Cara Pengajuan Keberatan Merek untuk Hindari Aksi Penjiplak!

Cara Pengajuan Keberatan Merek untuk Hindari Aksi Penjiplak!

JASAMEREK.COM – Cara pengajuan keberatan merek merupakan satu langkah agar nama bisnismu menjadi satu-satunya. Dengan menjadi satu-satunya, kamu tentu tidak perlu khawatir kehilangan pelanggan. 

Untuk itu, artikel berikut akan memberikanmu panduan mudah agar menjadikan merekmu eksklusif dan satu-satunya. 

Arti Keberatan pada Pendaftaran Merek

Mengajukan keberatan adalah salah satu fasilitas atau keuntungan ketika menjadi pemilik merek. Cara pengajuan keberatan merek ini juga cukup mudah. Pasalnya, ketika kamu berhasil mendapatkan bukti pendaftaran merek, kamu akan mendapatkan kendali untuk mencegah pendaftaran merek lainnya. 

Bahkan DJKI akan menjadikan pendapatmu sebagai pertimbangan besar untuk menilai pendaftaran merek lainnya. 

Jadi, kalau dari penjelasan di atas artinya kamu harus punya bukti pendaftaran merek dulu. Selanjutnya, kamu perlu melakukan pemeriksaan terhadap pendaftaran-pendaftaran baru. Lalu, kamu juga harus memberikan pertimbangan terhadap pendaftaran-pendaftaran baru itu. 

Belum lagi, kamu juga harus secara rinci menyampaikan alasan dari keberatan itu. Meskipun DJKI juga tidak membatasi berapa banyak merek yang akan kamu cegah pendaftarannya, tapi karena ada biaya yang harus kamu bayarkan, maka mengirimkan dengan cermat akan sangat membantu. 

Setelah itu pun kamu masih harus mengirimkan dokumen keberatan melalui sistem dengan membayarkan PNBP. Terakhir, kamu juga harus memantau hasil dari pengiriman keberatan itu. 

Lalu, apakah ada cara pengajuan keberatan merek dengan mudah? Cek penjelasan berikutnya. 

Jasa Pembuatan Surat Keberatan Penolakan Merek

Untuk cara pengajuan keberatan merek dengan mudah, kamu bisa mengikuti panduan berikut ini. 

1. Mulai dengan JasaMerek.com

Jasa Pembuatan Surat Keberatan Penolakan Merek

Mulailah dengan masuk ke halaman utama dari JasaMerek.com. Dari sini kamu akan mendapatkan pilihan bantuan jasa langsung dari ahlinya. Mulai dari awal perlindungan, hingga mencegah adanya si peniru. 

Inilah yang kamu butuhkan. Sebuah bantuan untuk mengajukan surat keberatan penolakan merek. Tentunya, dengan membuat sebuah surat keberatan dengan tepat, biaya yang kamu keluarkan tidak menjadi sia-sia. 

Untuk bisa melanjutkan prosesnya, pilih menu Services yang selanjutnya akan menampilkan pilihan layanan secara otomatis. Di tahap ini kamu bisa memilih “Surat Keberatan Merek”.

2. Menu Surat Keberatan Merek

Menu Surat Keberatan Merek

Kalau dari penjelasan di atas, untuk bisa menghadang peniruan, mulai dari persiapan, penyusunan dokumen, sampai pengirimannya akan menjadi sangat penting. 

Untuk itu, pendampingan dengan ahli akan sangat membantu kebutuhanmu kali ini. Dengan menggunakan bantuan dari JasaMerek.com, kamu akan mendapatkan paket lengkap. 

Mulai dari penyediaan surat keberatan dengan penyusunan argumen dan bukti yang tepat, sampai pendampingan oleh ahli untuk mendapatkan seluruh bantuan tersebut. 

Selanjutnya, kalau kamu sudah setuju dengan tawaran layanannya, maka proses berikut akan mengarahkanmu pada tahapan yang tidak kalah penting. 

3. Cek Pembayaran

Cek Pembayaran

Tahap selanjutnya adalah dengan mempersiapkan biaya jasanya. Dengan biaya seperti yang ada pada gambar di atas. Dengan jasa ini kamu akan mendapatkan paket lengkap. 

Bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lagi ketika akan mengirimkan permohonannya. Biaya yang kamu bayarkan diatas sudah termasuk pembayaran PNBPnya. 

Apabila ketentuan biaya diatas sudah sesuai dengan kebutuhanmu, sekarang adalah waktunya untuk benar-benar memproses surat keberatan. Kamu akan langsung diarahkan untuk berdiskusi bersama seorang ahli. 

4. Berdiskusi secara Langsung 

Berdiskusi secara Langsung 

Di tahap ini kamu bisa menceritakan tentang merekmu secara lengkap. Mulailah dengan mengatakan tentang pendaftaran merekmu. Semakin detail informasi yang kamu sampaikan maka cara pengajuan keberatan merek juga semakin mudah. 

Sampaikan informasi dan juga ciri-ciri dari merek milikmu. Setelah informasi tersebut sudah kamu sampaikan dengan lengkap, lanjutkan dengan menceritakan tentang merek yang kamu anggap mirip.

Selanjutnya kamu akan mendapatkan pertimbangan terbaik dari ahlinya. Termasuk juga mengenai argumen dan bukti yang harus ada di dalam surat keberatan. Kamu hanya perlu memberikan dokumen bukti kepada konsultan dan semuanya akan terselesaikan dengan aman. 

Tunggu hingga konsultan memberikan bukti pengajuan surat keberatannya, dan selanjutnya akan menjadi tanggung jawab pemeriksa dalam menimbang surat keberatanmu. 

Bukti Pengajuan Surat Keberatan

Setelah kamu menyelesaikan seluruh rangkaian cara pengajuan keberatan merek seperti penjelasan di atas, kamu akan mendapatkan bukti pengajuan dari konsultan. Bukti ini menandakan kalau keberatan yang kamu kirimkan berhasil masuk ke dalam penerimaan surat di DJKI. 

Apakah dokumen ini berarti keberatan yang kamu kirimkan sudah pasti diterima?

Diterima dengan artian sudah masuk ke dalam sistem DJKI, iya. Tapi untuk memutuskan apakah keberatan darimu akan berpengaruh pada gagalnya pendaftaran merek milik orang lain, hal ini masih perlu pemeriksaan lebih dulu. 

DJKI akan memeriksa isi surat keberatan yang kamu kirimkan, termasuk bukti dan argumen yang membuatmu merasa kalau pendaftaran merek baru itu harus digagalkan. 

Kamu bisa memantau perkembangan keberatanmu dengan memantaunya pada database merek secara berkala. Apabila argumen pada keberatanmu sangat kuat, kamu akan segera melihat status “ditolak” pada sebelah nama merek targetmu itu. 

Yuk, Lindungi Merek dengan Pengajuan Keberatan

Kalau kamu sekarang sudah tahu tentang perlindungan merek melalui cara pengajuan keberatan merek, sekarang lah saat yang tepat untuk melakukannya. Segera dapatkan saran-saran terbaik dari Jasa Pengajuan Surat Keberatan Penolakan Merek dari JasaMerek.com.