Cara Membuat Merek Dagang yang BaikAgar Bisnis Selamat!

Cara Membuat Merek Dagang yang Baik, Agar Selamat Berbisnis!

JASAMEREK.COM – Tidak cukup hanya menarik, karena merek itu juga harus sesuai aturan! Untuk itu, kamu perlu menguasai cara membuat merek dagang yang baik sesuai dengan penjelasan pada artikel berikut. 

Tahap Pembuatan Merek Dagang yang Baik

Apa saja poin-poin penting yang perlu kamu lakukan untuk menciptakan sebuah nama yang berhasil? Tidak cukup satu, tapi lakukan beberapa langkah di bawah ini agar kamu sukses mendapatkan nama dagang!

1. Riset Merek

Langkah pertama harus dimulai dengan adanya penelitian. Nyatanya, melakukan penelitian juga tidak cukup hanya dengan satu tahap saja apalagi khusus untuk merek. Mulai dari pencarian nama, kemudian pencarian aturan tentang penggunaan merek. 

Riset berkaitan dengan pemilihan nama bisa menggunakan laman pengelolaan merek dari DJKI. Dari situ kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai nama-nama terdaftar. 

jasa merek

Tentunya, melalui cara di atas kamu bisa mendapatkan inspirasi atau justru ide untuk mengganti nama merek. 

Tapi, karena mendapatkan sebuah ide unik ternyata belum cukup, maka pastikan kamu juga sudah menguasai mengenai aturan tentang sebuah merek tersebut. Mulai dengan ketentuan-ketentuan dalam penggunaan merek. 

Lalu gabungkan dengan hasil pencarian nama sebelumnya, sehingga kamu berhasil menciptakan sebuah nama yang kuat. Selanjutnya, jangan lupa juga untuk mempelajari mengenai tahapan perlindungan merek sehingga nantinya tidak ada masalah ketika mengajukan perlindungannya. 

2. Merek yang Mudah 

Cara membuat merek dagang yang baik berikutnya adalah dengan memastikan merek tersebut mudah. Arti dari mudah disini adalah mudah dalam mengucapkan dan mudah dalam mengingatnya. 

Merek yang mudah, tentu akan lebih dikenal oleh masyarakat dibandingkan dengan merek yang rumit. 

Dengan begitu, kamu bisa mencoba untuk menemukan beberapa opsi pilihan nama yang sederhana. Tentukan pilihan dengan nama yang paling sederhana sehingga pelanggan bisa langsung mengingatnya. 

3. Mengenalkan Produk 

Menentukan sebuah merek yang baik bisa melalui kemudahannya dalam memperkenalkan produk. Artinya, ketika seorang pelanggan melihat merekmu maka mereka bisa langsung mengenali produk apa yang kamu tawarkan. 

Karena itu, kamu bisa memilih sebuah nama yang berkaitan dengan produk. Meski begitu, jangan hanya menggunakan satu kata yang berkaitan dengan produk saja. Karena hal ini ternyata kurang baik apabila digunakan dalam merek. 

Menurut sebuah aturan dalam pembuatan nama merek, kamu tidak boleh hanya menggunakan sebuah kata yang berkaitan dengan produk atau hanya menuliskan nama produknya saja.

Karena hal itu tidak menunjukkan pembeda terhadap produk. Artinya, semua produsen yang sama bisa saja menggunakan nama tersebut. Alhasil, kalau kamu berniat mengambil sebuah kata yang berkaitan dengan produk, maka sebisa mungkin untuk tetap membuat satu kata tambahan yang unik. 

4. Tambahkan Logo

Karena bisa terdiri dari banyak unsur pada merek, maka jangan lupa untuk menambahkan logo sebagai salah satu cara membuat merek dagang yang baik. Faktanya, selain menarik perhatian pelanggan dari panggilan produk, kamu pun bisa menarik pelanggan dari segi visual.

Tuangkan kreativitasmu dengan memanfaatkan warna-warna dan karakter yang bisa mendukung identitas dari produk. Dengan begitu, mendapatkan banyak pelanggan bukanlah hal yang sulit. 

5. Tambahkan Slogan

Sama halnya dengan menambahkan logo, kamu pun juga bisa memasukkan slogan sebagai salah satu cara membuat merek dagang yang baik. Hal ini karena slogan bisa menarik pelanggan dari segi audio. 

Sekarang ini, banyak sekali merek-merek besar yang justru terkenal karena penyebutan slogannya secara masif. Jadi, kamu juga bisa meniru cara sukses ini. Pilihlah rangkaian kata yang unik dan kreatif. 

Semakin unik kata tersebut, tentu pelanggan akan semakin mudah mengingatnya. Dengan begitu, merekmu pun akan semakin populer. 

6. Evaluasi Seluruh Unsur

Karena di awal tadi kamu sudah melakukan riset mengenai ketentuan-ketentuan tentang merek, maka jangan lupa untuk melakukan evaluasi terhadap kombinasi dari seluruh unsur-unsur tersebut.

Fungsi dari evaluasi adalah agar kamu bisa mengetahui potensi keberhasilan sebuah merek bukan hanya di pasar, tetapi juga ketika kamu memprosesnya untuk mendapatkan perlindungan di DJKI. 

Alhasil, kamu akan berhasil merajai pasar sekaligus berhasil mendapatkan perlindungan dari DJKI. 

7. Proses Perlindungannya

Karena kamu sudah memiliki ilmu mengenai cara membuat merek dagang yang baik, tentu sekarang merupakan saat paling tepat untuk bisa mendapatkan perlindungan. Apalagi, proses perlindungan ini tidak bisa sekali jadi. 

Kamu perlu melewati berbagai proses pemeriksaan panjang hingga berbulan-bulan untuk bisa mendapatkan sebuah dokumen sertifikat. Belum lagi kemungkinan-kemungkinan gangguan seperti laporan dari pengusaha-pengusaha lain yang keberatan atas pendaftaran merekmu. 

Bahkan semakin lama kamu menunda proses perlindungannya, maka akan semakin tinggi pula merekmu direbut oleh pengusaha lainnya. Kalau hal itu sudah terjadi, maka kamu harus mengulang proses persiapan sebuah nama sejak awal lagi. 

Satu-satunya proses perlindungan adalah dengan mengajukan pendaftaran. Hasilnya, kamu akan mendapatkan bukti permohonan lebih dulu sembari petugas melakukan pemeriksaan dan setelahnya barulah DJKI akan menerbitkan sertifikat. 

Perlindungan Merek Melalui Bantuan Ahli

Kalau kamu sudah menguasai cara membuat merek dagang yang baik, berikutnya kamu bisa mendapatkan bantuan ahli untuk proses perlindungannya. Dapatkan bantuan ahli terpercaya melalui Jasa Pendaftaran Merek!