Cara Pengalihan Hak Merek Secara Instan Untuk Pengusaha

Cara Pengalihan Hak Merek Secara Instan Untuk Pengusaha

JASAMEREK.COM – Tahukah kamu? Kalau menguasai cara pengalihan hak merek akan membawa keuntungan besar untuk perusahaan. Ya, merek sama seperti benda atau aset lainnya di dalam perusahaan yang bisa berpindah kepemilikan. 

Tapi jangan salah, karena prosedur dan juga alasan yang keliru, justru bisa mengakibatkan kerugian untuk perusahaan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai proses pemindahan hak kepemilikan merek. 

Mengalihkan Hak Merek

Apakah merek perlu dialihkan? Untuk bisa menjawabnya, perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dari suatu bisnis lebih dulu. Misalnya, satu contoh yang paling sering terjadi adalah ketika seorang pengusaha yang kemudian meningkatkan skala bisnisnya menjadi perusahaan. 

Ketika hal itu terjadi, seorang pengusaha yang sudah memiliki perlindungan merek atas namanya sendiri, bisa merubah atau mengalihkan hak kepemilikan mereknya menjadi milik perusahaan. 

Dengan begitu, merek yang tadinya atas nama pribadi pengusaha itu sendiri, saat ini akan berubah menjadi atas nama perusahaan. 

Itu adalah satu contoh pengalihan merek dengan orang yang sama. Proses memindahkan hak merek ini juga bisa terjadi antara dua orang yang berbeda. Untuk itu, pengusaha juga harus berhati-hati dalam mendapatkan cara pengalihan hak merek.

Agar pengalihan merek itu lebih aman, perlu satu dokumen khusus yang bisa menjamin seluruh prosesnya terlindungi oleh hukum. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai dokumen khusus tersebut. 

Perjanjian Pengalihan Hak Atas Merek 

Selalu siapkan dokumen perjanjian ketika berurusan dengan merek apalagi yang melibatkan orang lain. Termasuk urusan untuk memindahkan kepemilikan suatu merek. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam sebuah prosedur pemindahan hak merek, pengusaha akan memerlukan satu dokumen khusus yang fungsinya sebagai jaminan keamanan. 

Dokumen khusus ini adalah sebuah perjanjian. Lalu, apa saja yang harus kamu masukkan dalam sebuah perjanjian pengalihan merek? Berikut rinciannya:

1. Identitas 

Tuliskan secara lengkap identitas pihak yang nantinya akan mendapatkan hak merek. Kalau kamu adalah sebagai pemilik merek yang akan memindahkan hak, kamu boleh meminta dokumen identitas pihak kedua demi kepentingan perjanjian ini. 

2. Keterangan Merek

Selanjutnya, penting juga untuk kamu menuliskan penjelasan mengenai merek. Harus masuk ke dalam perjanjian mengenai identitas merek ini. Mulai dari nama, nomor pendaftaran yang paling penting dan bahkan kelas atau keterangan dari kelas. 

3. Biaya

Apabila pemindahan hak  ini melibatkan adanya biaya karena jual beli misalnya, kamu bisa menuliskan nominalnya secara lengkap pada bagian biaya. Jangan lupa juga tuliskan mengenai cara pembayaran dan tenggat waktu pelunasan. 

4. Tanda Tangan

Selanjutnya kamu juga harus memastikan semua pihak dalam perjanjian sudah memberikan tanda tangannya pada dokumen perjanjian. Bila perlu, kamu juga bisa menambahkan meterai pada bagian tanda tangan masing-masing. 

Menyiapkan dokumen perjanjian adalah satu tahap untuk bisa memindahkan hak merek. Karena selanjutnya, masih ada cara pengalihan hak merek yang harus kamu lakukan. 

Cara Pengalihan Hak Merek

Untuk bisa melakukan pengalihan merek dengan mudah, kamu bisa mempertimbangkan bantuan jasa pengalihan hak merek. Berikut ini adalah cara mendapatkan kemudahannya:

1. Mulai dengan JasaMerek.com

Cara Pengalihan Hak Merek

Langkah pertama, kamu bisa masuk ke halaman utama dari JasaMerek.com. Disini kamu akan melihat berbagai layanan yang akan membantu segala kebutuhan perlindungan merekmu. 

Untuk bisa melanjutkan ke proses pengalihan merek, arahkan kursormu ke menu  “Services” dan kamu akan menemukan lebih banyak lagi layanan. 

2. Menu Pengalihan Merek

Menu Pengalihan Merek

Setelah mendapatkan menu pengalihan merek, kamu akan mendapatkan tampilan seperti ini. Sekarang, hanya tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan bantuan ahli agar urusan pengalihan merekmu bisa lancar. 

3. Biaya Pengalihan Hak Merek

Biaya Pengalihan Hak Merek

Satu hal yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan biaya. Disini kamu akan mendapatkan rincian biaya yang harus kamu bayarkan. Termasuk juga manfaat yang akan kamu dapatkan dari bantuan ahli. 

Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan semuanya dengan baik dan pastinya kebutuhanmu terselesaikan dengan aman. 

4. Konsultasi dengan Ahli

Konsultasi dengan Ahli

Dari tampilan sebelumnya, kamu akan melihat menu “Hubungi Kami”. Tombol tersebut yang akan mengantarkanmu untuk menghubungi ahlinya langsung. Setelah mendapatkan tampilan seperti di atas, kamu bisa melanjutkan prosesnya dengan berdiskusi melalui Whatsapp. 

Dari sini, kamu bisa langsung terhubung untuk berbicara langsung bersama ahli. Mulai dari persyaratan yang harus kamu kirimkan, kemudian merek yang akan kamu pindahkan kepemilikannya, hingga akhirnya kamu bisa mendapatkan bukti pengalihan hak merek.

Jangan ragu untuk menanyakan kebutuhan merekmu, agar bisa mendapatkan solusi terbaik. 

Setelah ini, apa yang perlu kamu lakukan? 

Proses Pengalihan Hak Merek

Setelah menjalankan seluruh tahapan dari cara pengalihan hak merek di atas, maka prosesnya akan langsung ditangani oleh petugas DJKI. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah mengajukan permohonan lalu setelah berhasil melewati pemeriksaan, merekmu akan langsung berpindah tangan. 

Proses ini akan memerlukan beberapa waktu, jadi kamu bisa memantaunya secara berkala melalui sistem merek. 

Yuk, Manfaatkan Kemudahan Proses Pengalihan Merek!

Jadi, tunggu apa lagi? Kamu sudah punya alternatif cara pengalihan hak merek dengan mudah. Serahkan urusan pemindahan hak merekmu kepada Jasa Pengalihan Hak Merek dari JasaMerek.com.