Cara Membuat Surat Perjanjian Lisensi Merek Dengan Mudah

cara membuat surat perjanjian lisensi merek

JASAMEREK.COM – Pastinya kamu sudah sering mendengar kalau merek bisa menjadi sarana investasi. Salah satunya adalah dengan cara membuat surat perjanjian lisensi merek. 

Simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan kemudahan dalam membuat surat perjanjian lisensi merek. 

Perjanjian Lisensi Merek Dagang

Setiap penggunaan merek secara bersama-sama atau lebih dari satu orang, perlu membuat sebuah dokumen perjanjian. Fungsinya adalah untuk menghindari adanya perebutan merek di kemudian hari. 

Begitupun dengan dokumen perjanjian lisensi ini. Surat perjanjian merupakan sebuah dokumen resmi untuk menjelaskan mengenai kesepakatan antara dua orang atau lebih. 

jasa merek

Secara spesifik, perjanjian lisensi adalah kesepakatan dalam penggunaan merek. Atau secara sederhana adalah sebuah legalitas yang mengikat antara dua orang atau lebih. Pihak-pihak disini adalah yang berkaitan dengan pemilik merek dan calon penerima izin. 

Termasuk di dalam dokumen ini juga para pihak bisa menuliskan mengenai kesepakatan tentang pembayaran dan batasan wewenang menggunakan merek. Di bawah ini adalah tahapan yang bisa kamu lakukan untuk membuat dokumen perjanjian tersebut.  

Cara Membuat Surat Perjanjian Lisensi Merek

Sebagai sebuah dokumen penting, pembuatan dokumen perjanjian merek juga tidak boleh sembarangan. Ada tahapan yang harus kamu selesaikan seperti di bawah ini:

1. Pendaftaran Merek

Lisensi adalah terbatas pada merek yang terbukti terdaftar. Sehingga, apabila kamu sudah memiliki bayangan mendapatkan keuntungan melalui lisensi, segera amankan merekmu melalui proses pendaftaran

2. Siapkan Dokumen

Dokumen disini bisa menjadi pedoman sekaligus pemenuhan persyaratan dalam membuat surat perjanjian lisensi ini. Lengkapi bukti pendaftaran merek atau sertifikat yang sudah terbit. 

Kemudian dokumen perjanjian yang sudah ditandatangani oleh para pihak. Selanjutnya juga formulir dan juga pernyataan-pernyataan yang dipersyaratkan dalam sistem. 

3. Diskusikan dengan Partner Bisnis

Sebelum membuat sebuah dokumen perjanjian, penting untuk melakukan diskusi lebih dulu bersama partner bisnis calon penerima lisensi. Kamu bisa membicarakan mengenai besaran biaya, jangka waktu, dan juga batasan penggunaan dari merek tersebut. 

Setelah kamu berhasil melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya adalah menuangkan isi diskusi tersebut ke dalam dokumen perjanjian. Berikut adalah isian wajib dalam perjanjian lisensi.  

Kelengkapan Perjanjian Lisensi Merek 

Dari seluruh rangkaian cara membuat surat perjanjian lisensi merek, pertama kali kamu perlu menyusun mengenai isi dalam surat perjanjian tersebut. Berikut ini adalah data yang harus ada dalam dokumen perjanjian lisensi milikmu:

1. Identitas Para Pihak 

Pada bagian pertama, kamu perlu menjelaskan tentang pihak yang terlibat. Tentunya, yang harus kamu masukkan adalah penjelasan mengenai identitas pihak-pihak tersebut. 

Secara umum, pada bagian ini akan tertulis informasi mengenai pemilik merek atau pihak yang bisa menggunakan merek. Satu lagi adalah pihak yang akan menjadi penerima izin. 

2. Penjelasan tentang Merek

Selanjutnya jangan lupa untuk menuliskan penjelasan secara lengkap tentang merekmu. 

3. Batasan Penggunaan

Ada lagi yang tidak kalah penting adalah mengenai batasan penggunaan dari merek itu sendiri. Pastikan kamu sudah menjelaskan mengenai sejauh mana merekmu dapat digunakan. 

4. Jangka Waktu

Penting juga untuk menjelaskan mengenai jangka waktu. Tuliskan sampai kapan kebebasan penggunaan merek tersebut. 

5. Biaya

Terakhir, adalah penjelasan mengenai biaya yang harus dibayarkan atas pemberian izin ini. 

Setelah menyusun isi dari perjanjian, ada tahap lanjutan yang tidak kalah penting. Yaitu mengirimkannya ke DJKI. Hal ini adalah langkah wajib dari cara membuat surat perjanjian lisensi merek.

Membuat isian seperti penjelasan di atas tidak bisa sembarangan. Apalagi peraturan perundang-undangan juga sudah mengatur mengenai hal-hal yang harus ada dalam perjanjian. 

Sehingga, selain memahami isian sebuah dokumen perjanjian, penting juga untuk mempertimbangkan bantuan dari seorang ahli. Misalnya seperti jasa pembuatan surat perjanjian lisensi merek. Di bawah ini adalah pilihan yang bisa kamu ambil.

Jasa Pembuatan Perjanjian Lisensi Merek Jasa Merek

Sekarang sudah ada solusi untuk kamu yang ingin mendapatkan cara membuat surat perjanjian lisensi merek dengan mudah. Ikuti langkah di bawah ini untuk mendapatkan kemudahannya.

1. Mulai dengan Masuk JasaMerek.com

Mulai dengan Masuk JasaMerek.com

Awali dengan masuk ke dalam halaman utama dari JasaMerek.com. Dari sini kamu akan menemukan beberapa pilihan menu untuk perlindungan merek. Selanjutnya, pilih menu “Services” sampai menunjukkan beberapa pilihan menu lainnya. 

2. Pilih “Perjanjian Lisensi Merek”

Pilih “Perjanjian Lisensi Merek”

Setelah itu, kamu akan menemukan tampilan seperti gambar di atas. Sekarang kamu sudah berada pada prosedur yang tepat untuk segera mendapatkan bantuan cara membuat surat perjanjian lisensi merek. 

Pastikan pilihanmu dengan memilih menu “Bantu Buat Perjanjian Lisensi Merek”. 

3. Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Sebelum mendapatkan bantuan dari ahlinya, perhatikan dulu mengenai syarat dan ketentuan berikut. Pada bagian ini kamu bisa mempelajari tentang keuntungan yang akan kamu dapatkan berikut total biaya yang harus kamu bayarkan untuk bisa mendapatkan bantuan jasa tersebut. 

Setelah memahami tentang ketentuannya, kamu bisa lanjutkan prosesnya dengan berkonsultasi langsung bersama ahlinya. 

4. Konsultasi Secara Langsung

Konsultasi Secara Langsung

Langkah selanjutnya adalah yang paling kamu tunggu. Untuk memastikan dokumen perjanjian yang kamu buat sudah benar-benar sesuai, JasaMerek.com akan memberikanmu kesempatan untuk berdiskusi secara personal. 

Membuat Perjanjian Lisensi Merek dengan Ahlinya

Setelah memahami cara membuat surat perjanjian lisensi merek, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan bantuan ahli dalam membuat perjanjian lisensi merek dari jasa pembuatan surat perjanjian lisensi merek di JasaMerek.com.