Tips Memilih Jasa Pendaftaran Merek Tepat untuk Bisnismu!

Tips Memilih Jasa Pendaftaran Merek Tepat untuk Bisnismu!

JASAMEREK.COM – Faktanya, ada beberapa pengusaha yang justru kecewa dengan biro jasa pilihannya! Untuk itu, mendapatkan tips memilih jasa pendaftaran merek menjadi sebuah keuntungan yang bisa kamu peroleh melalui penjelasan artikel berikut. 

5 Tips Memilih Jasa Pendaftaran Merek

Selanjutnya, kamu bisa menemukan beberapa panduan untuk mencari biro jasa andalan sesuai lini bisnismu di bawah ini!

1. Legal

Tips pertama kamu harus mendapatkan layanan jasa yang sudah resmi. Artinya, mulai dari pendirian bisnis hingga penggunaan namanya sudah tercatat ke dalam sistem pemerintah. 

Caranya cukup mudah, karena kamu sudah bisa mengeceknya sendiri. Mulai dari keaslian pendirian badan usahanya melalui sistem AHU. Sistem ini akan menampilkan beberapa informasi mengenai identitas dari suatu badan usaha. 

jasa merek

Tentunya, hanya bisnis-bisnis resmi saja yang terdaftar dalam sistem. Jadi, kalau kamu tidak menemukan informasi bisnis dari calon biro jasa pilihanmu, tentu kamu perlu mencari pilihan biro jasa lainnya. 

Setelahnya, kamu juga bisa melihat bukti perlindungan nama biro jasa pada sistem perlindungan KI. Minimal, nama calon biro jasa pilihanmu sudah masuk dalam proses pemeriksaan DJKI. 

Tapi kalau tidak, maka kamu patut curiga bagaimana mereka akan melindungi bisnismu nantinya. 

2. Memiliki Pengalaman Mumpuni

Kamu pasti tidak ingin proses melindungi bisnis melalui jalur pengamanan merek justru berakhir bermasalah. Karenanya, memilih biro jasa yang berpengalaman selalu menjadi tips memilih jasa pendaftaran merek. 

Usahakan kamu bisa mendapatkan penjelasan mengenai pengalaman biro jasa pilihanmu. Caranya, bisa dari berapa lama bisnis jasa tersebut berdiri atau bisa juga dari pengalaman pelanggan yang sudah menggunakan jasa tersebut. 

3. Perbandingan Harga

Selain melakukan perbandingan seberapa lama pilihan yang satu dengan yang lain sudah berdiri, jangan lupa juga untuk membandingkan harga layanan masing-masing. Pasalnya, karena saat ini bermunculan beberapa pilihan biro jasa baru, maka kamu pun bisa mendapatkan pilihan harga yang beragam. 

Tapi, kamu sebagai konsumen selalu punya hak untuk mendapatkan layanan maksimal tapi harganya juga pas. Dengan begitu, manfaatkan hak ini dengan cara membuat perbandingan harga antara satu pilihan jasa bantuan dengan pilihan yang lain.

Ada beberapa faktor yang bisa kamu gunakan sebagai pedoman sebelum melakukan perbandingan harga. Pertama, mengenai ketepatan atau kecepatan waktu. Lalu, bisa juga dari tawaran layanan dari jasa bantuan tersebut yang dapat diberikan kepada pelanggan. 

Setelah itu, cara yang paling efektif adalah dengan menyesuaikan harga berikut kebutuhanmu. Jangan lupa juga, gunakan besaran anggaran milikmu sebagai tolak ukur ketepatan biayanya, ya!

4. Jaminan Keamanan Data Pribadi

Sebelum menggunakan bantuan jasa dari pihak lain, jangan lupa untuk memastikan keamanan data pribadimu dan juga bisnismu. Pasalnya, sepanjang proses perlindungan bisnis melalui merek ini, kamu akan menyampaikan beberapa data pribadi dan juga data usaha. 

Tentunya, data-data ini akan menjadi berbahaya ketika disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Jadi, kamu sudah memasukkan jaminan mengenai perlindungan data pribadi sebagai salah satu tips memilih jasa pendaftaran merek. 

Caranya, kamu bisa melihat pada syarat dan ketentuan masing-masing jasa bantuan tersebut pada website. Carilah penjelasan mengenai ketentuan pengelolaan data pribadi. 

Apabila terdapat penjelasan mengenai pemanfaatan data atau pengalihan data kepada pihak ketiga, maka hal ini bisa menjadi alasan kuat untuk menghindari biro jasa tersebut.

Kalau kamu tidak menemukan penjelasan apapun dalam syarat dan ketentuan, maka kamu bisa menanyakannya langsung kepada biro jasa pilihanmu itu. Tentunya, kamu memiliki hak untuk mengetahui sejauh mana pihak jasa bantuan ini akan menggunakan data-data yang kamu berikan. 

5. Bandingkan Layanan 

Tips memilih jasa pendaftaran merek terakhir dan yang paling penting adalah dengan membandingkan masing-masing keunggulan layanan. Bisa melakukan perbandingan berbagai layanan unggulan biro jasa sudah menjadi keuntungan yang kamu dapatkan karena banyaknya pilihan saat ini. 

Kalau kamu menemukan dua atau lebih bantuan jasa dengan harga yang serupa, maka agar kamu mudah membuat keputusannya, mulailah bandingkan layanan masing-masing.

Caranya, kamu bisa menuliskan daftar mengenai kebutuhan dalam proses melindungi merek. Mulai dari kecepatan, ketepatan penulisan dan juga pengejaan merek, termasuk ketepatan penyesuaian kelas sesuai bisnismu. 

Selain itu, pada saat memproses perlindungan merek, kamu tentu akan memerlukan pertimbangan atau penilaian profesional mengenai potensi keberhasilan merek tersebut. Apakah biro jasa pilihanmu itu bisa memberikan pertimbangan tersebut?

Masukkan pertimbangan ini sebagai salah satu layanan dari mereka. Bahkan mungkin kamu juga akan memerlukan panduan pasca mengirimkan permohonan pendaftaran. Mulai dari persiapan apa saja yang perlu kamu lakukan setelah permohonan terkirim,  kejadian apa yang perlu kamu antisipasi berikut tindakan untuk menanggulanginya. 

Apakah biro jasa pilihanmu akan menyediakan layanan pasca permohonan perlindungan merek? Kalau iya, maka jangan ragu lagi karena layanan ini akan mendukung tips memilih jasa pendaftaran merek yang paling sesuai dengan bisnismu!

Mendapatkan Jasa Bantuan yang Paling Tepat

Sudah menerapkan tips memilih jasa pendaftaran merek di atas tapi kamu masih bingung menentukan pilihan? Jangan khawatir, karena sekarang sudah ada Jasa Pendaftaran Merek yang akan menjawab segala kebutuhan mengenai perlindungan merekmu!