Perbedaan Brand dan Merek yang Wajib Diketahui

Perbedaan Brand dan Merek

Brand dan merek merupakan istilah yang erat kaitannya dengan bisnis. Bahkan, keduanya juga mempunyai peran yang penting bagi kesuksesan sebuah bisnis. Sayangnya, ada perbedaan brand dan merek yang belum banyak diketahui orang.

Nah, sebagai pemula, ada baiknya jika kamu tahu dan paham apa saja perbedaan antara keduanya. Terlebih lagi, jika kamu punya rencana terjun ke dunia bisnis. Baik bisnis skala besar atau skala kecil. 

Mengetahui perbedaan keduanya tentu akan membuat kamu bisa mengambil langkah yang tepat, deh. Yuk, langsung saja simak ulasan seputar beberapa perbedaan brand dan merek berikut!

Pengertian Brand dan Merek

Pada dasarnya, brand punya arti yang lebih luas daripada merek. Hal ini karena brand mempunyai nilai khusus yang akan menjadi perantara antara konsumen dengan produk.

Menariknya, nama yang ada pada sebuah produk atau jasa bisa saja merek, loh. Namun, nggak semua produk punya brand. 

Kalau sebuah produk atau jasa berhasil punya brand, itu artinya produk atau layanan tersebut punya posisi yang spesial di hati para pelanggan, dan pasti kerap menjadi pilihan.

Lantas, apa itu brand? Jadi, di akhir abad 20, para pebisnis mulai menyadari bahwa ada sesuatu yang menarik dari sebatas persepsi terhadap nama jasa atau produk. 

Dalam hal ini, David Ogilvy menyebutnya sebagai kumpulan atribut yang ada di dalam sebuah produk atau layanan. 

Itu artinya, brand bisa kita artikan sebagai karakter, sebuah nilai khusus, emosi, performa, aset, pikiran, persepsi, serta pengalaman konsumen ketika melihat dan mendengar produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

Brand bukan hanya sekedar tulisan atau logo yang menempel pada sebuah produk, tapi lebih mengacu kepada image dari sebuah produk atau layanan.

Sementara merek merupakan tanda yang ditempelkan pada produk yang dipasarkan atau diproduksi. Tanda di sini bisa memakai logo atau tulisan. 

Perbedaan Brand dan Merek

Setelah mengetahui pengertian masing-masing istilah, kira-kira, apa yang menjadi perbedaan keduanya? Berikut ini merupakan beberapa perbedaan merek dan brand yang mesti kamu pahami!

1.  Tujuan

Bedanya merek dan brand yang pertama adalah dari segi tujuan. Pembuatan merek bertujuan untuk menciptakan nama sebuah produk atau layanan. Merk akan berperan sebagai alat pengenal belaka. 

Baik terhadap sebuah barang atau jasa. Sementara brand justru lebih kompleks. Di mana, brand bertujuan untuk membangun identitas atau citra sebuah produk atau layanan. 

Sehingga, cakupannya bukan hanya logo atau tulisan, tapi juga penilaian dan persepsi pelanggan.

2. Cara Memperolehnya

Bedanya brand dan merek berikutnya adalah dari cara memperolehnya. Yap, terdapat perbedaan antara cara memperoleh brand dan merek, loh. Merk bisa kamu dapatkan dengan melakukan riset. 

Riset ini bisa kamu lakukan dengan mempertimabangkan berbagai aspek. Seperti bagus tidak namanya, kemudian cocok nggak dengan target pasar kamu, dan aspek-aspek lainnya. 

Proses pencarian atau penetapan nama merek tergolong gampang-gampang susah. Setelah mendapatkan nama yang pas, jangan lupa untuk cek kelas merek dulu, ya. Kamu bisa cek kelas merek di JasaMerek.com. 

Hal ini biar merk kamu bisa didaftarkan, dan lebih terlindungi. Sementara cara mendapatkan brand sendiri adalah dengan fokus pada pengenalannya kepada masyarakat atau khalayak. 

Misal, dengan melakukan campaign. Di dalam campaign tersebut, kamu bisa kenalin karakteristik produk-produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kemudian, brand juga bisa kamu peroleh dengan mempertahankan kualitas produk atau layanan.

3. Manfaat

Adapun beda brand dan merek yang lainnya adalah dari manfaatnya. Jika merek hanya bermanfaat untuk mempermudah kamu dalam memasarkan produk atau layanan, maka brand justru bermanfaat untuk membangun citra produk atau layanan.

Sehingga, bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap jasa atau produk yang kamu tawarkan.

Ingin Daftar Merek secara Cepat? Hubungi Kami Sekarang!

Setelah menemukan merek yang pas, kamu harus segera mendaftarkan merek tersebut. Supaya melindungi merek tersebut dan mempunyai dasar hukum. Kamu bisa langsung daftar merek lebih cepat dan mudah di Jasamerek.com

Dengan menggunakan jasa kami, proses pendaftaran merek jadi jauh lebih mudah, praktis, dan menyenangkan. 

Selain itu, kamu juga bisa cek kelas merek di kami, loh.  

Jadi, pahami dulu perbedaan brand dan merek, kemudian buat merek kamu. Terakhir, daftarkan merek tersebut, dan nikmati segudang manfaatnya!

FAQ

Apa perbedaan brand, merek, dan identitas produk? 

Brand adalah persepsi dan asosiasi konsumen terhadap sebuah produk atau pun jasa, merek merupakan tentang identifikasi dan aspek legal. Sementara identitas produk merupakan karakteristik fisik dan non fisik sebuah produk.

Brand berperan sebagai identitas sebuah perusahaan atau organisasi, dan sifatnya menyeluruh. Bukan hanya sekedar menggambarkannya secara visual. Sementara logo adalah gambaran visual yang akan menggambarkan sebuah brand.

Apakah logo mesti unik?

Pada dasarnya, tidak ada keharusan untuk membuat logo yang unik. Namun, ada baiknya jika membuat logo yang unik. Sehingga, bisa menjadi ciri khas dan terlihat berbeda dengan brand yang lain.

Artikel Terkait
Kelas Merek 38: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 38: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Mengenal Kelas Merek 37: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Mengenal Kelas Merek 37: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Penjelasan Kelas Merek 36: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Penjelasan Kelas Merek 36: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Penjelasan Kelas Merek 21: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Penjelasan Kelas Merek 21: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Penjelasan Kelas Merek 20: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Penjelasan Kelas Merek 20: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 19: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 19: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya