Cara Daftar Merek Sendiri Sampai Tuntas Untuk Pengusaha!

Cara Daftar Merek Sendiri Sampai Tuntas Untuk Pengusaha!

JASAMEREK.COM – Pengusaha wajib paham! Cara daftar merek sendiri supaya perlindungan bisnis semakin maksimal. Mau tahu bagaimana tahapannya? Artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai kebutuhanmu satu itu berikut opsi bantuan yang bisa kamu dapatkan. 

Cara Daftar Merek Dagang

Mendapatkan sebuah bukti perlindungan merek itu wajib bagi seluruh pengusaha yang mau bisnisnya sukses! Berikut ini adalah tahapan yang harus kamu lalui agar bisa mendapatkan bukti tersebut. 

1. Persiapan Dokumen 

Pertama kali adalah tahap persiapan. Artinya, kamu perlu mengumpulkan dokumen dan juga peralatan yang akan kamu butuhkan nantinya. Untuk dokumen kamu tidak perlu khawatir, karena nantinya sistem hanya akan meminta dokumen identitas pada tahap pertama. 

Selain dokumen siapkan juga peralatan seperti laptop atau media lainnya untuk mengakses dan juga mengirimkan permohonan. 

jasa merek

2. Sistem Merek

Berikutnya adalah dengan menuju ke sistem merek. Untuk mengaksesnya, kamu perlu mendapatkan akun lebih dulu. Cara mendapatkan akun adalah dengan memasukkan data-data informasi diri lalu mengirimkan permohonan ke DJKI. 

Setelahnya kamu bisa membuat sebuah permohonan melalui sistem merek tersebut dengan memasukkan kembali data-data informasi diri calon pemilik merek. 

3. Data Diri

Pada halaman pertama sebagai langkah awal dari cara daftar merek sendiri sistem akan memintamu memasukkan beberapa informasi pribadi. Hanya informasi pribadi dari pemohon saja yang akan kamu masukkan disini. 

4. Data Merek

Setelah data diri, masukkan juga informasi mengenai merek. Data merek akan menjadi langkah kedua pada proses daftar merek online. Setelah informasi umum tentang merek, kamu pun perlu memasukkan informasi mengenai produk. 

Usahakan untuk menyampaikan secara spesifik produk dan pilih beberapa jenis yang serupa. 

5. Upload Berkas

Akan ada proses ketika kamu perlu mengirimkan berkas seperti foto tanda tangan atau surat kuasa. Tahap ini bisa menyesuaikan dengan jenis permohonan yang kamu kirimkan. Seperti permohonan jenis UMKM yang harus melampirkan surat keterangan UMKM. 

6. Dapatkan Bukti Permohonan

Setelahnya barulah kamu bisa mendapatkan dokumen bukti permohonan yang juga terbit dari sistem yang sama. Data-data ini sesuai dengan isian yang kamu masukkan, jadi apabila ada kesalahan kamu harus mengulang permohonannya dari awal. 

Kelebihan Daftar Merek Sendiri

Kalau sudah berhasil menguasai cara daftar merek sendiri, mungkin kamu akan segera mempraktikkannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan mengajukan perlindungan merek secara mandiri. 

1. Murah 

Pada dasarnya, daftar HKI online bertujuan untuk menekan biaya semaksimal mungkin karena kamu bisa memprosesnya sendiri. Alhasil kamu hanya perlu menyiapkan biaya untuk pembayaran kepada negara saja. 

2. Mudah Menyesuaikan Produk

Selain murah, dengan menguasai cara daftar merek sendiri kamu selalu bisa menyesuaikan dengan produkmu sendiri. Apalagi karena kamu yang paling tahu tentang bisnismu. 

Kamu akan dengan mudah memasukkan jenis produk bahkan sampai produk yang masih akan kamu produksi di kemudian hari. 

3. Mudah Memantau Perkembangan Merek 

Dengan mendaftarkan merek sendiri, kamu pun akan lebih mudah memantau perkembangan merek. Apalagi setelah mengirimkan permohonan, tahapannya masih sangat panjang. Jadi, kamu harus terus melihat perkembangannya dari waktu ke waktu. 

Kekurangan Daftar Merek Sendiri

Meskipun kamu menguasai langkah-langkah pendaftaran merek, ada kalanya kamu akan memerlukan bantuan ahli sehingga proses perlindungan merek akan melalui bantuan orang lain. 

Ini dia beberapa kekurangan dari mendaftarkan merek secara mandiri. 

1. Tidak Mendapatkan Pertimbangan Ahli

Semua orang memang bisa mengajukan permohonan untuk perlindungannya. Bahkan satu orang bisa mengajukan beberapa merek. Tapi faktanya, tidak semua merek bisa lolos pemeriksaan. 

Untuk itu, kamu masih perlu pertimbangan dari ahli meskipun kamu sudah menguasai cara daftar merek sendiri. Sayangnya, hal ini tidak bisa kamu dapatkan ketika memproses perlindungan merek sendiri. 

2. Perlu Waktu Menyiapkan Dokumen

Terkadang yang menjadi penghambat pengusaha dalam melindungi mereknya adalah karena keterbatasan waktu dalam menyiapkan dokumen. Belum lagi kalau kamu tidak tahu dokumen apa saja yang harus kamu siapkan. 

Tentu hal ini akan sangat menghambat perlindungan merek dan bisa membuat merekmu terancam direbut kompetitor. 

3. Berpotensi Mengeluarkan Biaya Lebih Banyak

Daftar merek sendiri memang lebih hemat karena kamu hanya perlu membayar biaya PNBP saja. Tapi ingat, kesalahan sedikit saja akan memaksamu untuk mengulang prosesnya dari awal termasuk melakukan pembayaran ulang.

Kesalahan-kesalahan ini bisa terjadi ketika kamu tidak benar-benar memahami sistem pemeriksaan dari merek. Jadi, menguasai cara pendaftarannya masih belum cukup. 

Keuntungan Memanfaatkan Bantuan Ahli

Pada dasarnya, mempercayakan perlindungan merek kepada seseorang yang berkompeten justru bisa menjadi sebuah investasi pada bisnis. Bisa saja kamu akan mengeluarkan lebih banyak biaya di awal, tapi kamu juga akan mendapatkan jaminan kalau permohonanmu akan diproses secara tepat. 

Alhasil, kamu tidak perlu khawatir mengulang pengajuannya karena terdapat kesalahan pada prosesnya. Selain itu, kamu kamu justru bisa menghemat banyak waktu dan fokus untuk menjalankan bisnis saja. Jadi, akan sangat menguntungkan ketika bisnis dan juga perlindungan bisa berjalan bersamaan. Pemilihan opsi bantuan ini juga harus tepat sasaran. Selain mendapatkan bantuan cara daftar merek sendiri, kamu bisa mendapatkan pertimbangan terbaik untuk keberhasilan merek melalui ahlinya dari Jasa Merek!