Cara Daftar Merek Online, Panduan Lengkap Hingga Terdaftar!

Cara Daftar Merek Online, Panduan Lengkap Hingga Terdaftar!

JASAMEREK.COM – Mau tahu bagaimana cara daftar merek online secara mudah? Kalau saat ini kamu adalah pengusaha yang butuh segera mengamankan merek, maka artikel ini akan menjadi panduan yang sangat tepat. 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai tahap-tahap untuk mengamankan merek secara tepat. 

Cara Mendaftar Merek Online

Untuk bisa mengirimkan permohonan perlindungan merek kepada DJKI, kamu perlu menyiapkan nomor telepon berikut alamat email yang masih aktif. Selanjutnya, ikuti panduan berikut untuk pendaftaran yang aman. 

1. Dapatkan Akun 

Bermodal nomor telepon dan juga alamat email yang masih aktif, kamu bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan akun lebih dulu kepada DJKI. Karena sifatnya adalah permohonan, setelah memasukkan seluruh isian kelengkapan data, lalu tunggu beberapa saat untuk mendapatkan email verifikasi. 

jasa merek

Segera lakukan verifikasi pada email untuk bisa melanjutkan proses daftar HKI online. Setelah selesai dengan proses verifikasi, artinya kamu sudah mendapatkan akun dan bisa mulai mengajukan permohonan untuk perlindungan merek.

2. Siapkan Persyaratan

Ada beberapa syarat pendaftaran merek yang semuanya harus kamu lengkapi. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut. 

Keterangan mengenai identitas

Pertama kali kamu perlu memastikan dokumen identitas sudah lengkap. Dokumen ini akan mengikuti dari pemohon nantinya. Tidak hanya sebagai perorangan, tapi pendaftar merek juga bisa dari perusahaan seperti PT dan CV. 

Dokumen merek

Dalam cara daftar merek online, kamu tetap memerlukan dokumen merek untuk dikirimkan melalui sistem. Tentunya, DJKI hanya akan menerima dokumen yang berupa data. 

Jadi, kalau saat ini dokumen yang kamu miliki masih berupa dokumen fisik, kamu bisa memfotonya. 

Biaya pembayaran

Sayangnya, saat ini proses daftar merek DJKI belum menyediakan perlindungan secara cuma-cuma. Artinya, kamu tetap harus menyiapkan biaya tertentu agar merekmu bisa terlindungi. 

Apabila terdapat layanan daftar HKI gratis, biasanya hal itu merupakan sebuah program dari pemerintah daerah. DJKI sendiri telah menuliskan dalam laman resminya mengenai biaya yang harus kamu bayarkan ke negara dalam setiap kali permohonan. 

Dokumen pendukung

Selain beberapa persyaratan wajib di atas, DJKI juga bisa memintamu untuk mengirimkan dokumen pendukung sesuai dengan jenis permohonan yang kamu kirimkan. 

Contohnya, seperti dokumen surat kuasa ketika permohonan perlindungan merek ini melalui bantuan orang lain. Atau bisa juga sebuah dokumen pendukung seperti keterangan UMKM apabila jenis permohonanmu adalah melalui jenis UMKM. 

Bisa juga sebuah dokumen persetujuan dari seseorang apabila kamu menggunakan nama atau foto orang lain. Apalagi kalau itu adalah orang terkenal. 

3. Pengisian Formulir

Setelah seluruh persyaratan diatas terlengkapi, saatnya kamu mengirimkan permohonan melalui sistem. Dengan menggunakan akses yang telah kamu buat sebelumnya, kamu bisa mulai mengisikan formulir pada menu pendaftaran. 

Formulir ini telah tersusun secara berurutan sehingga kamu hanya perlu mengikuti panduan dalam sistem. Mulai dari halaman pertama mengenai pengisian identitas, lalu kuasa apabila ada, selanjutnya adalah halaman untuk mengisi keterangan tentang merek. 

Salin data-data yang ada pada dokumen asli untuk kamu masukkan ke dalam sistem, dan selanjutnya biarkan sistem yang akan membentuk sebuah formulir permohonan resmi. Terakhir, kamu juga harus mengirimkan foto tanda tangan. 

Seluruh isian ini nantinya akan kamu dapatkan dalam bentuk formulir pada umumnya. Termasuk tanda tangan yang kamu cantumkan juga. Jadi, dokumen inilah yang akan menjadi bukti permohonan kepada DJKI. 

4. Cetak Dokumen

Langkah terakhir dalam cara daftar merek online adalah dengan melakukan pencetakan dokumen. Karena menjadi langkah yang terakhir, DJKI akan memberikanmu kesempatan untuk meninjau seluruh isian sebelum benar-benar mengakhiri proses permohonan. 

Gunakan kesempatan ini untuk melihat kembali seluruh isian yang sudah kamu salin. Beberapa keterangan penting seperti penulisan nama dan juga alamat berikut nama merek dan juga kelas jangan sampai terdapat kesalahan. 

Selanjutnya, akhiri cara daftar merek online dengan menggunakan menu ‘kirim’. Alhasil, kamu akan segera mendapatkan bukti permohonan sekaligus melanjutkan permohonannya untuk proses pemeriksaan. 

Kamu tidak harus mencetaknya untuk menjadi dokumen fisik, tapi ingat untuk selalu menggunakan dokumen ini sebagai kelengkapan persyaratan perizinan lain. 

Pendaftaran Merek Melalui Kuasa

Dalam salah satu tahapan dari cara daftar merek online di atas, kamu menemukan salah satu dokumen pendukung yang berupa surat kuasa. Pada dasarnya, dokumen ini hanya perlu kamu lengkapi ketika mengajukan perlindungan merek melalui orang lain atau Konsultan KI. 

Biasanya, opsi pengajuan merek dengan menggunakan bantuan orang lain ini agar pengusaha tidak perlu repot lagi dengan detail-detail kecil mengenai merek. Contohnya ketika kamu memilih Jasamerek.com sebagai opsi bantuannya. 

Tidak ada lagi kekhawatiran mengenai kesalahan-kesalahan dalam proses pengisian formulir karena permohonanmu akan langsung ditangani oleh pakarnya. Kamu pun hanya perlu mengirimkan KTP dan logo merek, dan biarkan tim konsultan yang mengajukan permohonannya. 

Dengan begitu, kamu akan sangat menghemat waktu dengan fokus menjalankan strategi bisnis bersamaan dengan perlindungan merek melalui Jasamerek.com. 

Perlindungan Tepat dan Aman

Sudah paham mengenai cara daftar merek online? Atau kamu justru memilih untuk menyerahkannya pada ahli merek? Jangan sampai keliru memilih ahlinya dan serahkan urusan merek hanya kepada Jasa Perlindungan Merek terpercaya!