Cek Merek Internasional, Langkah Amankan Bisnis Luar Negeri!

Cek Merek Internasional, Langkah Amankan Bisnis Luar Negeri!

JASAMEREK.COM – Siap ekspor produk tapi sudahkah kamu cek merek internasional? Pasalnya, sebelum benar-benar mengirimkan sebuah produk ke negara orang, kamu juga harus paham mengenai keadaan pasar di negara tersebut. 

Termasuk juga mengenai penggunaan nama-nama produk dalam negara tersebut. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara melihat keadaan penggunaan nama-nama merek di luar negeri. 

Cara Cek Merek Internasional 

Ada satu hal yang harus kamu lakukan sebelum benar-benar mengirimkan produk ke luar negeri yaitu melakukan pengecekan merek lebih dulu. Hampir sama seperti yang kamu lakukan pada saat mengajukan permohonan di Indonesia. Tapi bedanya, kali ini kamu akan langsung masuk ke dalam database kantor asing. 

Ini dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk cek merek internasional. 

jasa merek

1. Tentukan Negara Tujuan

Cek merek yang akan kamu proses saat ini akan berkaitan dengan bisnis-bisnis yang berjalan di negara tertentu. Untuk itu, langkah pertama agar proses persiapan ekspor produk bisa lancar adalah dengan menentukan negara tujuan lebih dulu. 

Hal ini karena masing-masing negara akan menerapkan peraturan yang berbeda termasuk dalam hal perlindungan merek. Selain peraturan, masing-masing negara juga memiliki sistem perlindungan merek yang berbeda. 

2. Menuju Sistem Merek Negara Tujuan

Setelahnya kamu bisa segera mencari tahu mengenai sistem merek negara tersebut. Pastikan, sistem merek tersebut adalah resmi yang dikelola oleh kantor perlindungan KI. 

Ada beberapa menu yang akan kamu temui nantinya, mulai dari pengisian nama merek, kemudian identitas lain seperti kelas atau jenis barang. Beruntungnya, saat ini sistem klasifikasi sudah seragam di seluruh negara anggota WIPO. 

Jadi, kamu bisa menggunakan patokan dari sistem klasifikasi yang ada di Indonesia untuk mendukung cek merek internasional. 

3. Masukkan Identitas Merek

Setelah berhasil menemukan sistem pengecekan yang tepat, kamu bisa mulai memasukkan identitas sesuai dengan kolom yang tersedia. Gunakan penulisan merek sesuai dengan merek yang kamu gunakan di Indonesia. 

Atau, kalau kamu berniat menggunakan sebuah merek baru yang berbeda dari sebelumnya, maka ini adalah kesempatan yang tepat untuk menilai ketersediaannya di negara tersebut. 

4. Nilai Hasil Pengecekan

Beberapa saat setelah kamu memasukkan identitas merek, sistem akan menampilkan hasil pencarian. Lalu, ini dia saatnya untuk menimbang hasil pengecekan tersebut. Mudahnya, kamu bisa melihat apakah nama yang akan kamu gunakan tersebut sudah ada yang mendaftarkan di negara tujuan. 

Sistem Pengecekan Merek Dunia

Cara di atas akan memudahkanmu mendapatkan gambaran mengenai keadaan perlindungan merek di satu negara secara spesifik. Tentunya, akan bermanfaat apabila kamu berniat hanya memasarkan produk di satu negara saja. 

Tapi, kalau kamu ingin melakukan penjualan di beberapa negara, maka kamu bisa langsung menuju sistem pengecekan merek internasional secara global melalui WIPO. Bedanya, kamu akan mendapatkan data penggunaan merek dari seluruh dunia. Berikut adalah cara menggunakannya. 

1. Masuk ke Sistem Merek WIPO

WIPO adalah sebuah organisasi dunia yang mengelola berbagai kekayaan intelektual. Untuk itu, pada langkah pertama kamu harus masuk ke dalam sistem merek WIPO atau Global Brand Database. 

Sistem ini akan mengarahkanmu ke dalam pencarian merek di seluruh dunia. Pada tampilan pertama, kamu akan menemukan berbagai menu pencarian merek berdasarkan jenis-jenis khusus. 

2. Masukan Nama Merek

Jenis pencarian yang paling umum adalah menggunakan nama merek atau brand name. Kamu bisa langsung menemukan kolom untuk pencarian ini pada halaman pertama sistem merek WIPO. 

Selanjutnya, masukkan nama merek yang sama seperti merek yang kamu miliki di Indonesia atau nama yang akan kamu gunakan nantinya. Sistem akan langsung menampilkan hasil perlindungan di seluruh dunia. 

3. Hasil Pencarian

Karena merupakan organisasi dunia, maka hasil cek merek internasional yang kamu proses melalui WIPO juga akan menampilkan hasil dari seluruh dunia. Tentunya hasil yang kamu temukan akan sangat beragam dari berbagai kelas, berbagai negara asal, berikut dengan seluruh kombinasinya. 

Tapi kamu tidak perlu khawatir karena sistem canggih WIPO telah menyediakan berbagai filter untuk memudahkanmu untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik. Seperti halnya filter pencarian di halaman awal tadi, pada halaman hasil pencarian kamu juga bisa menemukan berbagai pilihan. 

Mulai dari pencarian berdasarkan tanggal pengajuan, berdasarkan negara asal, berdasarkan kelas, dan berdasarkan status perlindungannya. 

Manfaat Cek Merek Internasional

Kamu sudah memiliki dua cara untuk mengetahui potensi keberhasilan merek seperti penjelasan di atas. Selanjutnya, pastikan kamu memanfaatkan hasil pencarian tersebut secara maksimal. 

Proses ini menjadi sangat penting bahkan tidak hanya di Indonesia. Dengan memproses pengecekan luar negeri lebih dulu, kamu akan mendapatkan gambaran mengenai kondisi pasar di negara tersebut. 

Misalnya, dengan mengetahui nama-nama yang sudah digunakan, nama-nama yang ternyata sudah lama beredar atau bahkan yang baru saja melakukan kegiatan perdagangan. 

Selanjutnya, berdasarkan data ini kamu bisa mendapatkan keputusan yang tepat terkait merek. Misalnya apakah kamu akan melanjutkan ke proses pendaftaran atau justru membuat sedikit modifikasi agar lebih sesuai dengan kondisi di negara tujuan. 

Langkah Perlindungan Setelah Cek Merek

Hampir sama seperti di Indonesia, setelah melakukan cek merek internasional kamu juga masih harus memproses pendaftaran internasional. Jangan lupa, gunakan Jasa Daftar Merek terpercaya untuk pendaftaran merek luar negeri yang lebih aman.