Status Merek: Penjelasan Lengkap Berikut Tindak Lanjutnya

Status Merek: Penjelasan Lengkap Berikut Tindak Lanjutnya

JASAMEREK.COM – Khawatir merek tiba-tiba tertolak karena tidak mendapatkan update status merek? Jangan khawatir, karena melalui artikel ini kamu akan mendapatkan penjelasan lengkap mengenai proses pemeriksaan sampai sertifikat terbit. 

Urutan Status Pendaftaran Merek

Dalam satu kali proses permohonan, sebenarnya kamu akan melewati beberapa tahapan dengan tampilan status merek sesuai proses pemeriksaan. Bahkan beberapa memerlukan tanggapan dari pemohon untuk bisa menjadi pertimbangan menuju ke status berikutnya. 

Berikut adalah beberapa kelompok status sejak merek masuk dalam proses pemeriksaan. 

1. Permohonan

Pertama adalah tahap permohonan atau ketika kamu baru saja mengirimkan data pendaftaran ke dalam sistem. Sesaat setelah permohonanmu itu terkirim, DJKI akan menempelkan status “pengajuan permohonan” pada data pendaftaran mereknya. 

jasa merek

2. Pemeriksaan Formalitas

Kelompok kedua ini telah menjadi tahapan pemeriksaan oleh DJKI, sehingga kamu bisa saja menemukan beberapa status permohonan merek contohnya yang ada di bawah ini. 

Pemeriksaan Formalitas

Arti dari keterangan ini adalah pemeriksa sedang melihat apakah dokumen yang telah terkirim lengkap atau tidak. Meskipun pada saat pengajuan kamu telah mengikuti panduan dalam sistem, tetapi apabila DJKI masih menemukan kekurangan dalam pengajuanmu maka akan berpengaruh pada status merek selanjutnya. 

Menunggu Tanggapan Formalitas

Ketika pemeriksa menemukan sebuah kekurangan dokumen dalam aplikasi pendaftaranmu, maka status inilah yang akan kamu dapatkan. Akan ada notifikasi yang kamu terima melalui sistem atau bisa juga dengan cara cek status merek secara manual. 

Tidak Ada Tanggapan Formalitas

Keterangan ini akan kamu dapatkan apabila kamu mengabaikan pemberitahuan dari DJKI sebelumnya. Arti dari keterangan ini adalah DJKI belum menerima tanggapan atau tambahan kelengkapan dokumen yang diminta. 

Tentunya, kalau kamu merasa sudah mengirimkan tapi masih mendapatkan keterangan ini maka segera lakukan konfirmasi ke DJKI agar tidak berakibat fatal. 

Dianggap Ditarik Kembali

Ini dia akibat fatal dari permohonan DJKI yang kamu abaikan. Status merek dagang ini bukan merupakan berita baik karena artinya, DJKI tidak akan melanjutkan proses pemeriksaan dan merekmu tidak mendapatkan perlindungan. 

3. Pengumuman

Kelompok berikutnya adalah mengenai publikasi merekmu. Pada dasarnya, kelompok ini bertujuan agar pemilik merek lain dan masyarakat luas bisa mengetahui adanya pendaftaran merek baru. Berikut mengajukan keberatan apabila merasa terganggu. 

Berikut adalah beberapa keterangan yang mungkin akan kamu dapatkan dalam kelompok pengumuman. 

Masa Pengumuman

Selain membuka kemungkinan adanya keberatan dari masyarakat luas, status merek ini juga berarti kalau dokumen persyaratan telah memenuhi standar. 

Menunggu Keberatan/Sanggah

Esensi dari adanya pengumuman adalah untuk mendapatkan penilaian  selain pemeriksa DJKI. Kamu tidak perlu takut, karena pastinya DJKI akan mengirimkan notifikasi ke dalam akun merek apabila kamu mendapatkan sebuah keberatan. 

Selesai Masa Pengumuman

Keterangan selanjutnya akan menjelaskan mengenai penutupan penerimaan keberatan karena sudah melewati masa 3 bulan untuk pengumuman. 

4. Pemeriksaan Substantif

Kelompok berikutnya adalah babak penentuan dari keberhasilan merek. Hal ini karena DJKI akan memberikan keputusan mengenai keberhasilan atau kegagalan merek berdasarkan proses pemeriksaan substantif. 

Terdapat beberapa keterangan yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut. 

Pemeriksaan Substantif 1 dan 2

Seperti penjelasan di atas, proses ini akan berjalan sebanyak 2 kali sesuai dengan status proses masing-masing. Sayangnya, tidak ada notifikasi mengenai perubahan status ini, jadi usahakan untuk rutin melakukan cek status merek. 

Menunggu Tanggapan Substantif atas Usul Penolakan

Kalau mendapatkan status ini, artinya pemilik merek perlu berhati-hati sekaligus segera menyiapkan bantahan. Temukan dokumen usul tolak dalam akunmu sebagai dokumen pedoman untuk tetap mempertahankan permohonan. 

Pemeriksaan Substantif atas Usulan Penolakan

Status merek berikutnya adalah ketika kamu berhasil mengirimkan tanggapan dan telah sampai pada pemeriksa DJKI untuk dilanjutkan proses pemeriksaannya. 

Usulan Tanggapan Diterima

Kalau mendapatkan keterangan ini pada merekmu, maka kamu bisa sedikit bernafas lega karena perjuanganmu untuk meminta perlindungan merek telah berhasil!

Persetujuan Direktur untuk Ditolak Berdasarkan Oposisi

Kebalikannya, kalau kamu mendapatkan keterangan ini maka bersiaplah untuk melakukan tindakan pengamanan berikutnya melalui banding merek. 

5. Terdaftar

Kelompok terakhir adalah yang menjadi impian para pemilik merek karena merupakan akhir penantian panjang pengajuan perlindungan. Tidak serta merta tertulis status “terdaftar”, karena ternyata urutan status pendaftaran merek sebagai berikut. 

Persetujuan Direktur untuk Diberi

Status merek ini adalah bukti kalau permohonanmu sejauh ini lancar tanpa ada gangguan sama sekali. 

Persetujuan oleh Direktur untuk Daftar Sebagian Berdasarkan Oposisi

Berikutnya adalah ketika kamu pernah mendapatkan usulan penolakan tetapi kamu berhasil mempertahankan merekmu secara sebagian. Artinya, ada sebagian unsur saja dari merek yang tertolak dan sebagian lainnya dapat dilindungi. 

Persetujuan oleh Direktur untuk Daftar Seluruhnya Setelah Menerima Tanggapan

Berikutnya adalah bukti kalau kamu berhasil mengirimkan dokumen tanggapan dan dokumen tersebut telah berhasil secara keseluruhan. 

Untuk Didaftar

Status merek berikutnya adalah sebuah petunjuk kalau pengajuan merekmu sedang dipertimbangkan untuk penerbitan sertifikat. 

Didaftar  

Selamat! Karena proses panjang perlindungan merek sudah mencapai akhir. Saat ini kamu sudah menerima sertifikat sehingga hanya perlu menyiapkan proses perpanjangan nantinya.  

Status Setelah Mendapatkan Sertifikat

Selanjutnya, setelah berhasil mendapatkan status merek “didaftar”, selanjutnya jangan sampai terlewat untuk proses perpanjangannya. Segera hubungi partner Jasa Perpanjangan Merek terpercaya sejak 6 bulan sebelum merek berakhir!