Kelas Merek 16: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 16

Berniat untuk mendaftarkan merek usaha kamu dengan produk berupa kertas dan karton? Itu artinya produk kamu masuk ke kelas merek 16. Namun, bukan hanya dua produk itu saja yang masuk ke kelas tersebut. 

Semua produk turunan atau yang berbahan dasar karton dan kertas juga termasuk di dalamnya. Begitu juga semua barang cetakan, alat tulis, perlengkapan seni hingga bahan ajar. 

Supaya tidak salah memilih kelas, kamu bisa cek dulu apa saja yang termasuk di merek dagang kelas 16 ini. 

Jenis Barang dan Contoh Kelas Merek 16

Ada satu cara supaya kamu tahu secara pasti kelas merek sesuai produk atau usaha yang dimiliki. Caranya adalah cek kelas merek melalui Jasa Merek, kamu bisa klasifikasi merek secara detail dan pasti. 

Mengecek merek ini penting supaya terhindar dari penolakan ketika kamu mendaftarkan merek ke DJKI. Berikut ini apa saja yang termasuk kelas merek 16 bisa kamu kenali. 

1. Lukisan cat air 

Produk ini bermanfaat untuk membuat ilustrasi, lukisan transparan pada media kertas yang berpori. Bahannya terdiri dari pigmen dan juga air sehingga membuat hasilnya tampak seperti warna transparan. 

Contoh merek yang ada di pasaran saat ini seperti cat air Joyko, Winsor & Newton Cotman, Faber Castell, Van Gogh Watercolor, Sakura Koi dan masih banyak lagi. 

2. Buku Kwitansi

Buku ini berupa lembaran kertas yang berfungsi sebagai tanda terima bukti pembayaran. Kwitansi biasanya dimiliki perorangan maupun bisnis untuk mencatat transaksi. 

Masuk sebagai sistem klasifikasi merek 16, ada banyak mereknya seperti, Paperline, KIKY,  dan Sinar Dunia. 

3. Sertifikat Deposito 

Sertifikat deposito merupakan bukti penyimpanan deposito di bank. Bentuknya adalah selembar kertas yang berisi informasi nominal deposito, jatuh tempo hingga bunganya. 

Kertasnya biasanya lebih tebal dan saat ini ada banyak merek yang membuat kertas ini seperti Joyko, KIKY, dan Paperline. 

4. Palet Seniman 

Disebut juga sebagai palet lukis, fungsinya adalah untuk mencampurkan dan memudahkan aplikasi cat pada benda seni. Biasanya terbuat dari material plastik maupun kayu. 

Saat ini merek palet seniman yang banyak beredar di Indonesia seperti Deli, Armando Caruso, Graha Lukis, V-Tec, Etchr Lab, dan masih banyak lagi. 

5. Pena Tinta Gel

Pena atau pulpen gel menjadi salah satu alat tulis yang masuk ke kode kelas merek 16. Keistimewaan dari produk ini adalah memiliki warna tintanya yang bervariasi dengan ukuran lancip 0,5. 

Ada banyak merek pena tinta gel di pasaran yaitu pulpen gel Deli, Sakura, Joyko, Zebra, Snowman, Uniball, Pentel, ARTLINE, dan masih banyak lagi. 

6. Kertas Tempel 

Kertas tempel ini biasanya bermanfaat untuk memberikan note atau penanda sebagai pengingat. Produk ini tersedia dalam berbagai ukuran yang relatif kecil dan mudah dilepas pasang dengan warna-warna terang menarik. 

Contoh dari kertas tempel antara lain Joyko, Sunning mall. J2, Montana, Satu Keluarga. Banyak orang menyebut produk ini sebagai sticky note. 

7. Lem Kertas

Produk alat perekat yang bentuknya bisa berupa cairan maupun gel yang kental untuk menyatukan kertas. Meskipun bentuknya berbeda tetapi produk ini masuk ke kelas merek 16. 

Kamu bisa menemukan produk ini pada merek seperti KENKO, Povinal, Aica Indria, GREEBEL, 3M, UHU, Deli, Tombow, dan lainnya. 

8. Kain Kanvas untuk Lukisan 

Jenis barang kelas merek 16 ini bertujuan sebagai perangkat seni media lukis. Bukan berupa kanvas tetapi hanya bagian kainnya saja. Ciri khas dari kain ini adalah tebal dan juga bertekstur dengan warna putih atau krem. 

Beberapa mereknya yang kini ada di pasaran antara lain merek TRG, Prima, Mont Martre, ABC, Bartega, dan masih banyak lagi. 

9. Stopmap 

Stopmap merupakan bagian dari alat tulis sehingga termasuk dalam merek dagang kelas 16. Fungsi dari stopmap adalah untuk menyimpan dokumen atau file agar aman. 

Contoh produk kelas merek 16 untuk stopmap seperti, Royal, Diamond, Neuro, R&R, Kabita, and lainnya. 

Segera Daftarkan Merek Usaha Kamu dengan Jasamerek.com, Lebih Mudah!

Jangan sampai merek usaha kamu sama dengan bisnis lain sehingga berujung pada penolakan. Kamu bisa cek merek dan menggunakan jasa pendaftaran merek di Jasamerek.com agar lebih praktis. 

Kami akan memudahkan kamu untuk mendaftar merek tanpa khawatir antrian. Semua prosesnya melalui online dan kamu hanya perlu terima beres. Cek sekarang juga merek dagang kamu di Jasamerek.com. 

FAQ

Apakah kelas merek 16 termasuk alat publikasi digital?

Tidak, merek dagang kelas 16 hanya mencakup barang kertas dan cetakan. 

Apakah semua barang cetakan masuk ke kelas 16?

Sebagian besar barang cetakan ada di kelas 16 tetapi ada pengecualian seperti jenis perangkat lunak tertentu. 

Apakah barang seni yang masuk ke kelas 16? 

Semua jenis perlengkapan seni seperti kuas, tempat kuas, hingga bahan ajar seni.

Artikel Terkait
Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Ini Perbedaan UU Merek Lama dan UU Merek Baru

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Inilah Perbedaan Produk dan Merek yang Hampir Sama

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Berikut 6 Perbedaan Merek dan Logo yang Wajib Diketahui

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Mengenal Kelas Merek 39: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Hampir Sama! Ketahui Perbedaan Label dan Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek

Perbedaan Hak Cipta Hak Paten dan Hak Merek