Cara Menciptakan Ekuitas Merek yang Tinggi, Ini Rahasianya!

Cara Menciptakan Ekuitas Merek yang Tinggi, Ini Rahasianya!

JASAMEREK.COM – Unsur merek satu ini ternyata sangat penting! Khususnya bagi perusahaan yang sedang berusaha untuk meningkatkan penjualan. Ini dia rahasia dari cara menciptakan ekuitas merek yang tinggi untuk bisnismu. 

Pengertian Ekuitas Merek

Pertama, kamu harus memahami apa arti dari istilah ini dulu agar strategi kedepannya tepat. Arti dari ekuitas suatu merek merupakan sebuah nilai lebih suatu produk atau perusahaan dengan menggunakan perbandingan dari kompetitor lainnya. 

Untuk itu, karena masing-masing bisnis bersaing antara satu sama lain khususnya dalam mendapatkan pelanggan, maka ekuitas dari suatu merek ini menjadi sangat penting. 

Banyak perusahaan yang melancarkan strategi-strategi khusus agar bisa meningkatkan ekuitas mereknya. Bahkan bukan sembarangan nilai saja, karena semua pengusaha tentu menginginkan nilai yang baik untuk perusahaannya. 

jasa merek

Sayangnya, hal ini bukan merupakan usaha yang mudah. Karenanya, pengusaha perlu mempelajari beberapa hal berikut untuk mendapatkan nilai yang baik. 

Cara Menciptakan Ekuitas Merek yang Tinggi

Ini dia beberapa rahasia sukses yang bisa kamu tiru untuk bisnismu agar ekuitas merek bisa semakin meroket. 

1. Identitas yang Kuat

Pertama kamu perlu membuat sebuah identitas yang kuat lebih dulu. Caranya adalah dengan membuat sebuah brand yang menonjol. Agar berhasil, kamu perlu trik khusus yaitu dengan memahami kebutuhan dari pasar. 

Semakin kenal dengan pelangganmu, maka akan semakin mudah kamu membuat sebuah merek yang kuat. Ingat, brand itu tidak hanya menggunakan nama saja. Ada banyak sekali unsur yang bisa kamu manfaatkan. 

Baca juga konten ini
Cara Cek Merek Dagang yang Sudah Terdaftar Secara Tepat!

Misalnya, dengan slogan atau tambahan ikon yang menarik. Apalagi kalau kamu berhasil menemukan istilah yang sedang tren atau karakter favorit saat ini. Tentu, kamu akan dengan mudah mendapatkan kesan yang baik dari pelanggan. 

2. Uji Coba Produk

Untuk bisa mendapatkan hasil yang valid, kamu perlu melakukan metode yang akurat juga. Misalnya seperti uji coba produk. Tujuan dari uji coba produk ini adalah untuk mendapatkan penilaian dari pelanggan-pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk. 

Kamu bisa meminta mereka untuk memberikan penilaian sesuai dengan kebutuhan yang ekspektasi mereka terhadap produk. Menggunakan data ini, kamu akan lebih mudah dalam menerapkan cara menciptakan ekuitas merek yang tinggi. 

Ketika dalam kegiatan tersebut kamu menemukan beberapa pelanggan yang tidak puas terhadap produk, maka segera lakukan perbaikan. Mintalah saran perbaikan dari pelanggan, lalu sampaikan kalau kamu sudah melaksanakannya. 

Cara ini tentunya akan membuat pelanggan senang karena kamu memperhatikan masukannya dengan sangat baik. 

3. Sampaikan Nilai Produkmu

Kalau pelanggan masih belum dapat menilai produkmu, maka kamu tidak perlu khawatir. Kamu akan selalu bisa menyampaikan nilai terhadap brandmu sendiri. Ceritakan mengenai keunggulan-keunggulan dari produk dan alasan apa yang mengharuskan pelanggan memilih produkmu. 

Usahakan agar pelanggan menerima pesan tersebut, dan selanjutnya pastikan kamu juga berhasil membuktikan pesan tersebut. Hindari melebih-lebihkan keunggulan produk sendiri karena hal ini justru akan menyulitkanmu di kemudian hari. 

Ingat, pelanggan saat ini sudah memiliki banyak pilihan produk, sehingga menjadi menonjol adalah wajib bagi seluruh pengusaha. 

4. Jalankan Strategi Marketing

Nah, berikutnya agar kamu bisa menyampaikan nilai-nilai penting kepada pelanggan salah satu caranya adalah dengan menjalankan strategi marketing. Tentunya agar berhasil, kamu tidak bisa melakukan strategi yang sembarangan.

Baca juga konten ini
Cara Daftar Merek Sendiri Sampai Tuntas Untuk Pengusaha!

Untuk tips keempat ini, kamu harus menjamin kalau strategi yang kamu jalankan itu benar-benar efektif. Caranya, kamu harus mengetahui lebih dulu mengenai pendekatan yang paling tepat untuk pelangganmu. 

Untuk itulah memiliki pengetahuan cukup mengenai pelanggan menjadi tugas yang sangat penting bagi pengusaha. Setelahnya, barulah kamu bisa menyusun cara-cara seperti membuat promo atau sebuah penawaran khusus. 

5. Tingkatkan Keterlibatan Konsumen

Bayangkan kalau saat ini kamu sudah berhasil berjejaring dengan konsumen, langkah berikutnya adalah dengan meningkatkan keterlibatan konsumen terhadap keputusan bisnis. 

Langkah ini cukup efektif sebagai cara menciptakan ekuitas merek yang tinggi karena selain kamu bisa mendapatkan pertimbangan khusus dari konsumen, secara bersamaan konsumen juga akan memberikan nilai yang baik pada produkmu. 

Contohnya, ketika kamu akan meluncurkan produk atau varian baru. Sebelum benar-benar melakukannya, kamu bisa sedikit meminta pendapat konsumen. Manfaatkan sosial media yang kamu miliki untuk bisa mendapatkan respon secara cepat. 

Selanjutnya, gunakan ide terbanyak dan sampaikan alasanmu memilih ide tersebut. Cara ini akan membuktikan kepada pelanggan kalau kamu peduli terhadap masukan mereka. Tentunya, pelanggan pun akan senang karena merasa terlibat terhadap keputusan perusahaan. 

6. Bangun Hubungan dan Kepercayaan

Tidak hanya berhenti dari situ saja, karena cara menciptakan ekuitas merek yang tinggi selanjutnya adalah dengan membangun hubungan dan kepercayaan terhadap para pelanggan. 

Kamu bisa melakukannya dengan menjamin kualitas dari produk. Jangan sampai kamu mengecewakan pelanggan karena terdapat kualitas yang menurun atau tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. 

Sebagai tambahan, tingkatkan juga prosedur dan kemampuan menyelesaikan masalah ketika pelanggan kurang puas dengan produkmu. 

Tingkatkan Ekuitas dengan Merek yang Terlindungi 

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata cara menciptakan ekuitas merek yang tinggi juga bisa kamu dapatkan dengan perlindungan yang maksimal. Mulai perlindungan merekmu dengan memilih Jasa Pendaftaran Merek yang sudah ahli!

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan