HAKI Online: Definisi, Jenis, Berikut Proses Perlindungannya

HAKI Online

JASAMEREK.COM – Sudah siap melindungi HAKI online milikmu? Pahami dulu beberapa ketentuan penting mengenai proses panjang perlindungannya melalui penjelasan dalam artikel ini. 

Penjelasan HAKI Online

Pada dasarnya, Kekayaan Intelektual merupakan sebuah kelompok perlindungan berbagai jenis hasil kreativitas pengusaha atau bukan pengusaha. Berikut ini adalah beberapa macam Kekayaan Intelektual yang bisa kamu proses secara online. 

1. Merek

Jenis HKI online yang pertama adalah merek dan jenis ini menjadi yang paling banyak pengajuannya. Merek menjadi sebuah jenis yang populer karena berkaitan dengan kegiatan bisnis seseorang. 

Selain itu, merek juga menjadi salah satu jenis HKI online favorit karena untuk mendapatkan perlindungannya para pengusaha harus mengajukannya dengan segera. 

2. Paten

Kedua adalah paten yang juga hampir sama popularitasnya dengan merek. Hal ini karena paten juga merupakan jenis KI yang berkaitan dengan urusan bisnis seseorang. Selain itu, pengurusannya juga harus cepat karena hanya pengajuan paling cepat yang akan mendapatkan haknya. 

3. Desain Industri

Berikutnya adalah desain industri yang tujuan utamanya juga untuk mendukung bisnis pengusaha. Sayangnya, untuk jenis ini masih belum banyak pengusaha yang memanfaatkan karena tidak semua desain bisa mendapatkan hak khusus satu ini. 

Hanya desain-desain khusus yang unik dan satu-satunya yang bisa mendapatkan hak perlindungan melalui proses HAKI online. 

4. Hak Cipta

Berikutnya, adalah jenis hak cipta yang berkaitan dengan karya. Karena berkaitan dengan sebuah hasil karya seseorang, maka untuk jenis ini tidak harus kamu gunakan untuk mendukung kegiatan bisnis. 

Berbeda dari jenis-jenis sebelumnya, pemohon tidak perlu mengajukan secara cepat karena sepanjang kamu bisa membuktikan sebagai pemilik yang pertama kali menciptakan karya, maka kamu sudah bisa mendapatkan hak perlindungannya. 

Proses Pengajuan HKI Online

Beruntungnya, untuk bisa mendapatkan hak keempat jenis di atas, pengurusan HKI online ini sudah semakin mudah. Kamu hanya perlu mengikuti panduan masing-masing langkahnya melalui sistem sebagai berikut.

1. Menuju Laman DJKI

Langkah pertama, kamu perlu menuju pada halaman resmi milik DJKI yang menyediakan berbagai layanan untuk pengajuan hak perlindungan. Dari halaman utama ini, kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhanmu. 

Masing-masing kebutuhan harus sesuai dengan portal yang akan kamu tuju karena DJKI sudah memisah-misahkan sistem sesuai dengan layanannya. Karena itu, pemahaman mengenai masing-masing jenis KI di atas menjadi sangat penting. 

2. Pilih Sistem Layanan

Berikutnya adalah memilih sistem berdasarkan layanan yang kamu perlukan. Ada berbagai layanan yang bisa kamu proses secara online disini, tapi setelah kamu memilih satu layanan maka seluruh rangkaian proses dalam sistem bisa sesuai dengan kebutuhanmu. 

3. Daftar Akun

Karena sudah memilih sistem layanan untuk kebutuhanmu, sekarang lanjutkan dengan pembuatan akun. Pada masing-masing sistem layanan kamu perlu membuat akun yang berbeda. 

Jadi, pastikan kamu menyimpang seluruh akses pada masing-masing sistem sehingga tidak ada masalah nantinya. 

4. Ikuti Panduan

Selesai dengan pembuatan akun, berikutnya kamu harus mengikuti panduan yang ada dalam sistem. Masing-masing sistem ini sudah sesuai dengan kebutuhanmu sehingga seluruh tahapannya bisa kamu ikuti dengan mudah. 

5. Masukkan Dokumen

Poin berikutnya yang menjadi sebuah kelebihan dari sistem HAKI online karena dokumen persyaratan hanya akan kamu kirimkan menggunakan data dan bukan dokumen fisiknya. 

Hal ini akan sangat menghemat waktu dan biaya, karena kamu tidak perlu lagi membawa salinan dokumen berlembar-lembar lalu mengirimkannya ke kantor DJKI. Dengan sistem online, data dari dokumen yang kamu kirimkan akan tepat alamatnya dan langsung masuk ke dalam proses verifikasi. 

6. Kirim Permohonan

Untuk proses pengiriman juga saat ini sudah instan karena kamu tidak perlu menunggu berhari-hari untuk DJKI menerima dokumenmu, mereka akan mendapatkannya secara langsung saat kamu menekan tombol kirim. 

Saat itu juga permohonanmu akan langsung masuk ke proses pemeriksaan untuk menentukan apakah DJKI bisa memberikan hak yang kamu mohonkan. 

Eksekusi Pendaftaran HAKI Online Bersama Ahlinya!

Masih belum bisa menentukan layanan HAKI online mana yang kamu butuhkan? Hindari melakukan kesalahan pada saat proses pendaftaran dengan menunjuk ahli Perlindungan Merek terpercaya!

FAQ

Berapa Biaya Pengajuan HAKI Online?

Untuk masing-masing layanan yang ada di DJKI menetapkan biaya yang berbeda-beda, bahkan sebelum mengirimkan permohonan, kamu bisa melihat besaran biayanya pada halaman DJKI. 

Tentunya, biaya yang perlu kamu bayarkan akan berbeda kalau kamu memutuskan untuk menggunakan bantuan ahli. 

Apakah mendaftar HAKI wajib?

Proses perlindungan Kekayaan Intelektual menjadi hak setiap orang. Misalnya seperti merek dan paten, maka pengusaha yang menjadi pemilik yang bisa mengajukan pendaftarannya. 

Berbeda lagi, untuk hak cipta yang hanya boleh untuk pencipta atau pekerja seni. Seluruh jenis ini menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, hanya saja ketika pengusaha ingin bisnisnya sukses, maka perlindungan KI ini menjadi wajib. 

Kapan waktu yang tepat untuk mendaftar HAKI?

Segera setelah mau berhasil mendapatkan ide dan ide itu sesuai dengan persyaratan pada masing-masing layanan. Apalagi ada beberapa jenis perlindungan KI yang pemberian haknya menyesuaikan dengan tanggal pengajuan dikirimkan. 

Artinya, semakin cepat kamu memproses perlindungannya, maka semakin aman bisnis yang kamu jalankan.

Artikel Terkait
Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek