Tempat Pendaftaran Merek Dagang Paling Cocok untuk Bisnismu!

Tempat Pendaftaran Merek Dagang Paling Cocok untuk Bisnismu!

JASAMEREK.COM – Banyak yang menawarkan jasa perlindungan merek, tapi dimana sebenarnya tempat pendaftaran merek dagang yang paling tepat? Apalagi kalau urusan bisnis sudah seharusnya kamu mendapatkan perlindungan yang mumpuni. 

Nah, agar proses perlindungan bisnis ini tidak salah alamat, simak penjelasannya melalui artikel berikut. 

Apa Itu Merek?

Agar bisa menemukan tempat yang paling pas, cara paling awal adalah dengan melakukan identifikasi terhadap merek itu sendiri. Pengusaha kerap menyebutkan “merek dagang” karena memang sebuah merek penggunaannya hanya untuk proses perdagangan. 

Istilah perdagangan disini sangat luas. Bukan hanya sebuah proses jual beli benda, tapi juga termasuk layanan atau jasa. 

jasa merek

Untuk itulah dalam sistem nantinya kamu akan menemukan pemisahan atau pengelompokkan yang nantinya akan membantumu identifikasi produk pada tempat pendaftaran merek. 

Tidak hanya itu, pengelompokkan ini juga memiliki fungsi sebagai dasar pemeriksaan yang akan menentukan keberhasilan nantinya. Bahkan, kelompok-kelompok merek juga perlu kamu masukkan ke dalam sistem. 

Tempat Pendaftaran Hak Merek

Kalau begitu, dimana selanjutnya kamu bisa memproses perlindungan terhadap sebuah identitas bisnis tersebut? Apalagi saat ini sudah terdapat berbagai pilihan tempat pendaftaran merek dagang berdasarkan balas jasa. 

Pada dasarnya, kamu bisa memilih berbagai alternatif bantuan untuk proses perlindungan merek ini. Berikut adalah beberapa pilihan tersebut. 

1. Langsung ke DJKI

Tempat pendaftaran merek dagang yang pertama adalah langsung ke DJKI. Lembaga ini merupakan satu-satunya instansi pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengelola dan memeriksa setiap permohonan perlindungan KI termasuk merek. 

Menjadi lembaga resmi satu-satunya, maka kamu hanya boleh mendapatkan bukti permohonan resmi dari DJKI saja. Dengan begitu, perlindungan merekmu juga bisa dikatakan telah resmi. 

Kamu perlu melengkapi persyaratan umum ketika akan memproses merek secara langsung pada pilihan yang pertama ini, hanya saja perlu persiapan yang sangat matang. 

Apalagi kalau kamu tidak mendapatkan bantuan profesional dalam pengajuan secara langsung ini. Artinya, kamu perlu memahami ketentuan-ketentuan khusus tentang proses sekaligus dasar pemeriksaannya agar merekmu lolos hingga tahap akhir. 

2. Melalui Konsultan

Tempat pendaftaran merek dagang berikutnya adalah di kantor-kantor konsultan khusus yang memiliki kemampuan tersertifikasi mengenai Kekayaan Intelektual salah satunya adalah merek. 

Karena merupakan pilihan, tentunya kamu tidak harus menggunakan jasa konsultan terdaftar seperti ini. Kecuali ada kondisi-kondisi tertentu yang mengharuskannya berdasarkan hukum. 

Kondisi tertentu itu misalnya ketika kamu membantu seorang teman yang berasal dari luar negeri dan kebetulan sedang berbisnis di Indonesia. Ketika seorang asing atau perusahaan dari luar negeri berniat mendaftarkan mereknya juga di Indonesia, maka pengajuannya harus melalui Konsultan KI. 

Dengan begitu, formulir yang kamu dapatkan nantinya akan tertera juga nama konsultan pilihanmu. Hal ini karena konsultan bertindak sebagai sebuah kuasa atau perantara dari seorang pebisnis. 

Tentunya kamu tidak perlu khawatir lagi apabila memilih alternatif kedua ini karena selain mendapatkan bantuan dari seorang ahli, proses pengajuanmu juga tetap masuk ke dalam sistem DJKI. 

3. Biro Jasa

Pilihan tempat pendaftaran merek dagang terakhir adalah melalui sebuah biro jasa. Saat ini sudah banyak pilihan poin ketiga ini. Bahkan saat ini kamu sudah bisa menemukan beberapa pilihan biro yang bisa membantu perlindungan merek. 

Mulai dari biro yang juga menyediakan seorang konsultan terdaftar atau hanya seorang ahli merek yang belum mendapatkan sertifikasi dari DJKI. Pada dasarnya, kamu bisa menggunakan jasa dari ahli merek tersebut. 

Apalagi kalau keahliannya sudah terbukti selama bertahun-tahun dan sudah berhasil membantu berbagai permasalahan pelanggan mengenai merek. Sepanjang identitasmu masih seorang warga negara Indonesia yang menjalankan bisnis di tanah air, maka pilihan ini bisa sangat membantu. 

Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai keaslian dan ketepatan prosesnya, karena kamu selalu bisa menanyakannya secara langsung. Pastikan biro jasa pilihanmu dengan senang hati menjawab seluruh pertanyaan, sekaligus menjamin bukti permohonan yang terbit adalah dari DJKI. 

Ketentuan Memilih Tempat Pendaftaran Merek Dagang

Beberapa pilihan di atas, mungkin akan membingungkan. Berikut ini merupakan cara yang bisa memudahkanmu menentukan pilihan. 

1. Sesuaikan Kebutuhan 

Cara paling ampuh adalah dengan menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan. Kalau saat ini yang kamu butuhkan adalah melindungi merek secara cepat dan sudah memahami secara mumpuni ketentuan tentang merek, maka kamu bisa memprosesnya secara mandiri. 

Tapi, kalau kamu lebih fokus pada bisnis dan tidak punya waktu lebih untuk proses merek, maka menggunakan bantuan akan menjadi solusi yang tepat.

2. Sesuaikan Anggaran

Untuk mendapatkan tempat pendaftaran merek dagang yang pas juga perlu sesuai dengan anggaranmu. Jangan terlalu memaksakan menggunakan jasa profesional dengan biaya tinggi apabila kamu masih belum menyiapkan anggarannya. 

Tapi kamu juga perlu memprediksi berapa jumlah pengeluaran untuk sekali proses perlindungan merek bisnis. Ingat, proses perlindungan ini merupakan sebuah investasi jangka panjang agar bisnis selamat. 

3. Sesuaikan Waktu

Pertimbangan yang terakhir adalah dengan waktu yang kamu miliki. Terkadang beberapa kebutuhan merek itu bukan hanya untuk sekedar melindungi bisnis saja. Bisa juga karena menjadi persyaratan untuk kelengkapan urusan tertentu. 

Ketika kamu hanya memiliki waktu yang terbatas, jangan ragu untuk segera menghubungi ahli merek terdekat!

Bantuan Ahli Perlindungan Merek

Dari seluruh pilihan tempat pendaftaran merek dagang di atas, kira-kira mana yang paling sesuai untukmu saat ini? Karena kamu masih bisa mendapatkan Jasa Merek yang berpengalaman untuk menjawab seluruh keresahanmu!