Memilih Konsultan HKI Tepat untuk Perlindungan Bisnis Lancar

Konsultan HKI

JASAMEREK.COM – Menggunakan konsultan HKI ketika berencana untuk mendaftarkan merek bisa menjadi sebuah solusi yang tepat. Tapi, sebelum menjatuhkan pilihan siapa ahli yang akan membantumu, cek dulu penjelasan pada artikel berikut. 

Menentukan Konsultan HKI

Sekarang ini sudah banyak pilihan ahli yang bisa kamu jadikan partner untuk perlindungan bisnis. Tapi, pahami dulu jenis ahli yang bisa kamu temui berdasarkan penjelasan di bawah ini. 

1. Konsultan Terdaftar

Jenis pertama adalah ahli terdaftar dan memiliki sertifikat resmi dari DJKI. Untuk bisa menjadi ahli terdaftar dan memiliki sertifikat ini sebelumnya perlu melalui proses pendidikan dari DJKI lebih dulu. 

Dengan begitu, keahlian dan juga pengetahuannya tidak perlu diragukan lagi. Biasanya, konsultan terdaftar ini ada di masing-masing kota. Contohnya seperti konsultan HKI Jakarta. 

Tentunya, sebagai konsultan terdaftar, biaya jasa untuk mendapatkan bantuan melalui jasa profesional ini juga perlu kamu pertimbangkan. 

2. Konsultan Tidak Terdaftar

Jenis berikutnya adalah bantuan ahli yang sama hebatnya namun tidak memiliki sertifikasi resmi dari DJKI. Bedanya, kalau konsultan terdaftar ini perlu mengikuti pendidikan lebih dulu dari DJKI, jenis kedua ini biasanya mengandalkan pengalaman mumpuni selama bertahun-tahun dalam hal perlindungan merek. 

Kamu juga bisa menemukannya dimanapun bahkan di wilayah domisilimu saat ini. Misalnya, kalau saat ini kamu berada di Semarang, kamu bisa menggunakan jasa konsultan HKI Semarang. 

Penentuan jasa profesional ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengajuan merekmu. Bahkan pada kondisi tertentu, pemilihan jasa konsultan juga menjadi persyaratan dalam proses pendaftaran. 

Contohnya ketika merek yang akan kamu daftarkan adalah merek asing dan milik perusahaan asing, kamu perlu mengajukan pendaftaran melalui konsultan terdaftar. Selain kondisi di atas, kamu bebas menentukan bantuan profesional.

Rekomendasi Konsultan HKI Surabaya

Karena kamu sudah memahami kedua jenis konsultan HKI di atas, berikut ini adalah rekomendasi konsultan terdekat yang bisa kamu tuju berikut berbagai layanannya. 

1. Jasa Pendaftaran

Layanan pertama adalah bantuan mengajukan hak perlindungan kepada DJKI. Bantuan ini bisa kamu temukan pada JasaMerek.com. Meskipun pengajuannya secara online, namun kamu tidak perlu khawatir karena jasa profesional dari JasaMerek.com akan memberikanmu bukti pengajuan pendaftaran resmi dari DJKI. 

Hal ini juga akan sangat menguntungkanmu ketika membuka bisnis di kota lain. Kamu bisa memanfaatkan bantuan konsultan HKI Sidoarjo dan konsultan HKI Malang melalui satu portal yang sama. 

2. Jasa Perpanjangan

Pemberian hak perlindungan ini tidak berlaku selamanya. Ada jangka waktu yang perlu kamu perhatikan mengenai perpanjangan hak nantinya. Bukan hanya tentang ketepatan waktu, tapi ketepatan pengajuannya juga menjadi penting. 

Masih dari portal penyedia jasa profesional yang sama, kamu juga bisa menggunakan bantuan untuk perpanjangan merek. Dengan begitu, baik ketepatan waktu, ketepatan prosedur pengajuan, berikut kelengkapan dokumen sudah pasti terjamin. 

Jasa perpanjangan ini juga menjadi bukti kalau setelah merek yang kamu miliki sudah berhasil mendapatkan hak perlindungan, kamu akan tetap membutuhkan bantuan dari konsultan HKI. 

3.  Menangkal Usulan Penolakan

Ketika berhasil mengirimkan pengajuan hak perlindungan, masih ada potensi usulan penolakan yang bisa kamu dapatkan. Terkadang, ketika menerima surat usulan penolakan pengusaha sudah pesimis dan menganggap mereknya sudah benar-benar gagal. 

Faktanya, ketika mendapatkan surat usulan penolakan pertama, kamu masih bisa mengirimkan tanggapan. Isinya adalah pernyataan-pernyataan dan bukti-bukti agar pemeriksaan merekmu tetap berlanjut. 

Dengan bantuan profesional, kamu bisa mengirimkan tanggapan secara mudah tentunya dengan isi yang kuat sehingga proses pemeriksaan merekmu tetap berlanjut. 

4. Mendaftarkan Lisensi Merek

Kalau bisnis sudah besar, bukan satu dua orang saja yang terlibat, kamu bisa mulai memanfaatkan lisensi merek untuk penggunaan yang lebih luas lagi. Skema ini justru bisa semakin menambah keuntungan untuk pengusaha karena kamu bisa menjalankan bisnis dimanapun dengan memanfaatkan pihak ketiga. 

Misalnya, kalau saat ini domisilimu di Surabaya dan ingin melebarkan jangkauan pasar di Yogyakarta, kamu tidak perlu mencari konsultan HKI Yogyakarta. Cukup dengan JasaMerek.com, perjanjian lisensi di kota manapun bisa langsung masuk ke dalam sistem DJKI. 

Dapatkan Manfaat Jasa Profesional Sekarang Juga!

Sudah siap menentukan pilihan konsultan HKI untuk pengurusan merekmu? Dengan Jasa Perlindungan Merek, kamu bisa mendiskusikan segala kebutuhan untuk bisnis bersama ahli yang tepat. 

FAQ

Apa bedanya konsultan KI dan konsultan merek?

Konsultan KI adalah ahli bersertifikat yang sudah menjalani pelatihan tentang seluruh jenis kekayaan intelektual. Sedangkan konsultan merek adalah seorang ahli khusus merek, tidak harus memiliki sertifikat, tapi sudah pasti memiliki pengalaman tentang merek. 

Apakah pendaftaran merek wajib menggunakan konsultan?

Tidak, sepanjang merek yang kamu gunakan adalah asli dari dalam negeri. Tapi kalau kamu ingin proses perlindungan yang lebih mudah, tepat, dan juga praktis, kamu bisa memanfaatkan bantuan profesional terdekat. 

Berapa biaya jasa menggunakan konsultan KI?

Untuk besaran biaya tergantung dari masing-masing konsultan dan juga bobot layanan yang akan kamu gunakan. Agar kamu bisa menyiapkan biaya jauh-jauh hari, maka sebelumnya kamu bisa membandingkan besaran biayanya melalui website atau sosial media dari masing-masing konsultan.

Artikel Terkait
Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek