lagi kamu bisa mendapatkan dokumen hasil pengecekannya. 

6. Proses Pembayaran

Proses Pembayaran cek merek

Saatnya memproses pembayaran. Masukkan juga nama yang akan kamu gunakan, pilih kelas merek secara tepat, lalu klik ā€œLanjut Pembayaranā€.

Setelah ini kamu akan diarahkan untuk melakukan pembayaran lebih dulu. Dan beberapa menit setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan hasil analisis lengkap terhadap nama yang kamu ajukan. 

Bahkan lebih hebatnya lagi, kamu akan mendapatkan angka pasti berupa persentase yang bisa menjadi modal untuk pengajuan pendaftaran. 

Jadi, kalau kamu masih ragu untuk segera cek merek, berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Manfaat Cek Merek

Melakukan pengecekan merek memang tidak wajib, bahkan kamu selalu bisa memproses pendaftaran tanpa mengecek mereknya lebih dulu. Proses pengecekan merupakan sebuah strategi agar pendaftarannya lebih aman. 

Berikut adalah manfaat dengan melakukan pengecekan lebih dulu:

1. Menambah Pertimbangan dalam Pemilihan Nama

Proses penelusuran ini bisa mulai kamu lakukan bahkan pada saat belum menemukan nama yang pas. Memulai pengecekan lebih awal justru bisa memberikanmu inspirasi atau sekedar pertimbangan sebelum benar-benar memilih mereknya.  

2. Menjadi Modal Pendaftaran Merek

Ternyata menyiapkan merek agar lebih aman juga merupakan modal utama. Cara mendapatkannya adalah melalui proses pengecekan ini. Hasil pengecekan yang aman, akan membuatmu semakin yakin untuk mengajukan pendaftarannya. 

3. Menjadi Jaminan Keamanan Merek

Semua pengajuan pendaftaran memang sudah pasti diterima, tapi untuk bisa mendapatkan sertifikat, itu lain hal. Karena setelah berhasil mengirimkan permohonan, kamu masih harus melewati proses pemeriksaan. Sehingga, masih perlu jaminan agar kamu aman melewati proses pemeriksaannya. 

Bentuk jaminan itu adalah hasil pengecekan yang valid. Bukan hanya sekedar nama-nama yang mirip saja, tapi pastikan kamu sudah mendapatkan pertimbangan dan juga kemungkinan yang bisa terjadi berdasarkan hasil pengecekannya. 

4. Mencegah Terjadinya Sengketa

Sebagai pengusaha, tentu ingin mereknya aman, bukannya justru mendapatkan masalah di kemudian hari. Salah satu manfaat dari pengecekan adalah agar menghindari adanya sengketa di kemudian hari. 

Faktanya, akan ada banyak hal yang kamu dapatkan dalam proses pengecekan. Kamu akan mendapatkan nama, kelas, status pendaftaran, dan bahkan jenis secara rinci terhadap suatu merek. 

Informasi-informasi ini kalau kamu gunakan dengan baik bisa menjadi penyelamat merekmu dari sengketa. 

Contoh nyata, ketika kamu mendapatkan satu merek terdaftar yang sangat mirip bahkan sampai kepada jenis produknya. Dari situ, kamu bisa mengambil tindakan pengamanan. 

Misalnya seperti memberikan tambahan kata, memodifikasi nama, atau justru merubah rencana pendaftaran ke jenis yang lain. Karena kamu sudah mendapatkan  cara bantuan untuk cek merek. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengajukan pendaftaran. Manfaatkan juga bantuan ahli dari JasaMerek.com untuk pendaftaran anti ribet!