Tiru! Contoh Surat Tanggapan Keberatan Penolakan Merek Ini

contoh surat tanggapan keberatan penolakan merek

JASAMEREK.COM – Tiba-tiba dapat surat berisi berita buruk dari DJKI? Tenang, karena mungkin inilah saat yang tepat untukmu menggunakan contoh surat tanggapan keberatan penolakan merek. 

Kalau kamu khawatir melakukan kesalahan dalam memanfaatkan dokumen tersebut, maka artikel ini akan sangat membantumu. 

Kewajiban Pengusaha Ketika Mendapatkan Penolakan

Merek yang sedang kamu proses perlindungannya, sangat mungkin tiba-tiba mendapatkan surat penolakan dari DJKI. Tapi ketika kamu mendapatkannya, jangan buru-buru panik. 

Karena ada hal yang harus kamu lakukan lebih dulu. Pengusaha memiliki kewajiban untuk mengirimkan tanggapan terkait berita buruk tersebut. Tujuannya adalah agar DJKI mendengar pendapatmu lebih dulu untuk bisa melanjutkan pemeriksaan. 

Menjadi wajib ketika kamu berniat untuk terus menggunakan merek tersebut. Apalagi kalau kamu sudah memiliki bayangan menjalankan bisnis yang lebih besar di kemudian hari. 

Tentunya, mengirimkan pertimbangan tambahan melalui tanggapan ini akan menjadi sebuah langkah yang strategis. Tapi ingat, untuk bisa berhasil mendapatkan manfaat dari dokumen berikut, kamu juga perlu kiat-kiat khusus. 

Menyiapkan Dokumen Tanggapan

Meskipun kali ini kamu sudah mendapatkan contoh surat tanggapan keberatan penolakan merek dari sumber yang terpercaya, namun kamu harus paham kalau dokumen seperti ini bersifat pribadi. 

Artinya, tidak semua contoh itu akan cocok kalau kamu gunakan pada penolakan yang kamu terima. Untuk itu, lakukan tips di bawah ini agar kamu berhasil membuat surat tanggapanmu sendiri. 

1. Perhatikan Tanggal

Poin penting yang sangat berpengaruh ketika mengirimkan tanggapan adalah kesesuaian tanggal. Pasalnya, setiap surat penolakan yang kamu terima dari DJKI memberikan batasan waktu pengiriman tanggapannya. 

Baca juga konten ini
Daftar HAKI Sekarang untuk Bisnis Sukses Kemudian!

Karena alasan yang sama, DJKI juga menuliskan tanggal surat tersebut. Meskipun pada umumnya terjadi ketidaksesuaian tanggal surat dan tanggal penerimaan, namun pastikan kamu sudah mencatat tanggal kamu menerima surat penolakan pertama kali. 

Lalu, dalam surat tanggapan yang akan kamu buat nantinya jangan lupa untuk menjelaskan mengenai tanggal surat penolakan dan juga tanggal penerimaan surat tersebut. 

Tekankan juga mengenai batas waktu dari DJKI agar nantinya bisa menambah penilaian tentang merekmu. 

2. Kesesuaian Identitas Merek

Tidak tertulis pada contoh surat tanggapan keberatan penolakan merek, namun kamu harus melakukan pengecekan pada kesesuaian identitas merek. Bukan hanya merekmu saja, tapi kamu juga perlu melakukan pengecekan pada merek pembanding. 

Perhatikan mengenai nomor permohonan kedua merek, berikut kelompok perlindungannya. Akan lebih baik lagi kalau kamu memiliki data mengenai batas waktu perlindungan merek pembanding. 

Untuk bisa membuat surat tanggapan yang berkualitas, kamu harus berhasil mengolah informasi-informasi dasar mengenai merek. 

3. Alasan Penolakan

Penjelasan alasan penolakan pada surat yang kamu terima sebenarnya sudah lebih dari cukup. Kamu bisa mengolah berbagai informasi dan juga bukti-bukti pendukung hanya berdasarkan alasan penolakan ini. 

Terlebih, DJKI biasanya juga akan melampirkan pasal tertentu yang menjadi dasar penolakan. Dari sini kamu bisa mengumpulkan bukti berdasarkan hukum dan juga berdasarkan alasan dari penilaian DJKI tersebut. 

Misalnya, ketika DJKI menilai kalau merekmu terlalu mirip dengan merek lain, kamu bisa menjelaskan mengenai perbedaannya secara lebih lanjut. Beruntung, tidak ada batasan khusus mengenai bagian penjelasan ini kamu bisa menuliskan apa saja yang menurutmu bisa menambahkan perbedaan. 

4. Bukti-Bukti

Kamu hanya bisa meniru format penulisan dari contoh surat tanggapan keberatan penolakan merek. Untuk bukti-bukti pendukung, kamu tetap harus melengkapinya secara mandiri. 

Baca juga konten ini
Tips Mendaftarkan Merek Langsung Lolos Pemeriksaan!

Terlebih hanya kamu yang memahami mengenai merek milikmu. Tapi jangan khawatir apalagi kalau kamu sudah memahami tentang alasan penolakan dari DJKI. Tips sukses berikutnya adalah kamu harus bisa meyakinkan DJKI kalau alasan pendaftaran merek itu sudah berdasarkan niatan yang baik. 

Atau kamu juga bisa mendapatkan saran dari seorang ahli mengenai bukti-bukti apa saja yang perlu kamu lengkapi untuk mendukung surat tanggapan ini. Berikutnya kamu bisa lebih terarah dalam mengumpulkan berbagai bukti-bukti tersebut.

Mengirim Dokumen Tanggapan

Sudah yakin dengan contoh surat tanggapan keberatan penolakan merek milikmu? Inilah saatnya kamu untuk mengirimkan dokumen tersebut. Bukan mengirim melalui pos ya! Karena ada menu khusus pengiriman tanggapan pada aplikasi merek. 

Pertama, gunakan akun yang sama pada saat pendaftaran. Kamu bisa menggunakan akses yang kamu gunakan untuk pendaftaran sebelumnya. Namun, kali ini kamu bisa langsung menuju pada menu pasca permohonan. 

Menu ini khusus untuk kamu gunakan dalam proses pengurusan layanan-layanan setelah permohonan masuk. Karena data tentang merek dan juga pemiliknya sudah ada dalam sistem, maka kamu tidak perlu lagi melakukan pengisian mulai dari awal. 

Berikutnya pilih layanan khusus untuk “hearing”. Hal ini karena surat tanggapan adalah untuk memberikan pertimbangan lain agar DJKI memberikan penilaian yang berbeda. Selesai dengan proses hearing ini DJKI akan melanjutkan proses pemeriksaan dengan tambahan poin pembelaan darimu. 

Jangan lupa untuk melampirkan dokumen dan juga catatan khusus mengenai permohonan tersebut dan selanjutnya tekan “kirim”.

Mendapatkan Tanggapan Penolakan dengan Mudah

Masih bingung menerapkan contoh surat tanggapan keberatan penolakan merek? Mungkin inilah saat yang tepat untuk bantuan Usulan Penolakan Merek agar pengiriman dokumen penting ini tidak melewati batas waktu!

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan