Cara Cek Kelas Merek Barang dan Jasa Dengan Mudah

Cara Cek Kelas Merek Barang dan Jasa Dengan Mudah

JASAMEREK.COM – Mau daftar merek kok diminta kelas? Jangan khawatir, karena kamu akan mendapatkan jawaban tentang kelas merek setelah membaca artikel ini. Mulai dari penjelasan mengenai pengertian, sampai dengan tips menemukan kelas yang tepat ada pada artikel berikut. 

Arti Kelas Merek

Kelas merek menjadi pengelompokan secara khusus tentang produk dari sebuah merek. Produk yang dimaksud bisa menjadi sebuah komoditas berupa barang ataupun jasa. Pengelompokan ini berdasarkan kesepakatan negara-negara anggota WIPO (organisasi perlindungan kekayaan intelektual dunia). 

Sehingga, pengelompokan ini hanya berlaku pada saat pengusaha akan melakukan pendaftaran mereknya saja. Selain itu, penetapan kelasnya juga murni hanya berdasarkan produk yang akan dipasarkan. 

Untuk itu, berdasarkan penjelasan singkat di atas, pengusaha pertama kali harus berhasil mengenali produk dari bisnismu sendiri.  

jasa merek

Lebih khusus lagi, produk itu harus benar-benar menjadi objek perlindungan merek. Artinya, kamu harus tahu produk apa yang sebenarnya dilindungi oleh merek itu. Kamu perlu mendefinisikannya secara spesifik karena ada setidaknya 45 pilihan dalam sistem merek. 

Karena banyaknya pilihan dalam kelompok tersebut, tentunya kamu perlu kemampuan khusus dalam melakukan cek kelas merek. Fungsinya, agar kamu bisa menentukan dengan tepat mana kode kelas merek yang paling cocok dengan bisnismu. 

Kemampuan khusus itu, bisa kamu temukan jalan pintasnya dengan menggunakan tools canggih dari Mebiso.com. 

Cek Kelas Merek Mebiso

Untuk bisa memudahkan para pengusaha yang saat ini sedang mempersiapkan pendaftaran mereknya, kamu bisa mulai dengan langkah berikut:

1. Masuk ke halaman utama di Mebiso.com 

Masuk ke halaman utama di Mebiso.com 

Pertama, yang perlu kamu lakukan adalah dengan masuk ke halaman utama. Fokuskan perhatianmu pada menu Cari Kelas Merek. 

2. Masukkan kata kunci produk yang ingin kamu lindungi

Disini kamu bisa memasukkan kata kunci usaha. Hanya dengan memberikan kata yang berkaitan dengan bisnis, kamu akan mendapatkan petunjuk mengenai kelompok mana yang paling tepat.

Masukkan kata kunci produk yang ingin kamu lindungi

Contoh: Makanan, minuman, atau kamu juga bisa langsung menyebutkan produk secara spesifik seperti “kosmetik”. 

3. Sortir hasil pencarian sesuai bisnis yang dijalankan

Sortir hasil pencarian sesuai bisnis yang dijalankan

Hasil pencarian akan memunculkan penjelasan dari kelas yang paling awal. Begitupun selanjutnya sampai ke kelas 45 jika masih berkaitan. Kalau kamu belum menemukan kelompok yang cocok, teruskan pencariannya ke kelas berikutnya. 

Kuncinya, semakin spesifik kata yang kamu masukkan, maka akan semakin mudah menemukan kelompok yang paling cocok. 

Tips Menentukan Kelas Merek

Dengan adanya tools canggih tersebut, tentunya proses menentukan pilihan klasifikasi kelas merek jauh lebih sederhana. Bayangkan saja, untuk bisa menentukan kelompok yang tepat dari satu merek, kamu perlu setidaknya menerapkan tips berikut:

1. Ketahui dulu jenis bisnismu masuk ke dalam produk atau jasa

Karena sebenarnya ada dua pembeda besar dari pembagian kelompok pada merek ini, maka mengetahui jenis bisnismu sejak awal akan sangat membantu. Kamu bahkan bisa menyortir separuh dari pengelompokan yang tidak sesuai dengan merekmu. 

2. Gunakan kata kunci yang spesifik

Setelah memisahkan jenis kelas barang dan jasa merek, setidaknya masih ada pilihan lebih dari 10 kelompok lagi. 

Sehingga, memasukkan kata kunci yang khusus dan spesifik akan sangat membantu pencarianmu. Apabila hal itu tidak memungkinkan, coba masukkan kata yang lebih umum. 

3. Pelajari sifat masing-masing klasifikasinya

Tips terakhir, adalah dengan mempelajari masing-masing sifat dari daftar kelas merek yang ada. Bukan tanpa alasan WIPO membuat pengelompokan tersebut. Karena selain menggunakan dasar dari jenis produk yang dipasarkan, ternyata pengelompokan tersebut juga berdasarkan sifat atau ciri-ciri yang sama. 

Untuk itu, pengusaha wajib mengetahui tentang sifat dari keseluruhan 45 kelas yang ada berikut dengan sifat dari produkmu. 

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kelas merek per masing-masing kelompoknya:

Kelas 1 MerekKelompok ini untuk benda-benda yang menggunakan bahan kimia sebagai bahan dasarnya. Mulai dari pupuk kimia dan bahan industri lainnya. 
Kelas 2 MerekSelanjutnya, masih berbahan dasar kimia tapi kelompok kelas ini lebih spesifik pada keperluan seni. Beberapa produk yang ada pada klasifikasi satu ini misalnya seperti cat, tinta, dan bahkan alat-alat seni lainnya.
Kelas 3 MerekDi kelas berikutnya ada bahan-bahan untuk keperluan kebersihan. Tidak terbatas hanya untuk manusia saja, tapi produk-produk kebersihan rumah tangga juga masuk ke dalam pengelompokan kelas merek ini.
Kelas 4 MerekApapun yang berbahan dasar minyak, bisa kamu temukan di kelas ini. Kebanyakan memang untuk fungsi sebagai bahan bakar. 
Kelas 5 MerekSecara garis besar, pengelompokan di kelas 5 ini untuk perlindungan produk-produk yang berkaitan dengan medis. Termasuk makanan bayi dan juga obat-obatan.
Kelas 6 MerekDi kelas 6, perlindungan produk yang berbahan dasar dari logam. 
Kelas 7 MerekSekarang waktunya untuk perlindungan berbagai macam mesin. Termasuk mesin untuk alat pertanian. 
Kelas 8 MerekDi kelas ini, terdapat perlindungan untuk produk-produk yang menjadi alat bantu yang bisa digunakan hanya tangan saja.
Kelas 9 MerekSelanjutnya, di kelas 9 adalah untuk perlindungan alat-alat listrik dan juga peralatan untuk keperluan ilmiah. 
Kelas 10 MerekKhusus untuk peralatan yang diperuntukan membantu pekerjaan tenaga medis. Termasuk juga alat-alat bantu untuk mendukung kualitas hidup seseorang.
Kelas 11 MerekBerbagai macam produk yang fungsinya penerangan, pendingin, atau pemanas.
Kelas 12 MerekKelas merek 12 adalah perlindungan berbagai macam kendaraan. Bahkan termasuk juga kereta bayi.
Kelas 13 MerekKelompok ini adalah untuk perlindungan senjata api dan juga bahan peledak.
Kelas 14 MerekDi kelas 14 khusus untuk perlindungan benda-benda yang berasal dari logam mulia.
Kelas 15 MerekKali ini ada pengelompokkan mengenai alat-alat musik. Mulai dari alat musik tradisional sampai dengan alat musik elektronik.
Kelas 16 MerekKalau kamu merupakan pengusaha yang memproduksi benda-benda alat tulis kantor, maka kelas ini akan menjadi pilihan yang tepat.
Kelas 17 MerekKelompok ini adalah untuk produk-produk yang berbahan dasar karet. Apapun penggunaannya, ketika produk tersebut menggunakan bahan dasar karet, maka bisa masuk ke dalam kelompok ini.
Kelas 18 MerekSelanjutnya adalah bagian produk dengan bahan dasar kulit. Kelas 18 lebih memfokuskan bahan dasar dibandingkan fungsi. 
Kelas 19 MerekAda benda-benda yang diperlukan sebagai bahan-bahan bangunan, tetapi bukan menggunakan logam sebagai bahan dasarnya.
Kelas 20 MerekSebagian besar produk yang ada di kelas ini adalah produk-produk yang menjadi perabotan rumah tangga.
Kelas 21 MerekHampir sama seperti kelas sebelumnya, tapi kali ini adalah untuk produk peralatan rumah tangga dan juga produk-produk kaca.
Kelas 22 MerekBerbagai macam tali, bahkan sampai bentuk yang terkecil seperti benang bisa kamu temukan pada perlindungan kelompok ini.
Kelas 23 MerekProduk tali-talian sudah ada di kelas sebelumnya, maka kelas merek ini hanya untuk produk-produk untuk tekstil. 
Kelas 24 MerekBenda-benda yang masih berkaitan dengan tekstil tapi lebih khusus seperti kain. 
Kelas 25 MerekKelas ini adalah bentuk produk jadi dari kelas-kelas sebelumnya seperti pakaian, topi, atau lainnya. 
Kelas 26 MerekSelanjutnya adalah benda-benda pelengkap yang diperlukan dalam industri tekstil. Contohnya jarum, peniti, dan lainnya. 
Kelas 27 MerekKelas ini khusus untuk alas lantai dari berbagai bahan.
Kelas 28 MerekUntuk alat-alat permainan, olahraga, dan pernak-pernik natal.
Kelas 29 MerekProduk hasil ternak, seperti daging dan telur.
Kelas 30 MerekBerbagai macam kue dan minuman seperti kopi dan teh. 
Kelas 31 MerekKelas ini untuk produk hasil panen seperti padi dan biji-bijian lainnya. 
Kelas 32 MerekBerbagai macam minuman non alkohol.
Kelas 33 MerekKelas merek 33 adalah kelas untuk kelompok minuman beralkohol yang tidak termasuk ke dalam kelas 32.
Kelas 34 MerekAda juga produk-produk yang berbahan dasar tembakau di kelas 34.
Kelas 35 MerekMulai dari sini, khusus untuk bisnis jasa. Di kelas 35, fokusnya untuk jasa periklanan dan bisnis. 
Kelas 36 MerekSelanjutnya mengenai bisnis keuangan dan asuransi.
Kelas 37 MerekJasa-jasa yang berkaitan dengan bangunan seperti konstruksi.
Kelas 38 MerekMengenai jasa yang berkaitan dengan telekomunikasi.
Kelas 39 MerekJasa-jasa untuk transportasi dan juga pergudangan
Kelas 40 MerekJasa untuk penanganan material seperti bahan bekas bangunan dan limbah.
Kelas 41 MerekJasa penyedia pendidikan dan juga  hiburan baik offline maupun online.
Kelas 42 MerekJasa-jasa teknologi komputer, penelitian, dan lainnya. 
Kelas 43 MerekJasa penyedia akomodasi
Kelas 44 MerekPenyedia jasa kesehatan dan juga kecantikan
Kelas 45 MerekPenyedia jasa hukum

Karena saat ini kamu sudah lebih paham mengenai kelas merek, jadi tidak perlu ragu untuk segera melakukan pendaftaran merekmu melalui Jasamerek.com.