Cara Mengurus HKI untuk Merek di Luar Negeri secara Resmi!

Cara Mengurus HKI untuk Merek di Luar Negeri

JASAMEREK.COM – Bisnismu sukses hingga mancanegara? Jangan lewatkan cara mengurus HKI untuk merek di luar negeri juga! Karena faktanya, perlindungan sebuah merek hanya berlaku secara terbatas. Untuk itu, perhatikan petunjuk yang ada pada artikel di bawah ini. 

Langkah-Langkah Mengurus HKI Luar Negeri

Tujuannya adalah agar bisnismu tetap aman dimanapun kamu menjalankannya, maka ada tahapan yang perlu kamu lalui sebelumnya. Berikut adalah beberapa tahap dari cara mengurus HKI untuk merek di luar negeri. 

1. Miliki Bukti 

Belum pernah daftar merek di luar negeri lalu bukti seperti apa yang harus ada? Langkah pertama agar merek milikmu masuk juga dalam perlindungan negara tujuan, kamu harus lebih dulu membuktikan keberadaan bisnis milikmu di Indonesia dengan memiliki bukti pendaftaran dari Indonesia. 

Hal ini karena persyaratan pendaftaran merek internasional yang akan menjadi pemeriksaan pertama kali merupakan bukti kepemilikan di Indonesia. Karena sistem perlindungan merek terhubung satu sama lain, maka sistem nantinya bisa membaca kepemilikian merekmu pada negara asal. 

Lebih lanjut, untuk memasukkan permohonan kepada negara tujuan, kamu harus menggunakan akun merek pada saat pendaftaran. 

2. Siapkan Dokumen

Selain bukti kepemilikan merek negara asal, pastikan kamu juga telah melengkapi dokumen lainnya. Lebih banyak daripada dokumen yang kamu perlukan untuk mendaftar di Indonesia, kali ini kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk bisa memulai pemeriksaan pada kantor pengelolaan KI negara tujuan. 

Baca juga konten ini
Pendaftaran Merek Internasional: Pengertian dan Prosesnya

Pada cara mengurus HKI untuk merek di luar negeri, akan memerlukan formulir tambahan sesuai dengan kebutuhan pada negara tujuan. Untuk ini mungkin kamu akan memerlukan bantuan dari jasa konsultasi pendaftaran merek internasional sehingga tidak ada kesalahan pada saat mengisinya. 

Pada umumnya kamu akan membutuhkan dua jenis formulir. Satu adalah berupa formulir wajib lalu yang kedua adalah dokumen yang bersifat opsional tergantung negara tujuanmu. Untuk dokumen formulir wajib tentunya akan berbeda pada saat mengajukan perlindungan di Indonesia. 

Sedangkan jenis kedua yang bersifat opsional memiliki pilihan dua formulir lainnya berdasarkan negara yang kamu tuju. Satu dokumen khusus untuk negara-negara di Eropa dan lainnya adalah untuk Amerika Serikat. 

3. Pembayaran

Cara mengurus HKI untuk merek di luar negeri berikutnya adalah wajib karena berkaitan dengan proses pembayaran. Biaya pendaftaran merek internasional tentunya akan berbeda dari pendaftaran biasa. 

Bahkan di dalam sistem nantinya kamu akan menemukan aplikasi atau cara tambahan untuk menentukan pembayaran yang harus kamu berikan nantinya. Penghitungan ini berdasarkan ketentuan masing-masing negara dan juga jumlah merek yang kamu mohonkan. 

Karenanya, mulailah mempersiapkan diri dengan mencari informasi tentang besaran biaya pada masing-masing negara. 

4. Kirimkan Permohonan

Sudah yakin dengan seluruh kelengkapan di atas? Maka sekarang akan menjadi saat yang tepat untuk mengirimkan permohonannya. Setelah seluruh persyaratan lengkap, kamu hanya perlu waktu beberapa menit saja untuk mengirimkan permohonan. 

Selanjutnya, seperti proses yang ada di Indonesia, kali ini kamu juga harus melewati proses pemeriksaan. Hanya ada satu perbedaan yaitu pada kewenangan pemeriksaannya oleh kantor perlindungan KI negara tujuan.

Tips Pendaftaran Merek Luar Negeri

Tahukah kamu pengusaha bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan pendaftaran merek internasional dengan memastikan perlindungannya? Karenanya, perhatikan dulu rekomendasi berikut untuk permohonan yang sukses. 

Baca juga konten ini
Cara Perusahaan Mengendalikan Pasar Melalui Merek

1. Pengecekan Lebih Dulu

Kiat sukses untuk cara mengurus HKI untuk merek di luar negeri adalah berdasarkan hasil pengecekannya. Sama halnya ketika kamu berencana melindungi merek di Indonesia. 

Karena proses pemeriksaan memerlukan kiat berbeda di masing-masing negara, untuk bisa mengamankan merek di seluruh negara tujuanmu, maka lakukan proses pengecekan ini secara global. 

Caranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pengelolaan merek dunia dari WIPO. Selanjutnya, maksimalkan dengan mengolah rekomendasi hasil pengecekan berdasarkan WIPO. 

Hasil dari pengecekan ini bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan ketika kamu berencana mengembangkan bisnis di negara lain. 

2. Lakukan Pendaftaran dengan Segera

Selesai dengan proses pengecekan, tips sukses dari cara mengurus HKI untuk merek di luar negeri lainnya adalah dengan secepatnya mengamankan kepemilikan merekmu di Indonesia dulu. 

Bahkan akan lebih baik kalau kamu sudah berhasil menyelesaikan proses pemeriksaan di Indonesia. Atau, ketika kamu sudah berhasil mendapatkan sertifikat.  

Dengan begitu, ketika terjadi masalah pada saat pengajuan merek di negara lain yang menjadi tujuan pengembangan bisnis, setidaknya kamu masih mendapatkan perlindungan di Indonesia. 

3. Dapatkan Rekomendasi dari Ahli

Cara mengurus HKI untuk merek di luar negeri ini sangat berbeda dengan ketika kamu berusaha mendapatkan bukti perlindungan dari Indonesia. Karenanya, jangan ragu untuk mendapatkan bantuan dari konsultan terpercaya agar proses pengembangan bisnis milikmu menjadi lancar. 

Dengan bantuan ahli kamu bisa menanyakan terkait trik-trik khusus baik mengenai proses perlindungan di Indonesia dan bahkan di negara lain. Kamu juga bisa mendiskusikan hasil pengecekan sebelumnya untuk mendapatkan rekomendasi terbaik. 

Dapatkan Bukti Kepemilikan Merek Sekarang!

Karena cara mengurus HKI untuk merek di luar negeri pertama kali dengan cara mendapatkan bukti kepemilikan, maka sekarang menjadi saat paling tepat untuk  memilih Jasa Pendaftaran Merek yang bisa menjamin kemudahanmu untuk mengembangkan bisnis!

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan