Kelas Merek 6: Ini Jenis Barang dan Contoh Produknya

Kelas Merek 6

Kamu pelaku bisnis dan masih bingung apa itu kelas merek 6? Dalam bidang usaha, terdapat penggolongan produk atau jasa untuk memudahkan proses identifikasi dalam Nice Classification.

Untuk kode kelas 6 sendiri merupakan lingkup usaha yang bergerak di bidang produksi barang mentah seperti logam.

Namun, dalam sistem klasifikasi merek kali ini logam yang digunakan lebih fokus untuk keperluan proyek, industri bangunan dan rumah tangga. Jika kamu masih bingung, mari ikuti informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Kode Kelas Merek 6

Kelas merek merupakan sebuah pengklasifikasian dalam bidang usaha untuk membedakan jenis jasa atau barang yang perusahaan jalankan ketika permohonan merek.

Biasanya di dalam kelas merek ini setiap perusahaan memiliki ciri khas tersendiri yang sering dikenal sebagai kode kelas untuk membedakannya dengan produk atau jasa dari perusahaan lain.

Untuk kelas merek 6 sendiri, kategori produknya adalah logam atau campuran logam. Sehingga seluruh produk yang di dalamnya terdapat elemen logam seperti borgol, alat bangunan (tank, palu, dll) nantinya masuk ke dalam kelas merek 6.

Namun, jika kamu masih bingung menentukan golongan kelas produk bisnis untuk pendaftaran merek dagang, maka bisa coba cek kelas merek lebih lengkap.

Baca juga konten ini
Cara Mematenkan Merek Berikut Adalah yang Paling Paten!

Di sana, kamu akan menemukan rekomendasi paling tepat untuk kelas produk usaha yang kamu rintis tanpa khawatir salah penentuan kelas.

Jenis Barang Kelas Merek 6

Dalam bidang bisnis, klasifikasi merek memang memiliki banyak macam. Untuk itu kamu perlu mengenal penggolongannya secara tepat. Agar tidak bingung berikut beberapa jenis barang yang masuk ke kelas 6 untuk kamu pelajari, antara lain:

1. Bahan Bangunan

Pertama ada bahan bangunan. Mayoritas bahan bangunan memang terbuat dari logam sehingga termasuk dalam kelas merk 6.

Beberapa jenis barang yang masuk ke dalam penggolongan bahan bangunan ini seperti besi beton yang biasanya untuk menyangga konstruksi bangunan, kusen aluminium, paku dan sekrup, tank, hingga profil baja.

2. Produk Logam untuk Kebutuhan Sehari-hari

Berikutnya adalah jenis barang yang terbuat dari logam, tetapi sering kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Semisal seperti peralatan masak yang fungsinya signifikan dan pasti digunakan setiap harinya.

Selain itu, ada juga perhiasan. Contoh satu ini paling digemari oleh kaum hawa karena sangat gemerlap dan terlihat cantik. Perhiasan masuk ke dalam jenis logam mulia sehingga menjadi golongan kelas merek 6.

3. Bahan untuk Proyek Pembangunan Konstruksi Gedung

Selain sering dijumpai pada bahan bangunan, produk merek 6 juga bisa kamu temukan di beberapa peralatan proyek pembangunan konstruksi gedung.

Jika pada bahan bangunan, logam paling sering kamu temui dalam bentuk paku, tank, dan sekrup. Maka, pada proyek konstruksi gedung, kelas merek 6 lebih sering kamu jumpai dengan contoh barang seperti pipa bercabang dari logam.

Selain itu, ada juga contoh baja cor, besi cor, besi krom, bijih krom, cerobong asap, dan beberapa produk berbahan logam lainnya. Semua ini, termasuk dalam kelas merk 6. 

Baca juga konten ini
Cara Cetak Sertifikat Merek Secara Instan dan Aman

4. Perlengkapan Furniture Pintu Rumah

Berikutnya, kamu juga bisa menemukan jenis barang di merek 6 ini pada pintu rumah. Modernisasi sekarang ini membuat inovasi pembuatan furniture semakin beragam, sehingga cukup banyak perlengkapan pendukung di dalamnya.

Salah satu perlengkapan pendukung tersebut ada yang terbuat dari bahan logam. Contohnya seperti tambahan bel pintu logam non listrik, gagang pintu logam, panel pintu logam, baut logam, pengetuk pintu dari logam, hingga penutup pintunya. 

Contoh Produk Kelas Merek 6

Bingung mencari contoh produk dari merek 6 itu seperti apa? Untuk kamu yang baru terjun di bidang usaha dengan bahan utama logam, pastikan untuk mengenali contoh produk kelas 6 itu apa saja.

Karena produk kelas 6 ini berkaitan dengan barang yang terbuat dari logam atau campuran logam. Maka, seluruh barang yang terkait dengan hal tersebut masuk ke dalam klasifikasi ini, contohnya seperti:

  • Bros jilbab dengan perpaduan batu dan logam
  • Patung hiasan kombinasi kayu dan batuan
  • Aksesoris kalung dari logam dan batu
  • Keris
  • Peralatan dapur seperti sendok, garpu, panci, kompor
  • Komponen kendaraan
  • Alat pertukangan seperti gergaji, cangkul, obeng, palu, dan tank
  • Keramik
  • Piala
  • Kalung rektor wisuda
  • Medali
  • Lambang burung garuda
  • Senar gitar
  • Wayang
  • Gamelan

Saingan Industri Makin Berat? Lindungi Merek Dagang di Jasa Merek Sekarang!

Perkembangan industri bisnis sekarang ini semakin ketat. Untuk itu, kamu perlu melakukan perlindungan merek dagang untuk meminimalisir terjadinya plagiasi dan saduran dari pebisnis baru yang bergelut di klasifikasi kelas merek 6.

Aktifkan perlindungan merek otomatis dengan sistem proteksi dari Jasa Merek. Dapatkan perlindungan maksimal untuk menjaga reputasi perusahaan dari merek imitasi. Bersama Jasa Merek, branding produk kamu akan terlindungi 24/7.

Baca juga konten ini
Cara Proteksi Dan Melakukan Perlindungan Merek Dagang

Selaian perlindungaan, kamu juga bisa mendaftarkan merek dagang baru secara resmi pakai jasa daftar merek di JasaMerek.com. Pastinya aman dan gak perlu khawatir akan salah pilih kelas merek. Yuk, daftar sekarang.

FAQ

Kelas merek ada apa saja?

Penggolongan kelas merek cukup banyak, mulai dari kosmetik, pembersih, barang logam, farmasi, perkakas, pelumas dan bahan bakar, hingga bahan kimia.

Ada berapa kelas merek yang penting untuk diketahui?

Di Indonesia klasifikasi merek atau kelas merek terbagi menjadi 45. Di mana pengklasifikasian ini disesuaikan dengan jenis barang atau jasa yang diajukan saat pendaftaran merek.

Bagaimana cara mendaftarkan merek apabila tidak paham kelas-kelasnya?

Sekarang ini cukup banyak layanan yang bergerak di bidang pendaftaran merek seperti Jasa Merek. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mendaftarkan merek dagang baru agar tidak terdeteksi plagiasi di masa mendatang.

DAFTAR MEREK dengan Proses KILAT - Langkah Mudah untuk Perlindungan Instan