Cara Perpanjangan Merek Paling Aman dan Cepat

Cara Perpanjangan Merek

JASAMEREK.COM – Perlindungan merek sudah hampir habis, dan kamu masih khawatir salah memproses perpanjangannya? Agar kamu tidak keliru dalam memprosesnya, pahami dulu penjelasan mengenai cara perpanjangan merek di bawah ini. 

Perpanjangan Merek Dagang

Sebelum bisa melakukan cara perpanjangan merek, pahami dulu mengenai perpanjangan itu sendiri. Apa itu perpanjangan merek? Perpanjangan adalah penambahan jangka waktu perlindungan merek yang diberikan oleh pemerintah. 

Kamu bisa melihat batasan waktu ini pada sertifikat atau bukti pengajuan. Secara normal, pemerintah akan memberikan waktu perlindungan selama 10 tahun sejak tanggal pengajuan. 

Jadi, kamu bisa menambahkan 10 tahun dari tanggal pengajuan pendaftaran merekmu pertama kali. Ingat, kamu perlu melihat tanggal pengajuannya dan bukan tanggal penerbitan sertifikat. Setelah kamu mengetahui apa itu perpanjangan merek, maka selanjutnya kamu juga perlu menyiapkan persyaratan di bawah ini. 

Syarat Perpanjangan Merek Dagang

Kira-kira untuk bisa memproses permohonan perpanjangan dengan sukses, apa yang harus kamu siapkan? Berikut hal-hal yang harus kamu persiapkan:

1. Akun Merek

Langkah pertama untuk cara perpanjangan merek sukses adalah kamu harus sudah punya akun dulu. Dan seharusnya kamu sudah memiliki akun ini kecuali pada saat pendaftarannya kamu menggunakan bantuan jasa. 

2. Formulir Perpanjangan Merek

Selanjutnya, sama seperti pada saat kamu melakukan pendaftaran, maka akan ada formulir yang harus kamu siapkan. Dan juga, jangan sampai kamu keliru menggunakan formulir untuk pendaftaran, ya!

3. Surat Pernyataan

Sama seperti pada saat pendaftaran. Kali ini pun kamu juga akan memerlukan sebuah dokumen berupa surat pernyataan. Bedanya, kali ini kamu akan memerlukan sebuah surat yang menyatakan kalau merekmu masih beroperasi. 

Atau, kalau lini bisnismu adalah berbentuk produksi, maka kamu harus menyatakan kalau merek yang akan kamu proses ini memang masih berproduksi. Dengan begitu, pemeriksa akan menganggap permohonanmu memenuhi syarat untuk kembali diberikan perlindungan merek. 

4. Biaya Perpanjangan Merek

Terakhir, salah satu hal yang paling penting dalam cara perpanjangan merek adalah biaya. Kamu juga harus menyiapkan biaya permohonannya. Khusus untuk perpanjangan, kamu akan menemukan dua jenis biaya yang berbeda tergantung dari jangka waktu perlindungannya. 

Untuk permohonan perpanjangan dalam jangka waktu 6 biayanya lebih ringan dibandingkan dengan permohonan perpanjangan yang sudah melewati 6 bulan masa perlindungan berakhir. 

Sehingga, lebih awal kamu memproses permohonannya, akan lebih baik. 

Selanjutnya, apakah kamu harus memproses perpanjangannya ini secara mandiri? Jawabannya tidak. Karena kalau kamu kesulitan untuk mengajukannya, selalu ada bantuan salah satunya dari JasaMerek.com. 

Jasa Perpanjangan Merek

Kalau kamu kebingungan untuk memperpanjang perlindungan merek, saat ini ada cara perpanjangan merek dengan aman melalui bantuan ahli. Kamu hanya perlu mengikuti langkah di bawah ini untuk memanfaatkan kemudahannya:

1. Masuk ke JasaMerek.com 

Masuk ke JasaMerek.com

Ini adalah tampilan pertama untuk kamu mendapatkan bantuan ahli. Ada beberapa pilihan layanan yang bisa kamu manfaatkan. Lalu, temukan kebutuhanmu pada menu “Services”.

Selanjutnya kamu akan mendapatkan beberapa pilihan kembali, dan fokus pada layanan “Perpanjangan Merek”.

2. Menu Perpanjangan Merek

Menu Perpanjangan Merek

Selanjutnya dari cara perpanjangan merek adalah masuk ke dalam menu perpanjangan. Sekarang, kamu hanya tinggal selangkah lagi untuk bisa mendapatkan jangka waktu perlindungan merek yang lebih lama. 

3. Tentukan Jangka Waktu

Tentukan Jangka Waktu

Setelah kamu sudah memastikan akan memilih jasa perpanjangan, kamu bisa klik “Perpanjang Merek Sekarang”. Dan sistem akan mengarahkanmu untuk menentukan pilihan jasa sesuai dengan jangka waktu berakhirnya perlindungan merek. 

Seperti penjelasan sebelumnya, kalau biaya perpanjangan ini akan lebih mahal ketika melewati masa perlindungan. Begitupun dengan perpanjangan melalui jasa. Jadi, pilihan paling bijak adalah dengan segera memproses perpanjangannya. 

4. Konsultasikan Dengan Ahli

Konsultasikan Dengan Ahli

Terakhir, adalah waktunya untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Hal ini yang menjamin cara perpanjangan merek yang akan kamu lakukan aman dan tepat. Setelah memastikan jangka waktu perpanjangannya, kamu akan langsung diarahkan untuk berdiskusi dengan konsultan. 

Disini kamu akan diarahkan untuk mengirimkan persyaratan dan dokumen lainnya yang diperlukan. 

Lalu, apa bukti yang akan kamu dapatkan setelah berhasil memproses perpanjangannya?

Bukti Perpanjangan Merek

Tahap akhir dari rangkaian cara perpanjangan merek adalah adanya bukti pengajuan yang terbit dari DJKI. Pastikan kamu sudah mendapatkan dokumen ini untuk membuktikan kalau pengajuannya berhasil.

Dokumen ini akan terbit sesaat setelah pengajuannya terkirim. Dokumen yang akan  kamu dapatkan bukan berupa sertifikat. Tetapi adalah sebuah keterangan yang menunjukkan kalau permohonannya sudah berhasil masuk. 

Selanjutnya, DJKI akan memproses permohonanmu sekaligus memeriksa apakah persyaratan yang kamu kirimkan sudah lengkap dan sesuai. Hasil dari pemeriksaan ini akan berupa perubahan status pada database dan juga penerbitan sertifikat baru yang menyatakan masa perlindungan merekmu sudah berubah. 

Kamu hanya perlu menunggu beberapa waktu untuk memastikan tanggal perlindungan pada sistem sudah berubah. Tidak perlu khawatir, karena sepanjang kamu memiliki bukti pengajuannya, maka bisa dipastikan merekmu sudah aman. 

Segera Perhatikan Masa Berlaku Merekmu

Yuk, serahkan cara perpanjangan merek milikmu kepada ahlinya jasa perpanjangan merek berpengalaman dalam perpanjangan merek yaitu JasaMerek.com.