Penjelasan Kelas Merek 36: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 36

Penyedia jasa yang terdaftar di kelas merek 36 sudah pasti memudahkan kita dalam urusan terkait keuangan. Baik itu bank, jasa investasi, asuransi, dan real estate, semuanya berperan besar dalam kehidupan zaman sekarang.

Dari sini, terlihat penyedia jasa juga harus terdaftar dalam kelas merek yang relevan. Misalnya kelas merek nomor 36 yang mendeskripsikan penyedia jasa dengan fokus keuangan.

Jadi, apa saja jenis jasa yang relevan dengan kelas merek ini? Apa saja contoh brand atau perusahaan yang telah terdaftar? Artikel ini akan menjelaskan secara rinci apa itu kelas merek nomor 36 dan berbagai contoh brand-nya.

Mengenal Kelas Merek 36

Terlihat pada awal, kelas merek nomor 36 sendiri berfokus pada penyedia jasa keuangan. Artinya, setiap brand yang terdaftar akan membantu kamu untuk mengelola hal-hal terkait finansial.

Lebih tepatnya Dirjen Kekayaan Intelektual mendeskripsikan kelas merek nomor 36 sebagai “Asuransi, urusan keuangan, urusan moneter, dan urusan real estate”. Sudah terbayang apa saja jenis perusahaan yang telah terdaftar, kan?

Mengapa Brand Penyedia Jasa Keuangan Juga Harus Terdaftar Secara Hukum Sesuai Klasifikasi Merek?

Tentunya, maksud merek di sini tidak hanya berpatok pada penyedia barang, tetapi juga penyedia jasa. Maka, bisa disimpulkan penyedia jasa juga harus terdaftar secara hukum untuk perlindungan merek.

Menurut sistem klasifikasi merek, kelas merek 34-45 merupakan kategori untuk penyedia jasa. Artinya, kelompok tersebut khusus untuk perusahaan atau bisnis yang menyediakan jasa atau layanan berupa kegiatan tertentu untuk melayani publik.

Seluruh ketentuan kelas merek tersebut tercantum pada Pasal 4 ayat 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. 

Di sini, syarat pengajuan perlindungan hukum sebuah brand salah satunya pemilihan kode kelas.

Tapi, apa jadinya jika kode kelas merek tidak sesuai dengan jenis usaha dari sang produsen sebagai pemohon? 

Singkatnya, pengajuan perlindungan hukum tersebut akan tertolak karena tidak sesuai dengan kategori jenis barang atau jasa secara spesifik.

Tentu saja kamu tidak ingin hal itu terjadi jika kamu mendaftarkan brand-mu untuk perlindungan hukum, kan? Kamu bisa lakukan cek klasifikasi kelas merek lebih lengkap di jasamerek.com.

Jenis Barang Kelas Merek 36

Kembali ke kelas merek nomor 36, kamu mungkin cukup familiar dengan berbagai contoh jasa yang dapat terdaftar ke dalam kelas ini. Jadi, berikut adalah beberapa contoh perusahaan dan penyedia jasa keuangan yang harus terdaftar dalam kelas 36:

  • Penyimpanan dan perdagangan emas
  • Bank
  • Jasa jaminan keuangan
  • Penyedia informasi dan konsultasi keuangan
  • Jasa investasi keuangan
  • Asuransi
  • Penyedia pinjaman keuangan
  • Pialang opsi sekuritas
  • Broker saham
  • Investasi dana
  • Biro kredit
  • Penyedia kartu kredit dan debit
  • Layanan pertukaran berjangka

Contoh Brand yang Terdaftar dalam Kelas Merek 36

Dari jenis jasa tersebut, kamu pasti sudah sangat familiar dengan brand yang telah terdaftar dalam kelas merek ini. Berikut adalah beberapa contoh perusahaan penyedia jasa keuangan yang terdaftar dalam kelas merek ini:

1. Bank Central Asia (BCA)

Pertama, ada BCA yang merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Sejak berdiri pada 1957, bank ini menjadi andalan untuk membantu mengelola keuangan masyarakat.

Contoh produk kelas merek 26 dari BCA mungkin sangat mudah untuk dikenali. Mulai dari tabungan, pinjaman kredit, kartu kredit dan debit, e-money, asuransi, dan reksa dana.

2. Kredivo

Kedua, ada Kredivo yang merupakan layanan pinjaman uang online. Promosinya masih wara-wiri demi menarik perhatian agar kamu bisa belanja baik online atau offline secara mudah. Singkatnya, buy now pay later dengan cara praktis.

Maka dari itu, produk unggulannya berupa pinjaman online secara instan. Bahkan, Kredivo mengklaim setiap pinjaman tersedia dengan bunga terendah.

3. Bibit

Terakhir, ada Bibit sebagai aplikasi investasi. Secara spesifik, aplikasi ini menarik investor yang masih dalam tahap pemula atau baru saja berkecimpung di dunia investasi.

Bibit lebih berfokus pada penyediaan reksa dana melalui aplikasi. Maka, pengguna bisa melakukan pembelian dan pencairan reksa dana dalam satu aplikasi secara online.

Tentu saja masih banyak lagi perusahaan dan brand penyedia jasa keuangan yang telah terdaftar di kelas merek 36. Baik itu bank, asuransi, jasa investasi, dan real estate, kamu bisa menemukan contohnya secara mudah.

Ingin brand kamu terlindungi secara hukum tetapi takut salah pilih kelas merek? Yuk gunakan jasa pendaftaran merek di jasamerek.com. Prosesnya tidak ribet segala, kami terima, urusan pasti beres!

FAQ

Apa itu kelas merek nomor 36?

Kelas merek nomor 36 merupakan kategori yang mencakup penyedia jasa keuangan.

Apa yang tergolong ke dalam kelas merek nomor 36?

Contoh brand penyedia jasa keuangan yang tergolong dalam kelas merek ini berupa bank, asuransi, jasa investasi, dan real estate.

Mengapa jasa keuangan juga harus terdaftar sesuai klasifikasi nomor merek?

Terdapat berbagai faktor utama, yakni identitas unik, reputasi, perlindungan, pengakuan internasional, dan tentu saja mencegah penolakan.

Artikel Terkait
Perbedaan Brand dan Merek yang Wajib Diketahui

Perbedaan Brand dan Merek yang Wajib Diketahui

Kelas Merek 38: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 38: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Mengenal Kelas Merek 37: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Mengenal Kelas Merek 37: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Penjelasan Kelas Merek 21: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Penjelasan Kelas Merek 21: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Penjelasan Kelas Merek 20: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Penjelasan Kelas Merek 20: Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 19: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 19: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya